Tips dan Trik

Ada Masalah? Berikut Cara Mendownload dan Memasang Ulang Google Play Store di HP Samsung

Cara Mendownload Play Store di HP Samsung Header

Gadgetren – Meskipun jarang terjadi, tapi dalam beberapa kondisi, kita bisa saja harus memasang ulang aplikasi Google Play Store di ponsel milik kita, termasuk juga pada ponsel-ponsel buatan Samsung.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab hal tersebut. Bisa saja kita harus melakukannya karena aplikasi buatan Google tersebut mengalami kerusakan atau error. Bisa juga, hal tersebut terjadi karena tanpa sengaja kita menghapus aplikasi tersebut.

Terlepas dari alasan apa yang menyebabkan kita melakukannya, memasang ulang Google Play Store sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun meski demikian, tak jarang juga sebagian dari kita masih tetap merasa kebingungan.

Di perangkat Samsung sendiri, sebenarnya perusahaan asal Korea tersebut biasanya menyertakan layanan toko aplikasi buatannya sendiri. Toko aplikasi yang terpasang secara mendasar pada perangkat Samsung ini pun telah menyediakan berbagai macam aplikasi, dari mulai peralatan hingga game sekalipun.

Nahasnya, aplikasi yang sekarang telah dirombak oleh Samsung karena sejalan dengan pengembangan sistem barunya ini, tidak menyediakan opsi untuk mengunduh Google Play Store di dalamnya. Untuk itu, bagaimana solusinya?

Cara Men-download Google Play Store di HP Buatan Samsung

Sebagai solusi agar bisa mengunduh Google Play Store dan memasangnya di perangkat Samsung, kita bisa mengunjungi halaman situs pihak ketiga, yang menyediakan berkas APK (Application Package) dari aplikasi tersebut.

Ada banyak halaman situs yang menyediakan file unduhan APK Google Play Store di dunia maya. Namun ada baiknya, kita memilih halaman yang aman dan terpercaya, seperti halaman APKMirror berikut ini.

Cara Mendownload Play Store di HP Samsung - Download

Dari halaman tersebut, kita bisa memilih versi Google Play Store dari mulai versi lama hingga terbaru yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengunduhnya, tekan ikon anak panah ke bawah dari versi yang diinginkan.

Selanjutnya, pada bagian Download, tekan varian yang bisa diunduh. Dari halaman selanjutnya, kemudian scroll ke bawah, lalu cari dan tekan tombol DOWNLOAD APK. Jangan lupa memilih lokasi penyimpanan yang mudah ditemukan.

Cara Memasang Aplikasi Google Play Store di HP Buatan Samsung

Jika sudah berhasil mengunduh file APK Google Play Store tersebut, kita perlu memastikan terlebih dahulu, apakah perangkat Samsung yang digunakan mengizinkan kita untuk memasang aplikasi dari sumber yang tidak diketahui.

Cara Mendownload Play Store di HP Samsung - Settings

Pada beberapa perangkat Samsung, kita bisa melakukannya dengan mengunjungi halaman Settings, kemudian mengetikan “Install” di kolom pencarian. Kemudian jika muncul beberapa pilihan, cari dan pilih opsi Install unknown apps.

Dari halaman tersebut, kemudian cari pengaturan untuk aplikasi My Files, lalu pilih opsi pengaturan tersebut. Pastikan opsi Allow from this source di halaman tersebut dalam posisi hidup atau on.

Apabila opsi tersebut sudah hidup, kemudian buka aplikasi My Files dan cari file APK Google Play Store yang sebelumnya telah berhasil diunduh. Ketuk pada file tersebut, lalu ikuti langkah pemasangan aplikasi yang ditampilkan.

Sebagai catatan, langkah untuk menghidupkan opsi pemasangan dari sumber yang tidak diketahui, bisa saja berbeda dari beberapa tipe HP Samsung, karena hal ini bergantung pada versi sistem operasi yang digunakan.

Tinggalkan Komentar