ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Vivo Y93 vs Realme 3 – Mana Yang Lebih Baik?

Vivo Y93 vs Realme 3 Header

Gadgetren – Vivo Y93 merupakan salah satu smartphone buatan Vivo yang namanya masih populer di Indonesia berkat spesifikasi hardware menarik dengan harganya yang terjangkau.

Mengikuti tren saat ini, smartphone buatan Vivo ini memiliki layar penuh dengan desain poni waterdrop di bagian atasnya. Bahkan smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon yang berteknologi proses 12nm.

Selain itu, banyak juga orang penasaran mengenai perbedaannya dengan Realme 3 yang saat ini juga menjadi primadona di Indonesia. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Vivo Y93 dan Realme 3 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Vivo Y93 vs Realme 3

1. Performa

Vivo Y93 ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439 Octa-core yang performanya sedikit di bawah MediaTek Helio P60 Octa-core, meskipun keduanya sama-sama menggunakan teknologi proses 12nm.

Apabila Vivo Y93 hanya memiliki varian RAM 4 GB dan storage internal 64 GB, berbeda dengan Realme 3 yang hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 3 GB + storage internal 32 GB dan RAM 4 GB + storage internal 64 GB.

2. Layar

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan layar 6,2 inci dengan desain penuh berponi waterdrop. Selain itu, keduanya juga memiliki layar beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dan berteknologi IPS LCD. Menariknya, Realme 3 dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3.

3. Kamera

Kedua perangkat ini sama-sama dilengkapi dengan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP dan LED Flash. Sementara kamera depan Realme 3 mempunyai resolusi 13 MP yang lebih tinggi dibandingkan Vivo Y93 dengan resolusi 8 MP.

4. Baterai

Realme 3 dilengkapi dengan baterai 4230 mAh yang kapasitasnya lebih besar dibandingkan dengan Vivo Y93 yang mempunyai kapasitas 4030 mAh. Bisa dibilang Realme 3 ini akan mempunyai daya tahan baterai yang lebih lama.

5. Spesifikasi lainnya

Vivo Y93 dan Realme 3 sama-sama telah dilengkapi dengan port microUSB 2.0, FM Radio, GPS, WiFi, Bluetooth, dan port jack audio 3,5mm. Apabila Realme 3 mempunyai sensor fingerprint dan Android 9 Pie, maka Vivo Y93 masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo.

6. Harga

Vivo Y93 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 3,3 juta di Indonesia. Sedangkan Realme 3 mempunyai harga yang mencapai Rp 1,9 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB, Rp 2,1 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 64 GB, dan Rp 2,4 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari sektor hardware, performa, varian, kamera depan, kapasitas baterai, harga, dan fitur maka Realme 3 ini mampu mengalahkan Vivo Y93. Tentu saja Realme 3 bisa menjadi pilihan yang menggiurkan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar