Berita Smartphone

Nokia 3.1 Plus Resmi Bawa RAM 3 GB dan Dua Kamera. Apakah Murah?

Nokia 3 1 Plus Header

Setelah meluncurkan Nokia 5.1 Plus dan Nokia 6.1 Plus di dunia, kini HMD Global secara resmi meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama Nokia 3.1 Plus di India. Menyasar pasar entry-level, smartphone ini memiliki fitur dan spesifikasi hardware yang menarik.

Berbeda dibandingkan Nokia 5.1 Plus dan Nokia 6.1 Plus, smartphone yang satu ini sama sekali tidak memiliki poni karena menggunakan layar penuh 6 inci beresolusi HD+ (1440 x 720 piksel) dengan aspek rasio 18:9.

Dapur pacu Nokia 3.1 Plus dipercayakan pada chipset MediaTek Helio P22 Octa-core yang diklaim memiliki performa yang sama bertenaganya seperti Qualcomm Snapdragon 625. Hal ini cukup wajar mengingat Helio P22 menggunakan teknologi proses 12nm yang kekinian.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Nokia 3.1 Plus hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 2 GB + storage internal 16 GB dan RAM 3 GB + storage internal 32 GB. Kedua varian ini pun dapat ditambahkan microSD hingga 400 GB.

Dengan spesifikasi hardware yang menarik ini, Nokia 3.1 Plus juga telah mengikuti proyek Android One yang bekerja sama dengan Google. Bisa dibilang perangkat ini akan mendapatkan update Android tercepat dan terdepan selama 2 tahun.

Pada saat penjualannya, Nokia 3.1 Plus telah menggunakan sistem operasi Android Oreo murni yang dijanjikan oleh pihak Google akan langsung mendapatkan Android Pie dalam beberapa bulan ke depan.

Berkat penggunaan Android Oreo murni, membuat produk ini memiliki performa yang mulus dan lancar dengan bloatware yang minim dibandingkan dengan MIUI maupun ZenUI yang memiliki banyak bloatware.

Mengikuti tren kekinian, Nokia 3.1 Plus telah dilengkapi dengan dua kamera 13 MP + 5 MP yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan cepat Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan baik.

Perangkat ini pun dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3500 mAh yang dijanjikan pihak HMD Global mampu bertahan selama 2 hari penuh dalam pemakaian normal. Bisa dibilang ini merupakan salah satu nilai tambah dari smartphone ini.

Tak hanya itu, Nokia 3.1 Plus juga telah dilengkapi dengan sensor fingerprint pada bagian belakangnya yang memudahkan penggunanya untuk membuka kunci smartphone hanya menggunakan sidik jari. Fitur Face Unlock pun sudah disematkan di dalamnya.

Smarptone ini juga dilengkapi dengan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah hadir di dalamnya. Untuk harganya sendiri dimulai dari 11.500 Rupee atau sekitar Rp 2,3 juta. Menurut kalian, apakah smartphone ini murah?

[Sumber : GSMArena]

Leave a Comment