ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro – Ini Sih Harus Upgrade!

Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro Header

Gadgetren – Melanjutkan kiprah Realme 2 Pro, Realme 3 Pro yang kini sudah membuka sesi pre-order di Indonesia, dilengkapi dengan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pendahulunya tersebut.

Selain fitur dan dukungan sistem yang lebih baik, Realme 3 Pro juga dilengkapi dengan spesifikasi perangkat keras yang lebih bertenaga dan lebih bisa diandalkan untuk mengakomodasi semua kebutuhan penggunanya.

Supaya tidak membuat penasaran, berikut ini kami coba untuk mengulas perbedaan secara teknis dari Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro, termasuk juga peningkatan-peningkatan yang ada di dalamnya.

Tabel Perbandingan Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro

AspekRealme 3 ProRealme 2 Pro
LayarIPS 6,3 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel)IPS 6,3 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel)
Pelindung LayarGorilla Glass 5Gorilla Glass 3
ChipsetQualcomm Snapdragon 710Qualcomm Snapdragon 660
GPUAdreno 616Adreno 512
RAM4 GB/6 GB4 GB/6 GB/8 GB
Memori Internal64 GB/128 GB64 GB/128 GB
Kamera Utama16 MP (f/1,7) + 5 MP (f/2,4)16 MP (f/1,7) + 2 MP (f/2,4)
Kamera Depan25 MP (f/2,0)16 MP (f/2,0)
FiturDual Nano-SIM, Micro-USB, Fingerprint, Accelerometer, Light Sensor, Proximity, E-Compass, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, VOOC Flash Charge 3.0Dual Nano-SIM, Micro-USB, Fingerprint, Accelerometer, Light Sensor, Proximity, E-Compass, Bluetooth 5.0, Wi-Fi
Sistem OperasiColorOS 6 (Android Pie)ColorOS 5.2 (Android Oreo)
Baterai4.045 mAh3.500 mAh

Perbedaan Utama Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro

1. Desain dan Layar

Jika diperhatikan secara sekilas, terutama bagi saya pribadi, Realme 3 Pro memiliki desain yang lebih cantik dan balutan warna yang lebih menarik dibandingkan pendahulunya, Realme 2 Pro.

Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro Desain

Smartphone baru ini mengimplementasikan desain yang terinspirasi dari kompetisi balap Le Mans, yang disimbolkan dengan corak garis-garis yang membentuk huruf S di bagian cover belakangnya.

Kecantikan ini dipadukan dengan spesifikasi layar cukup mirip dengan Realme 2 Pro, namun dilengkapi dengan perlindungan yang lebih kuat dari Gorilla Glass 5 sehinnga lebih tahan saat dijatuhkan dari ketinggian.

2. Kinerja

Tidak hanya tampilan luarnya yang cantik, Realme 3 Pro menawarkan kemampuan yang lebih baik. Chipset Snapdragon 710 memiliki kinerja yang lebih bertenaga dari pada Snapdragon 660 di Realme 2 Pro, baik dari CPU, GPU, hingga mesin AI-nya.

Bahkan Realme sendiri mengklaim, chipset ini memiliki CPU 20 persen lebih cepat, GPU 25 persen lebih kuat, dan kemampuan mengolah AI 200 persen lebih bagus dibanding pendahulunya tersebut.

Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro Kinerja

Dalam hal ini, Gizmochina bahkan mengungkapkan secara lebih rinci bahwa Snapdragon 710 bisa bekerja 25 persen lebih cepat saat digunakan untuk menjelajahi halaman web, serta 15 persen lebih gegas saat meluncurkan aplikasi.

Sementara itu, Realme 3 Pro dan Realme 2 Pro sama-sama dilengkapi dengan kapasitas RAM dan memori internal yang sama-sama besar. Namun, Realme 2 Pro punya pilihan RAM hingga 8 GB sementara Realme 3 Pro hanya 6 GB.

3. Kamera

Realme 3 Pro juga memiliki dukungan kamera yang lebih baik dibandingkan Realme 2 Pro. Meskipun memiliki lensa utama beresolusi sama, sensor yang digunakan cukup berbeda.

Sony IMX519 di Realme 3 Pro 100 persen lebih baik dalam frame rate sampling, serta memiliki kemampuan fotografi yang lebih cepat dan akurat, dibandingkan IMX398 yang ada di Realme 2.

Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro Kamera

Di lensa sekundernya, yakni lensa yang berfungsi sebagai lensa kedalaman, Realme 3 Pro memiliki resolusi yang lebih besar yang artinya dapat digunakan lebih presisi untuk menentukan kedalamannya.

Selain itu, kamera depan dari Realme 3 Pro juga lebih tinggi resolusinya dibandingkan dengan yang digunakan Realme 2 Pro. Atau secara sederhana, Realme 3 Pro bakal lebih baik dalam mengambil foto selfie maupun wefie.

4. Sistem Operasi

Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro OS

Secara mendasar, sistem operasi yang digunakan oleh Realme 2 Pro adalah sistem operasi yang lebih lawas ketimbang yang digunakan oleh Realme 3 Pro. Tentu saja, dengan hal ini, Realme 3 Pro membawa fitur-fitur yang ditawarkan oleh sistem lebih baru tersebut.

5. Baterai

Di atas kertas, Realme 3 Pro menawarkan daya tahan baterai yang lebih lama ketimbang Realme 2 Pro. Selain karena memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, Realme 3 Pro dilengkapi chipset yang lebih hemat daya.

Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro Baterasi

Dalam catatan Realme, Snapdragon 710 yang dibangun berdasarkan manufaktur 11 nm bisa menjadi 14 persen lebih hemat daripada Snapdragon 660 yang dibangun berdasarkan teknologi 14 nm.

Selain itu, untuk mendukung kemampuan dari baterai ini, Realme 3 Pro telah dilengkapi dengan pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 yang bisa melakukan pengisian 5V/4A sementara Realme 2 Pro hanya mampu melakukan pengisian 5V/2A.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar