ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Nokia 4.2 Resmi Meluncur di Indonesia, Andalkan RAM 3GB dan NFC dengan Harga Terjangkau

Nokia 42 Feature

Gadgetren – HMD Global baru saja meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya di Indonesia yang bernama Nokia 4.2

Uniknya, smartphone yang satu ini mempunyai tombol khusus di sisi kirinya untuk mengaktifkan Google Assistant. Hal ini memudahkan penggunanya dapat mengakses aplikasi dan beragam fitur smartphone menggunakan perintah suara menggunakan Google Assistant.

Mengikuti tren yang sedang populer, Nokia 4.2 memiliki layar sentuh 5,7 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel), kaca lengkung 2.5D, berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk waterdrop.

Nokia 42 Back

Dapur pacu dari Nokia 4.2 dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 439 Octa-core yang memiliki kecepatan tinggi dengan konsumsi daya baterai yang hemat berkat teknologi proses 12nm.

Bahkan dari segi performa, Snapdragon 439 mampu sedikit mengungguli Snapdragon 450 yang populer di tahun 2018 silam. Untuk mengimbangi kemampuan dari chipset Qualcomm tersebut, HMD Global menyematkan juga RAM 3 GB dan storage internal 32 GB pada smartphone ini.

Apabila kapasitas internal dari Nokia 4.2 dirasa kurang lega maka penggunanya dapat menambahkan microSD hingga 400 GB. Dengan dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), pihak HMD Global mengklaim bahwa baterai 3.000 mAh yang hadir di dalam smartphone ini mampu bertahan lama.

Dari sisi fotografi, produk ini telah dibekali dengan dua kamera belakang 13 MP dan 2 MP yang dapat menghasilkan foto bokeh dengan instan. Sementara LED Flash yang hadir di bagian belakangnya dapat sedikit membantu sebagai tambahan cahaya ketika penggunanya memotret pada kondisi minim cahaya.

Sedangkan kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP yang dapat mengakomodasi kebutuhan video call maupun foto selfie. Untuk memudahkan dalam membuka kunci smartphone, HMD Global pun telah menyematkan fitur Face Unlock.

Selain itu, Nokia 4.2 juga telah dibekali dengan sensor fingerprint pada bagian belakangnya. Menariknya, smartphone ini sudah disematkan sensor NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan penggunanya dapat mentransfer data, melakukan pembayaran digital, mengecek atau mengisi saldo e-money, dan masih banyak lagi.

Seperti biasanya, HMD Global mengikutsertakan Nokia 4.2 dalam program Android One dari Google. Dengan kata lain, Google menjanjikan bahwa smartphone ini akan selalu mendapatkan update Android yang tercepat dan terdepan.

Smartphone ini dilengkapi dengan sistem operasi Android 9.0 Pie murni yang minim bloatware dan memiliki tampilan antarmuka yang bersih. Nantinya Nokia 4.2 akan mendapatkan update Android 10 Q dan Android 11 R yang terdepan berkat program Android One.

Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, port microUSB, dan port jack audio 3,5mm telah hadir di dalamnya. Nokia 4.2 ini dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 2.499.000.

Pre-order Nokia 4.2 akan dimulai dari tanggal 9 Mei sampai 19 Mei 2019 melalui Blibli.com, Shopee, Erafone, dan Sentra Ponsel. Bagi 5.000 pembeli pertama yang melakukan pre-order akan mendapatkan cashback hingga Rp 300.000 dan gratis paket data XL Axiata 60 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar