Review Smartphone

Review OPPO A5s – Smartphone Terjangkau dengan Baterai Besar

Review Oppo A5s Featured

Gadgetren – Untuk bersaing di kelas entry-level, OPPO secara resmi telah meluncurkan OPPO A5s di Indonesia. Perangkat ini hadir dengan mengandalkan baterai dengan kapasitas besar yang mencapai 4.230 mAh.

Tak hanya itu, OPPO A5s juga mengandalkan layar penuh berponi dan dua kamera belakang yang akan memanjakan penggunanya. Sementara sensor fingerprint dan Face Unlock hadir memberikan kemudahan dalam pembukaan kunci smartphone ini.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan ini, apakah OPPO A5s mampu menjadi salah satu smartphone piliha terbaik di kelas entry-level? Untuk itu, mari kita simak jawabannya pada artikel review di bawah ini.

Desain

OPPO A5s Back ok

OPPO A5s menggunakan desain layar penuh dengan poni di bagian atasnya yang mengikuti tren kekinan. Sementara bodi bagian belakangnya dilapisi bahan polikarbonat yang dibentuk menyerupai kaca sehingga terlihat menarik.

Meskipun bagian belakangnya tidak licin ketika digenggam oleh tangan, namun debu dan noda sidik jari mudah menempel. Untuk itu, penggunanya langsung menggunakan casing tambahan yang telah tersedia dalam paket penjualannya.

Masih pada bagian belakangnya terdapat dua kamera utama yang disusun secara horizontal. Sementara tepat di bagian tengah belakangnya terdapat sensor fingerprint dan logo OPPO.

Beralih ke bagian bawahnya, terdapat lubang speaker, port microUSB 2.0, dan jack audio 3,5mm. Pada bagian kanannya terdapat tombol power. Sementara pada bagian kirinya terdapat tombol volume dan slot untuk kartu SIM serta microSD.

Layar

OPPO A5s telah dilengkapi dengan layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya lengkap dengan poni atau notch kecil berbentuk waterdrop.

Selain untuk menyimpan kamera depan, kehadiran poni ini pun membuat sebagian bezel bagian atasnya menjadi lebih tipis. Selain itu, dengan penggunaan teknologi IPS membuat penggunanya masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Kamera

OPPO A5s Dual Camera

Smartphone ini dengan dua kamera belakangnya yang mempunyai kombinasi kamera primer 13 MP dan kamera sekunder 2 MP diklaim OPPO mampu menghasilkan foto dengan baik dalam kondisi cahaya cukup atau terang.

Namun kualitas kameranya berkurang ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya atau malam hari. Untuk itu, sebaiknya pihak OPPO melakukan peningkatan kemampuan kamera di malam hari pada update sistem operasi selanjutnya.

Sementara fitur yang hadir pada aplikasi kamera bawaannya pun cukup minim hanya tersedia Panorama, Photo, Video, Portrait, dan HDR. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang sudah cukup baik dalam menghasilkan foto selfie atau wefie.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kualitas kameranya maka dapat melihat hasil foto di bawah ini.

Kamera belakang (Klik gambar untuk perbesar)

A5sPapan

A5sKucingOutdoor

A5sBuah

A5sKucingIndoor

A5sBungaBokeh

A5sGedung

A5sBungaBokeh2

A5sMalCijantung

A5sMenara

A5sStasiun

A5sMalam2

A5sMalam3

A5sMalam1

Kamera depan (Klik gambar untuk perbesar)

A5sSelfieBeautySelfie Beauty

A5sSelfieBokehSelfie Bokeh

A5sSelfieMalamSelfie Malam

Performa

OPPO A5s Pinggir

OPPO A5s telah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P35 Octa-core, RAM 2 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB. Dengan kombinasi hardware ini, pihak OPPO mengklaim bahwa A5s mampu berjalan dengan lancar dalam pemakaian normal.

Untuk membuktikannya, saya pun melakukan pengujian dengan menjalankan beragam aplikasi dalam aktivitas sehari-hari mulai dari SMS, Telepon, pemutar musik sesekali, chat, jejaring sosial, pemutar video sesekali, editor dokumen, dan email.

Hasilnya, OPPO A5s mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Namun penggunaan RAM cepat mencapai puncak karena kapasitasnya hanya 2 GB. Untuk itu, sebaiknya penggunanya menjalankan aplikasi seperlunya agar smartphone tetap berjalan stabil.

Selanjutnya, saya pun melakukan pengujian dengan memainkan game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition. Mobile Legends dan Arena of Valor dapat dimainkan secara lancar dalam pengaturan grafis tinggi.

Sementara PUBG Mobile dapat dilancarkan dengan mulus dalam pengaturan HD. Namun OPPO A5s cukup kewalahan untuk menjalankan Final Fantasy XV Pocket Edition dalam grafis menengah atau tinggi sehingga sebaiknya pengguna smartphone ini memainkan game Final Fantasy dengan grafis rendah saja agar bisa berjalan lancar.

OPPO A5s Benchmark

Dalam pengujian AnTuTu, OPPO A5s berhasil mendapatkan skor 84.547 poin. Sedangkan pada pengujian Geekbench, perangkat ini mendapatkan skor 911 poin untuk pengujian Single-core dan 3.892 poin untuk pengujian Multi-core. Bisa dibilang, performa smartphone ini mampu bersaing di kelas entry-level.

Baterai

OPPO A5s Volume

Perangkat yang satu ini telah dibekali dengan baterai 4.230 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, OPPO A5s diklaim mampu bertahan selama 13,5 jam ketika penggunanya menonton video atau 17 jam dalam pemakaian normal.

Untuk membuktikan klaim tersebut, saya pun melakukan pengujian daya tahan baterai menggunakan aplikasi PC Mark for Android Benchmark. Hasilnya, OPPO A5s ini mampu mendapatkan skor mencapai 13 jam 52 menit.

OPPO A5s PCMArk

Daya tahan baterai tersebut bisa dibilang lama karena biasanya PC Mark melakukan simulasi pemakaian smartphone dengan intens. Sayangnya pengisian daya baterai smartphone ini tidak terlalu cepat sehingga memakan waktu 2 jam 23 menit ketika dimulai dari 20% mencapai 100%.

Fingerprint dan Face Unlock

OPPO A5s Fingerprint

OPPO A5s ini telah dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian belakangnya yang memudahkan penggunanya membuka kunci hanya menggunakan sidik jari. Smartphone ini mengizinkan penggunanya untuk mendaftarkan 5 sidik jari berbeda secara bersamaan.

Pada saat saya mencobanya, sensor fingerprint dapat mengenali sidik jari saya dengan cepat. Selain itu, sensor fingerprint ini dapat digunakan juga untuk membuka aplikasi yang dikunci dengan fitur App Lock bawaan OPPO A5s.

Selain itu, OPPO A5s juga menghadirkan fitur Face Unlock yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci menggunakan wajah. Seperti smartphone lainnya, OPPO A5s hanya mengizinkan satu wajah didaftarkan pada fitur yang satu ini. Pada saat saya menggunakannya, fitur ini dapat mengenali wajah dengan cepat. Namun kemampuan pengenalan wajahnya menurun ketika dalam kondisi minim cahaya atau malam hari.

ColorOS 5.2

OPPO A5s ColorOS

Berbeda dengan OPPO F11 dan F11 Pro yang menggunakan ColorOS 6 berbasiskan Android 9 Pie, OPPO A5s ini masih memakai ColorOS 5.2 berbasiskan Android 8.1 Pie. Untuk tampilan antarmuka, ikon, dan efek dari ColorOS 5.2 ini bisa dibilang sudah bagus.

Apabila ColorOS 6 memiliki tampilan Home Screen dengan Drawer, berbeda dengan ColorOS 5.2 yang sama sekali tidak memiliki Drawer sehingga semua aplikasi langsung berada di Home Screen.

OPPO A5s juga telah dibekali dengan fitur Game Space yang akan mengelompokkan game dalam satu folder. Apabila game diakses melalui Game Space maka akan ada peningkatan performa yang bisa dinikmati. Selain itu, penggunanya juga dapat menambahkan game atau aplikasi yang diinginkan ke Game Space ini secara manual.

Pada smartphone ini terdapat juga fitur Clone Apps yang memungkinkan aplikasi digandakan sehingga memungkinkan penggunanya dapat memasukkan dua akun game atau media sosial dalam satu smartphone.

Misalnya saja pengguna smartphone ini menggandakan aplikasi WhatsApp dengan fitur Clone Apps sehingga dapat memasukkan dua akun sekaligus. Tak ketinggalan, fitur dual apps multitasking juga telah hadir pada perangkat ini yang memungkinkan 2 aplikasi dapat berjalan dalam satu layar sekaligus.

Kesimpulan

OPPO A5s Power

Saya merasa puas dengan knerja yang ditawarkan oleh OPPO A5s selama pemakaian beberapa minggu. Apalagi kemampuan daya tahan baterainya yang lama dan layar yang luas menjadi nilai utama smartphone ini.

Meskipun dua kamera belakang smartphone ini mampu menghasilkan foto yang baik dalam kondisi cahaya cukup atau terang, namun pihak OPPO perlu melakukan peningkatan kemampuan kameranya ketika mengambil foto di minim cahaya atau malam hari.

Bodi belakang OPPO A5s ini masih nyaman digenggam dengan menggunakan satu tangan, namun sebaiknya pengguna perangkat ini menggunakan casing tambahan agar debu atau noda sidik jari tidak menempel pada bodi belakangnya.

Dengan harga yang mencapai Rp 1.999.000, OPPO A5s bisa menjadi salah satu smartphone pilihan di kelas entry-level. Terutama dengan kehadiran sensor fingerprint dan Face Unlock pada perangkat ini.

Kelebihan

  • Daya tahan baterai lama
  • Hasil foto siang hari bagus
  • Fingerprint dan Face Unlock cepat
  • Layar penuh
  • Harga terjangkau

Kekurangan

  • Pengisian daya baterai tidak cepat
  • Noda sidik jari mudah menempel
  • Hasil foto malam kurang bagus
OPPO A5s
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • OPPO A5s
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: April 22, 2019
  • Layar
    Editor: 80%
  • Performa
    Editor: 80%
  • Kamera
    Editor: 70%
  • Baterai
    Editor: 90%
  • Software
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar

2 Komentar