Smartphone

7 Kelebihan dan 2 Kekurangan Nokia 3.1 Plus

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 3.1 Plus Header

Gadgetren – HMD Global secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia yang bernama Nokia 3.1 Plus.

Smartphone yang satu ini hadir dengan bodi yang bisa dibilang terlihat menawan. Sementara itu, layar yang diusung oleh smartphone satu ini menggunakan desain penuh dengan aspek rasio 18:9 tanpa poni.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari Nokia 3.1 Plus maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Kelebihan Nokia 3.1 Plus

Performa

Nokia 3.1 Plus ini dibekali dengan chipset MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz berteknologi proses 12nm yang memiliki performa bertenaga dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai. Sementara RAM 3 GB dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 400 GB telah mendampingi chipset tersebut.

Layar

Mengikuti tren saat ini, Nokia 3.1 Plus dilengkapi dengan layar 6 inci yang beresolusi HD+ (1440 x 720 piksel), berteknologi IPS LCD, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Kamera

Perangkat buatan HMD Global ini telah dilengkapi dengan dua kamera belakang 13 MP + 5 MP dan LED Flash yang mampu menghasilkan foto bokeh dengan instan. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

NFC

Dengan harganya yang mencapai Rp 2,4 juta, ternyata Nokia 3.1 Plus ini telah mempunyai sensor NFC yang biasanya dimiliki smartphone mahal. Dengan hadirnya NFC, memungkinkan penggunanya dapat melakukan transfer data secara cepat, mengecek e-money, mengisi e-money, membayar transaksi digital, dan masih banyak lagi.

Baterai 3500 mAh

Dengan baterai 3500 mAh, pihak HMD Global menjanjikan bahwa Nokia 3.1 Plus ini mampu bertahan lama hingga 2 hari dalam pemakaian normal. Hal ini bisa terjadi berkat chipset MediaTek Helio P22 yang hemat mengonsumsi daya baterai.

Fingerprint

Nokia 3.1 Plus ini telah dibekali dengan sensor fingerprint di bagian belakangnya yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone dengan cepat hanya menggunakan sidik jari saja.

Android One

Nokia 3.1 Plus ini telah mengikuti program Android One yang akan mendapatkan update sistem operasi Android tercepat dan terdepan selama dua tahun. Smartphone ini memiliki sistem operasi awal Android 8.1 Oreo murni yang dapat langsung ditingkatkan ke Android 9 Pie murni. Bahkan Android Q setelah meluncur resmi nanti.

Kekurangan Nokia 3.1 Plus

Noda sidik jari mudah menempel

Noda sidik jari mudah menempel pada permukaan Nokia 3.1 Plus sehingga sebaiknya pengguna menggunakan casing tambahan. Dengan menggunakan casing tambahan ini dapat melindungi bagian belakang dari noda sidik jari.

Tidak ada fast charging

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, Nokia 3.1 Plus ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga membuat pengisian daya baterainya terasa lama. Untuk itu, Gadgeter harus bersabar selama proses tersebut berjalan.

Tinggalkan Komentar