ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7 – Yakin Gak Mau Ganti?

Redmi 6 vs Redmi 7 Header

Gadgetren – Meskipun sudah berdiri di kakinya sendiri, Redmi masih rajin melanjutkan seri yang sebelumnya di bawah naungan Xiaomi. Salah satunya, mereka telah meluncurkan Redmi 7 di pasar Indonesia.

Redmi 7 merupakan generasi penerus dari seri Xiaomi Redmi 6 yang diluncurkan tahun lalu. Smartphone yang ditujukan untuk kelas entri ini membawa beberapa perubahan yang cukup signifikan dibandingkan pendahulunya tersebut.

Secara garis besar, peningkatan yang dilakukan oleh Redmi pada perangkat tersebut dilakukan pada beberapa aspek, dari mulai desain tampilan hingga kinerjanya. Lebih lengkapnya, berikut ini perbandingannya.

Tabel Perbandingan Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7

AspekXiaomi Redmi 6Redmi 7
Layar5,45 inci6,26 inci
Resolusi LayarHD+ (1440 x 720 piksel)HD+ (1520 x 720 piksel)
Pelindungn/aCorning Gorilla Glass 5
ChipsetMediaTek Helio P70Qualcomm Snapdragon 632
GPUPowerVR GE8320Adreno 506
RAM3 GB/4 GB2 GB/3 GB
Memori Internal32 GB/64 GB16 GB/32 GB
Memori Eksternalhingga 256 GBhingga 512 GB
Kamera Utama12 MP (f/2,2) + 5 MP12 MP (f/2,2) + 2 MP
Kamera Depan5 MP (f/2,2)8 MP (f/2,0)
Baterai3.000 mAh4.000 mAh
FiturDual Nano-SIM, Micro USB, Fingerprint, E-Compass, Accelerometer, GPS, AGPS, GLONASS, Beidou, Wi-Fi, Bluetooth 4.2Dual Nano-SIM, Micro USB, Fingerprint, E-Compass, Accelerometer, GPS, AGPS, GLONASS, QZSS, Wi-Fi, Bluetooth 4.2, IR Blaster
Sistem OperasiMIUI 9 (Android Oreo)MIUI 10 (Android Pie)

Perbedaan Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 7

1. Desain dan Layar

Redmi 6 vs Redmi 7 Desain

Redmi 7 hadir dengan lebih kekinian seperti Redmi Note 7 yang diluncurkan lebih dulu. Selain membawa gradasi warna yang menarik, perangkat baru ini sudah membawa layar penuh dengan notch kecil di bagian atas.

Jika dibandingkan dengan Redmi 6, Redmi 7 sendiri lebih baik. Perangkat ini sudah membawa layar yang lebih besar dengan resolusi yang sedikit lebih tinggi. Perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan pelindung layar Gorilla Glass 5.

2. Performa

Redmi 6 vs Redmi 7 Kinerja

Redmi juga memberikan peningkatan di sisi kinerjanya. Dengan menggunakan Snapdragon 632, Redmi memberikan kinerja yang lebih handal pada Redmi 7, dibandingkan Redmi 6 yang masih mengandalkan  Helio P22.

Secara teknis, Snapdragon 632 memang hanya bisa dipacu hingga 1,8 GHz, yang artinya lebih lambat dibandingkan Helio P22 yang bisa dipacu hingga 2,0 GHz.

Namun, berkat perbedaan intinya, Snapdragon 632 bisa bekerja lebih tangguh dibandingkan Helio P22. Bagi yang belum tahu, Snapdragon 632 telah menggunakan Kyro 250 Gold (ARM Cortex-A73) dan Kyro 250 Silver (ARM Cortex-A53), sedangkan Helio P22 hanya ARM Cortex-A53.

Dalam penjelasan Xiaomi Indonesia, Redmi 7 bahkan bisa menyentuh angka 53.172 poin pada AnTuTu untuk CPU. Sementara Redmi 6, berdasarkan uji yang pernah kami lakukan, hanya bisa menyentuh 36.820 poin.

Namun hal ini masih uji coba secara sintetis. Secara nyata, kemampuannya juga akan tergantung pada kombinasi RAM dan memori internal yang digunakan, di mana semakin besar tentunya akan semakin baik.

3. Kamera

Redmi 6 vs Redmi 7 kamera

Meskipun pada kamera belakang mengalami penurunan resolusi di lensa kedalamannya, kamera depan Redmi 7 mengalami peningkatan yang sangat bagus. Selain mengalami peningkatan resolusi, aperture-nya pun menjadi lebih kecil.

Atau secara sederhana, kamera depan Redmi 7 akan mampu mengambil gambar dengan detail yang lebih baik, serta dapat digunakan dengan lebih baik saat kondisi kurang cahaya.

4. Fitur

Jika IR Blaster absen di Redmi 6, fitur ini kembali hadir di perangkat baru ini. Artinya, para pengguna bisa memanfaatkan perangkat tersebut sebagai remote TV maupun AC, dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada.

5. Baterai

Redmi 6 vs Redmi 7 Baterai

Memiliki dukungan layar yang lebih luas dan chipset dengan manufaktur yang lebih besar, yakni 14 nm, Redmi 7 dibekali dengan baterai berkapasitas lebih banyak dibandingkan pendahulunya.

Sebagai tambahan informasi, chipset Helio P22 sudah menawarkan efisiensi yang lebih baik, karena chipset ini dibangun berdasarkan manufaktur 12 nm.

6. Sistem Operasi

Salah satu kelebihan Redmi 7 dibandingkan Redmi 6 juga terletak di sistem operasi yang digunakan. Redmi 7 sudah menggunakan MIUI 10 berbasis Android Pie, sementara Redmi 6 batal mendapatkan update ke Android Pie meski sudah mendapatkan MIUI 10.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar