ASUS TUF Gaming F15
Berita

OPPO R15 Jadi Smartphone dengan Market Share Tertinggi di Tiongkok Tahun 2018

OPPO R15 Featurez 1280

Gadgetren – Counterpoint merupakan salah satu perusahaan analisis di dunia yang terkenal selalu meluncurkan laporan mengenai perkembangan smartphone setiap periodenya, baik per kuartal maupun per tahun.

Baru-baru ini, Counterpoint baru saja merilis laporan Counterpoint Market Pulse yang berisikan mengenai daftar 10 smartphone dengan market share tertinggi di Tiongkok pada tahun 2018 silam.

Sekilas, Tiongkok sendiri menjadi pasar smartphone terbesar di dunia pada tahun 2018 berkat penduduknya yang melebihi 1 miliar. Hal ini membuat Tiongkok menjadi incaran beragam vendor dari luar maupun dalam negeri.

Dalam laporan Counterpoint ini, terlihat OPPO R15 berhasil menjadi smartphone dengan market share paling tinggi di Tiongkok pada tahun 2018 berkat desain menarik dan spesifikasi hardware yang memikat.

Counterpoint tiongkok 2018

OPPO R15 sendiri dibekali dengan chipset MediaTek Helio P60 Octa-core, RAM 6 GB, dan storage internal 128 GB. Dengan spesifikasi hardware yang cukup tinggi, perangkat ini dibanderol dengan harga 2.999 Yuan atau sekitar Rp 6,3 juta ketika diluncurkan pertama kali pada bulan Maret 2018.

Bahkan smartphone ini masih terjual dengan baik hingga akhir tahun 2018. Selanjutnya, Apple iPhone X mengekor di posisi kedua. Meskipun banyak kritikan terhadap kemampuan Face Unlock dari smartphone ini yang tidak bisa membedakan penggunanya di Tiongkok, namun performa, kamera, dan nama besar Apple membuatnya masih laris di negeri Tirai Bambu.

Sementara pada posisi ketiga dan keempat diisi oleh smartphone buatan OPPO lagi dengan harga yang lebih terjangkau, yakni OPPO A5 dan OPPO A83. OPPO A5 yang baru memulai debutnya pada pertengahan kedua tahun 2018 mampu memasuki 3 besar dengan penjualan bulanan rata-rata hampir 2 juta unit.

Pada posisi kelima ditempati oleh Vivo X21 yang menjadi salah satu smartphone dengan performa tinggi, berteknologi kecerdasan buatan, dan kamera menarik pada tahun 2018. Vivo sendiri menggunakan budget marketing yang besar agar Vivo X21 menjadi smartphone official dari ajang Piala Dunia 2018.

Tak hanya iPhone X, ternyata iPhone 8 Plus juga cukup diminati di Tiongkok dengan menduduki posisi keenam. Selain nama besar Apple, smartphone yang satu ini mempunyai performa dan kemampuan kamera yang canggih.

Bersaing di segmen yang sama dengan OPPO A5, Vivo Y83 menduduki posisi ketujuh dalam pertarung di pasar smartphone Tiongkok tahun 2018. Kemudian, terdapat 2 smartphone OPPO lainnya yang terdiri dari OPPO A73 di posisi kedelapan dan OPPO R11s di posisi kesepuluh.

Selain itu, Xiaomi masih bisa mendapatkan posisi kesembilan dengan kehadiran Xiaomi Redmi 5 Plus yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625, layar penuh, dan baterai 4.000 mAh yang dapat bertahan lama.

Terlihat OPPO mampu menguasai pasar negeri Tirai Bambu pada tahun lalu dengan berhasil membuat 5 produknya masuk ke dalam 10 smartphone dengan market share tertinggi di Tiongkok pada tahun 2018.

Sementara Apple dan Vivo sama-sama menyumbangkan 2 produknya dalam daftar ini. Terakhir, Xiaomi hanya mampu menempatkan 1 smartphone saja pada daftar ini dan itu pun berada di posisi kesembilan.

Menurut Gadgeter, faktor apa saja sih yang mempengaruhi masyarakat Tiongkok dalam membeli sebuah smartphone? Sementara itu, Counterpoint sendiri belum merilis laporannya untuk negara Indonesia sehingga Gadgeter harus menunggunya hingga diluncurkan nanti.

[Sumber : Counterpoint]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar