ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

OPPO A5s vs OPPO A3s – Lebih Anyar Lebih Baik?

OPPO A5s vs OPPO A3s Header

Gadgetren – OPPO baru saja mengenalkan smartphone baru bernama OPPO A5s untuk menyegarkan lini pasar kelas menengah. Namun bagi saya pribadi, tidak ada perubahan yang signifikan dalam perangkat ini.

Jika dilihat secara sekilas, perangkat ini memang sangat mirip dengan kebanyakan smartphone baru OPPO lainnya. Desain layar yang sangat lebar, lengkap dengan poni kecil yang disebut Waterdrop Display, menghiasi bagian depannya.

Namun dalam beberapa segi, termasuk diantaranya adalah ukuran layar, kamera utama, baterai, perangkat ini pun membawa spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan beberapa perangkat pendahulunya, seperti OPPO A3s.

Perangkat ini masih menawarkan layar 6,2 inci yang memiliki resolusi HD+ (1.520 x 720 piksel) sebagai antarmukanya, kamera utama ganda 13 MP + 2 MP, dan baterai berkapasitas 4.230 mAh, sebagaimana yang tersemat pada perangkat OPPO A3s.

Bahkan dalam artikelnya, TeknoKompas memprediksi bahwa harganya akan berkisar di kisaran Rp 2 Juta, yang artinya bakal setara dengan harga OPPO A3s, yang saat ini dijual dengan harga Rp 1.799.000 untuk varian RAM 2 GB dan Rp 2.299.000 untuk RAM 3 GB.

Tabel Perbandingan OPPO A5s vs OPPO A3s

AspekOPPO A5sOPPO A3s
Layar6,2 inci6,2 inci
Resolusi LayarHD+ (1.520 x 720 piksel)HD+ (1.520 x 720 piksel)
ChipsetMediaTek Helio P35Snapdragon 450
GPUPowerVR GE8320Adreno 506
RAM2 GB/3 GB2 GB/3 GB
Internal32 GB32 GB
OSColorOS 5.1 (Android Oreo)ColorOS 5.1 (Android Oreo)
Kamera Utama13 MP (f/2.2) + 2 MP (f/2.4)13 MP (f/2.2) + 2 MP (f/2.4)
Kamera Depan8 MP(f/2.0)8MP (f/2.2)
SensorE-Compass, Light Sensor, Proximity Sensor, G-sensor, Accelerometer Sensor, FingerprintE-Compass, Light Sensor, Proximity Sensor, G-sensor, Accelerometer Sensor
Konektivitasdual nano-SIM, Micro USB, Wi-Fi, Bluetooth 4.2dual nano-SIM, Micro USB, Wi-Fi, Bluetooth 4.2
Baterai4.230 mAh4.230 mAh

Perbedaan OPPO A5s vs OPPO A3s

Seperti yang terlihat dalam tabel perbandingan di atas, secara teknis tidak ada perbedaan yang mencolok antara OPPO A5s dan OPPO A3s, kecuali pada sektor kinerja dan kamera depan yang digunakan.

Kinerja

OPPO A5s vs OPPO A3s Kinerja

OPPO A5s memiliki chipset yang sedikit lebih unggul jika dibandingkan OPPO A3s. Meskipun sama-sama dibangun dari ARM Cortex-A53, MediaTek Helio P35 bisa dipacu hingga 2,3 GHz, sementara Snapdragon 450 hanya bisa sampai 1,8 GHz.

Dengan kecepatan yang lebih tinggi, artinya OPPO A5s menawarkan kemampuan yang lebih baik, terutama saat harus berhadapan dengan aplikasi-aplikasi yang sangat berat, seperti game.

MediaTek Helio P35 juga bakal lebih hemat daya. Hal ini karena dalam pembuatannya, MediaTek Helio P35 sudah menggunakan manufaktur yang lebih kecil, di mana sudah menggunakan pabrikasi 12 nm sementara Snapdragon 450 masih 14 nm.

Selain itu pun, dukungan GPU atau pengolah grafisnya dalam kedua chipset tersebut pun cukup berbeda. MediaTek mengandalkan GPU PowerVR GE8320, sedangkan Snapdragon mengandalkan Adreno 506.

Kamera Depan

OPPO A5s vs OPPO A3s Kamera Depan

Meskipun memiliki kamera dengan resolusi yang sama, tetapi sensor kamera depan OPPO A5s terlihat lebih menjanjikan. Hal ini dikarenakan, OPPO A5s memiliki aperture yang lebih kecil dibandingkan OPPO A3s.

Dengan aperture yang lebih kecil, kamera akan memiliki diafragma yang besar sehingga akan lebih mampu menangkap cahaya. Artinya, OPPO A5s bisa digunakan untuk mengambil gambar selfie lebih baik saat dalam kondisi kurang cahaya.

Selain itu, perbedaan aperture ini juga berpengaruh pada kemampuan kamera dalam mengambil titik fokus. Atau secara sederhana, lensa dengan aperture yang lebih kecil, biasanya dapat menangkap foto bokeh dengan lebih baik.

Sensor Fingerprint

OPPO A5s vs OPPO A3s Fingerprint

Dukungan sensor OPPO A5s juga lebih lengkap dibandingkan OPPO A3s. Perangkat baru ini telah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang bisa membuat perangkat menjadi lebih aman. Sementara pendahulunya, hanya mengandalkan fitur face unlock dalam hal ini.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar