Tips dan Trik

Apakah Benar-Benar Tidak Ada Cara Memasang Tema di Realme 3?

Tema Realme 3 Header

Gadgetren – Seperti kebanyakan smartphone buatan Realme, salah satu kekurangan perangkat Realme 3 bukan pada spesifikasi yang diusungnya, melainkan ketiadaan Theme Store di dalamnya.

Sampai dengan pembaruan terakhirnya saat ini, Realme 3 belum mendukung fitur ganti tema secara mendasar. Melalui pembaruan terakhirnya tersebut, para pengguna hanya diizinkan untuk mengganti background dengan gambar yang telah disediakan atau gambar mereka sendiri.

Fitur ganti tema memang penting namun tidak bagi semua pengguna. Sebagian mungkin tidak akan masalah, tetapi bagi mereka yang mudah bosan, fitur tersebut sangat dibutuhkan supaya mereka tetap bisa berada dalam jalurnya.

Tidak bisa dipungkiri, hal ini memang sangat disayangkan. Padahal kalau diperhitungkan, perangkat buatan perusahaan lulusanĀ  OPPO ini menawarkan spesifikasi yang bisa masuk ke dalam kategori cukup tinggi di kelas yang disatroninya.

Untuk itu, bagi yang sedang bingung untuk mengganti tema, berikut ini beberapa alternatif yang bisa digunakan oleh pengguna. Sebagai catatan, karena sistem operasi Realme senantiasa ditingkatkan, bisa saja alternatif ini tidak bisa digunakan.

Alternatif Memasang Tema di Realme 3

1. Memasang Tema di Realme 3 dengan Theme Store OPPO

Secara umum, perangkat-perangkat Realme memang menggunakan sistem modifikasi Android buatan OPPO bernama ColorOS. Dan secara khusus, Realme 3 sudah menawarkan sistem terbaru, yakni ColorOS 6.

Sistem khusus buatan OPPO ini sebenarnya telah mendukung fitur ganti tema secara mendasar. Di perangkat-perangkat OPPO, sistem ini telah dibekali dengan Theme Store yang menyediakan berbagai macam tema.

Namun sayangnya, oleh pihak Realme, fitur khusus tersebut dihilangkan. Entah dengan alasan apapun, fitur tersebut tidak lagi bisa ditemui secara mendasar di berbagai macam perangkat buatan perusahaan ini.

Kabar baiknya, karena sama-sama menggunakan sistem ColorOS, fitur Theme Store dari OPPO bisa digunakan di beberapa perangkat Realme, termasuk di dalamnya perangkat Realme 3.

Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi toko tema tersebut dari situs pihak ketiga, lalu memasangnya. Nantinya dari dalam aplikasi tersebut, pengguna bisa memilih tema yang diinginkan, mengunduhnya, kemudian menerapkannya.

2. Memasang Tema di Realme 3 dengan Launcher Pihak Ketiga

Selain dengan menggunakan cara di atas, pengguna Realme 3 juga bisa mengakalinya dengan memasang aplikasi launcher dari pihak ketiga yang saat ini banyak tersedia secara gratis maupun berbayar di Google Play Store.

Launcher sendiri merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola berbagai macam pintasan aplikasi lain, termasuk untuk mengatur ikon, animasi, font, hingga berbagai macam aspek di dalam antarmuka pengguna lainnya.

Apakah Fitur Ganti Tema Akan Hadir di Perangkat Realme 3?

Berdasarkan keterangan yang disampaikan di halaman FAQ Forum Pengguna Realme, perusahaan tersebut sedang berusaha membawa Theme Store ke ColorOS 6. Bahkan rencananya, Theme Store akan tersedia untuk pengujian beta pada akhir April 2019.

Oleh karena itu, pengguna hanya perlu bersabar, karena pada beberapa pembaruan mendatang mungkin fitur tersebut akan segera hadir di perangkat kesayangannya.

Tinggalkan Komentar