Tips dan Trik

Ini Dia 5 Fitur Unggulan dan Waktu Peluncuran MIUI 11 Untuk HP Xiaomi

Fitur MIUI 11 Header

Gadgetren – Dari semua hal yang ditunggu oleh para Mi Fans, sebutan bagi pecinta perangkat Xiaomi, fitur-fitur baru yang bakal muncul di MIUI 11 merupakan salah satu hal yang paling dinanti-nanti.

Sudah bukan rahasia lagi, Xiaomi memang telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan penerus dari MIUI 10 tersebut. Head of Product Planning Department Xiaomi, Liu Ming bahkan sudah mengungkapkannya sejak bulan Januari lalu di acara MIUI Core Experience Annual Meeting.

Meski hanya menjelaskan bahwa MIUI 11 bakal menjadi sistem operasi yang baru dan unik, tetapi penjelasan tersebut sudah menggambarkan secara jelas beberapa fitur baru, yang belum lama diungkapkan oleh Liu Ming dalam “AMA session about MIUI 11” di halaman Weibo.

Fitur Baru di MIUI 11

1. Ikon Baru dan Animasi yang Lebih Halus

Sejak MIUI 6, Xiaomi memang tidak mengubah ikon secara menyeluruh di dalam sistem buatannya. Mereka hanya memberikan sedikit peningkatan ikon dari versi ke versi sistem tersebut, termasuk juga pada MIUI 10 kemarin.

Namun pada MIUI 11 mendatang, Xiaomi akan memberikan antarmuka baru pada sistem operasinya. Ikon-ikon dalam MIUI 11 akan lebih minimalis dan sederhana dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.

Bahkan menariknya, tampilan ikon dari MIUI 11 bakal lebih customizable. Artinya, sistem baru ini bakal mengizinkan para pengguna untuk mengubah tampilan ikon sesuai dengan selera mereka masing-masing.

Selain itu, Xiaomi juga sedang berupaya keras untuk menghadirkan tampilan antarmuka yang lebih konsisten dan animasi yang lebih mulus. Hal ini senada dengan apa yang pernah diungkapkan Gizmochina beberapa waktu lalu.

2. Optimalisasi Status Bar

Xiaomi juga akan mengatur ulang tampilan ikon di status bar. Beberapa ikon akan ditempatkan dengan lebih baik dan optimal. Hal ini secara khusus ditujukan untuk kebanyakan smartphone baru yang memiliki notch atau poni di bagian atas layarnya.

Secara khusus, Xiaomi juga akan memberikan fitur untuk menyembunyikan notch melalui MIUI 11 ini. Seperti kebanyakan fitur sejenis, nantinya status bar akan diblok dengan warna hitam atau gelap untuk menyembunyikan notch-nya.

Melalui update ini, Xiaomi juga akan membawa peningkatan pada sistem notifikasi seperti mengumpulkan berbagai macam notifikasi yang berasal dari satu aplikasi yang sama. Xiaomi juga akan memberikan opsi untuk mengelola notifikasi, termasuk untuk menundanya.

3. Tema Gelap dan Terang

Meskipun masih menggunakan Android 9 Pie sebagai dasarnya, MIUI 11 bakal mencuri fitur unggulan Android Q yang sekarang juga masih dalam tahap pengembangan. MIUI 11 bakal membawa fitur tema gelap dan terang secara native di dalam sistem.

4. Manajemen Screenshot Otomatis

Fitur screenshot juga menjadi salah satu fitur yang bakal memperoleh peningkatan. Fitur screenshot di MIUI 11 akan mendukung penghapusan otomatis hasil screenshot yang telah dibagikan. Fitur ini juga akan mendukung opsi pengeditan yang baru.

5. Ultra Power Saving Mode

Dari beberapa fitur baru yang diungkapkan oleh Liu Ming, Ultra Power Saving Mode menjadi salah satu fitur yang paling menarik menurut saya. Dengan menggunakan fitur ini, MIUI 11 bisa bekerja lebih hemat daya terutama saat daya di ponsel telah menipis.

Mode baru ini akan menonaktifkan semua fitur dan aplikasi, terkecuali SMS dan panggilan telepon. Mode ini juga akan mematikan warna dari layar dan mengubahnya menjadi hitam-putih untuk membuatnya semakin hemat daya.

Namun ketentuan ini tidak berlaku secara sepenuhnya. Dalam mode hemat daya ini, para pengguna masih tetap bisa mengatur aplikasi apa saja yang bakal diizinkan untuk tetap berjalan saat mode diaktifkan.

Perangkat yang Didukung MIUI 11

Sangat berbeda dengan MIUI 10, sistem penerusnya ini tidak akan mendukung banyak perangkat lawas seperti Mi 5 dan Redmi Note 3. Berdasarkan bocoran yang muncul beberapa waktu lalu, hanya ada sekitar 38 perangkat yang akan mendapatkannya.

Waktu Peluncuran MIUI 11

Berdasarkan informasi yang telah berhasil kami kumpulkan, sistem MIUI 11 dijadwalkan akan rilis pada kuartal kedua tahun 2019 ini berbarengan dengan peluncuran ponsel flagship Xiaomi yang baru.

Tinggalkan Komentar