ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Ini Cara Kunci Jaringan HP OPPO Jadi 4G Only

Cara Kunci Jaringan HP OPPO Jadi 4G Only Header

Gadgetren – Jaringan 5G belum merata di Indonesia sehingga beragam pengguna ponsel masih banyak yang menggunakan jaringan 4G.

Ketika sinyal kurang baik, jaringan yang diterima oleh ponsel pun bisa berubah-ubah dari 4G ke yang lain yang mana tentunya akan membuat konsumsi daya menjadi lebih besar.

Oleh karena itu penguncian jaringan 4G-LTE bisa menjadi solusi alternatif. Namun sayangnya sistem operasi ColorOS pada ponsel OPPO masa kini sudah tidak menyediakan fitur untuk mengunci jaringan jadi 4G Only di ponsel OPPO sehingga kamu perlu bantuan pihak ketiga.

Cara Kunci Jaringan 4G di HP OPPO

  1. Download aplikasi 4G Only Newtork Mode dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi setelah terpasang.
  3. Pada halaman utama, tekan tombol Open Advanced Hidden Settings for LTE Only Mode.
  4. Kemudian pada halaman Phone info, pilih LTE only pada bagian Set Preferred Network Type.

Selanjutnya kamu hanya tinggal keluar dari aplikasi karena kini ponsel OPPO sudah diatur untuk hanya menggunakan jaringan 4G-LTE saja. Perlu dicatat bahwa mengunci jaringan jadi hanya di 4G-LTE akan membuat ponsel hanya mengandalkan koneksi dari internet.

Dengan begitu, kamu tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui Telepon atau SMS yang menggunakan jaringan 2G. Alternatifnya kamu dapat mengandalkan aplikasi chat maupun media sosial yang menggunakan koneksi internet.

Selain itu kamu juga dapat menelepon menggunakan jaringan 4G-LTE lewat fitur VoLTE selama kamu dan penerima sama-sama sudah menggunakan kartu SIM dan ponsel yang mendukungnya

Dengan begitu, sebaiknya kamu mempertimbangkan terlebih dulu ketika ingin mengunci ke 4G Only karena akan ada keterbatasan yang akan terjadi.

Tentunya akan merepotkan ketika di kawasan kamu belum memiliki jaringan 4G yang merata sehingga proses berkomunikasi menjadi sulit karena ponsel malah tidak mendapatkan koneksi sama sekali.

Apalagi kini jaringan 3G sudah tidak tersedia lagi sehingga 4G dan 2G menjadi pilihan jaringan yang bisa digunakan. Sementara untuk jaringan 5G kini biasanya baru tersedia pada kota-kota besar saja.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.