ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

8 Kelebihan dan 2 Kekurangan Nokia 4.2 yang Wajib Kamu Tahu

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 4.2 Header

Gadgetren – Beberapa hari lalu, HMD Global secara resmi telah meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya yang bernama Nokia 4.2 di Jakarta, Indonesia.

HMD Global pun membanderol Nokia 4.2 dengan spesifikasi hardware menarik dan harga yang terjangkau di Indonesia. Apalagi smartphone yang satu ini telah dibekali dengan sensor NFC di dalamnya.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari Nokia 4.2 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Kelebihan Nokia 4.2

1. Layar

Dengan aspek rasio 19:9, Nokia 4.2 mempunyai layar yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni atau notch berdesain waterdrop di bagian atasnya. Sementara itu, layarnya memiliki lebar 5,71 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel).

2. Performa

Smartphone ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439 Octa-core yang bertenaga berkat teknologi proses 12nm. Sementara RAM 3 GB dan storage internal 32 GB yang hadir di dalamnya mampu mengimbangi kecepatan chipset tersebut.

3. Kamera

Produk ini dibekali dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi 13 MP dan 2 MP yang dapat menghasilkan foto bokeh dengan instan. Sementara kamera depan 8 MP dapat mengakomodasi video call maupun foto selfie.

4. Baterai

Baterai berkapasitas 3.000 mAh yang hadir di dalam Nokia 4.2 diklaim oleh pihak HMD Global mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Kali ini baterainya menggunakan teknologi Lithium Ion.

5. Tombol khusus

HMD Global menyematkan tombol khusus pada bagian kirinya yang dapat memanggil Google Assistant ketika ditekan. Dengan munculnya Google Assistant, penggunanya dapat melakukan perintah suara pada smartphone.

6. Fingerprint dan Face Unlock

Sensor fingerprint telah disematkan pada bagian belakang untuk memudahkan penggunanya dalam membuka kunci layar menggunakan sidik jari. Selain itu, Nokia 4.2 juga mengizinkan penggunanya membuka kunci dengan menggunakan wajah berkat hadirnya fitur Face Unlock.

7. NFC

Nokia 4.2 ini telah dilengkapi dengan sensor NFC yang dapat digunakan untuk transfer data, pengecekan saldo e-money, pembayaran digital, pengisian saldo e-money, dan masih banyak lagi.

8. Android One

HMD Global mengikutsertakan Nokia 4.2 dalam program Android One dari Google. Dengan mengikuti program ini, Google menjanjikan bahwa Nokia 4.2 akan mendapatkan update Android terdepan dan tercepat hingga 2 tahun ke depan.

Kekurangan Nokia 4.2

1. Tidak ada Fast Charging

Dengan baterai mencapai 3.000 mAh, Nokia 4.2 tidak dibekali dengan fitur pengisian Fast Charging sehingga pengisian daya baterainya terbilang standar dan akan memakan waktu lebih dari 2 jam.

2. Debu dan noda sidik jari mudah membekas

Pada saat saya menggenggam Nokia 4.2, ternyata debu dan noda sidik jari mudah membekas pada bodi belakang sehingga sebaiknya pengguna smartphone ini menyematkan casing tambahan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar