Tips dan Trik

Cara Menggunakan Mi Remote Pada Smartphone Xiaomi dengan Mudah

Cara Menggunakan Mi Remote Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang berhasil memiliki banyak penggemar di Indonesia, yakni Mi Fans. Meskipun banyak smartphone Xiaomi tidak resmi yang beredar di Indonesia, namun peminatnya masih sangat banyak.

Baru-baru ini Xiaomi meluncurkan smartphone 4G-LTE resminya yang telah lolos TKDN, yakni Redmi 4A dan Redmi 3S. Kedua smartphone tersebut memang bisa dibilang menarik karena menawarkan spesifikasi hardware yang cukup bagus, namun dengan harga terjangkau.

Xiaomi Redmi 3S sendiri dibekali dengan sensor infra merah. Bisa dibilang sensor tersebut untuk saat ini sudah jarang digunakan untuk mentransfer data karena fungsinya sudah digantikan oleh Bluetooth mamupun Wi-Fi Direct.

Namun sensor infra merah yang disematkan pada smartphone ini cukup menarik karena berfungsi sebagai Mi Remote atau remote perangkat elektronik, seperti DVD Player, Televisi, AC, kipas angin, speaker, dan masih banyak lagi.

Untuk mengaktifkan kemampuan ini, Gadgeter cukup mengakses grup aplikasi Tools dan selanjutnya memiliki aplikasi Mi Remote. Nantinya pada halaman utama aplikasi ini, Gadgeter bisa memilih menu Settings terlebih dahulu pada lambang gerigi di bagian kanan atas.

Setelah memilihnya, Gadgeter dapat langsung kembali dan memilih Pair New Remote. Nantinya akan dihadapkan pada berbagai perangkat elektronik, seperti Mi Box, Mi TV, TV, Cable Box, AC, kipas, speaker, DVD Player, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, pilih perangkat elektronik yang diinginkan dan akan muncul merek-merek perangkat elektronik dunia terkenal, bahkan merek Tiongkok pun muncul. Kemudian pilih tombol Tap to pair dan akan muncul tombol Device Responded serta Tap to continue. Sebaiknya Gadgeter memilih Tap to continue.

Selanjutnya ketika perangkat elektronik merespon maka secara otomatis akan muncul secara otomatis nama perangkat elektronik tersebut dan Gadgeter dapat langsung menekan Paired.

Nantinya akan muncul bentuk remote yang disesuaikan dengan perangkat elektroniknya, apabila TV maka remote akan dominan dengan angka, tombol power, volume, channel, dan masih banyak lagi. Sementara AC akan muncul tingkat suhu, jenis kipas, dan masih banyak lagi.

Nah, dengan menggunakan Mi Remote ini Gadgeter dapat dengan mudah mengganti remote yang hilang dengan smartphone. Namun sebagai catatan, jangan dipakai untuk mengerjai orang ya. Selamat mencoba.

Leave a Comment

23 Comments