Smartphone

Redmi 7A vs Redmi 6A – Apa Saja Peningkatannya?

Redmi 7A vs Redmi 6A Header

Gadgetren – Redmi merupakan salah satu seri dari smartphone buatan Xiaomi yang laris di Indonesia karena memiliki harga yang murah, namun dengan spesifikasi menarik.

Pada tahun 2018 silam, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 6A di Indonesia dengan harga Rp 1 jutaan untuk menarik minat banyak orang seperti pendahulunya.

Berbekal chipset MediaTek, Xiaomi menjanjikan performa yang cukup baik pada smartphone Redmi 6A ini untuk digunakan dalam keseharian.

Sementara itu, pada tahun 2019 ini Xiaomi melalui sub-brand Redmi telah meluncurkan Redmi 7A di Tiongkok dengan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon yang lebih bertenaga.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Redmi 7A vs Redmi 6A

1. Performa

Redmi 7A ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439 Octa-Core yang lebih bertenaga dibandingkan Redmi 6A dengan chipset MediaTek Helio A22 Octa-Core. Redmi 6A hadir di Indonesia menggunakan RAM 2 GB dan penympanan internal 16 GB.

Sedangkan Redmi 7A yang sudah diluncurkan di India hadir dengan 3 varian yang terdiri dari RAM 2 GB dan storage internal 16 GB, RAM 3 GB dan storage internal 32 GB, serta RAM 4 GB dan storage internal 64 GB.

2. Layar

Baik Redmi 6A dan Redmi 7A mempunyai layar sentuh IPS 5,45 inci dengan resolusi HD+ (1440 x 720 piksel) yang memenuhi bagian depan. Aspek rasio 18:9 membuat layar penuhnya tidak memiliki poni sama sekali.

3. Baterai

Redmi 7A mempunyai daya baterai 4.000 mAh yang lebih besar dibandingkan dengan Redmi 6A yang hanya mencapai 3.000 mAh. Berkat efisiensi chipset Snapdragon, Redmi 7A seharusnya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

4. Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama hadir dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Namun kamera dari Redmi 7A ini memiliki dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang lebih baik dibandingkan Redmi 6A.

5. Fitur Lainnya

Kedunya telah dibekali dengan port microUSB, FM Radio, dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, dan Bluetooth. Apabila Redmi 6A masih memakai MIUI 9 berbasis Android Oreo, berbeda dengan Redmi 7A yang telah menggunakan MIUI 10 berbasis Android Pie.

6. Harga

Redmi 6A dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 1,3 juta. Sementara Redmi 7A dijual di Tiongkok dengan harga yang mencapai Rp 1,4 juta untuk RAM 2 GB, Rp 1,6 juta untuk RAM 3 GB, dan Rp 1,8 juta untuk RAM 4 GB.

Namun Redmi 7A sendiri belum hadir resmi di Indonesia karena baru diluncurkan di Tiongkok pada bulan Mei 2019 silam sehingga harus menunggu beberapa bulan untuk peluncurannya di tanah air.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, spesifikasi hardware, daya tahan baterai, dan sistem operasi maka Redmi 7A yang menjadi unggulan. Meskipun harga yang ditawarkan Redmi 6A terlihat lebih murah, namun Redmi 7A memiliki harga yang sedikit berbeda sehingga lebih menarik untuk dipinang.

Tinggalkan Komentar