ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Nokia 5.1 dan Nokia 3.1 Resmi Dirilis dengan RAM 3 GB dan Android Oreo

Nokia 5.1 dan 3.1 Header

HMD Global merupakan salah satu perusahaan asal Finlandia yang mampu membangkitkan kembali smartphone Nokia dengan jiwa Android.

Berkat kesuksesannya ini, HMD Global akan banyak meluncurkan smartphone di tahun 2018. Hal ini terlihat dengan baru saja diluncurkannya Nokia 5.1 dan Nokia 3.1 dalam ajang Nokia Moscow yang diselenggarakan di Rusia.

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan layar penuh beraspek rasio 18:9 yang dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass, sistem operasi Android 8.1 Oreo, dan mengikuti program Android One.

Nokia 5.1 dan 3.1 Desain

Awalnya Android One sendiri merupakan program yang diselenggarakan oleh Google untuk menyediakan smartphone bagus dengan harga terjangkau dan bekerja sama dengan produsen lokal untuk pengembangannya.

Namun seiring berjalannya waktu, proyek Android One pun berubah untuk smartphone kelas menengah yang ditandai dengan diproduksinya Xiaomi Mi A1 dan Moto X4. Nah, kedua smartphone Nokia terbaru ini pun mengincar segmen kelas menengah.

Nokia 3.1

Nokia 3.1 sendiri telah dilengkapi dengan layar 5,2 inci yang beresolusi HD+(1.440 x 720 piksel). Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik.

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 dan sudut pandang 84,6 derajat yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan area yang luas. Baterai berkapasitas 2.990 mAh telah hadir dalam smartphone yang satu ini.

Dapur pacunya dipercayakan pada chipset MediaTek MT6750N Octa-core berkecepatan 1,5 GHz. Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Nokia 3.1 memiliki varian ang terdiri dari RAM 2 GB atau 3 GB dan storage internal 16 GB atau 32 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, GPS, port USB Type-C, dan port jack audio 3,5mm. Untuk harganya sendiri mencapai 139 Euro atau sekitar Rp 2,2 juta untuk RAM 2 GB + ROM 16 GB dan 169 Euro atau sekitar Rp 2,7 juta untuk RAM 3 GB + ROM 32 GB.

Nokia 5.1

Nokia 5.1 memiliki spesifikasi hardware dan fitur yang lebih tinggi dibandingkan dengan Nokia 3.1. Hal ini ditandai dengan pengguna sensor fingerprint di bagian belakangnya yang memudahkan pengguna untuk membuka kunci smartphone dengan cepat.

Untuk layarnya memiliki lebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel). Dari sektor hardware, Nokia 5.1 telah dilengkapi dengan chipset MediaTek MT6755S Octa-core berkecepatan 2 GB. Smartphone ini sendiri hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 2 GB + ROM 16 GB dan RAM 3 GB + ROM 32 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Dari sektor kamera, smartphone ini telah dilengkapi denagan kamera utama beresolusi 16 MP ditambah PDAF dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang sudah baik dalam mengakomodasi foto selfie atau wefie.

Tak ketinggalan, dukungan baterai berkapasitas 3000 mAh, port USB Type-C, jaringan 4G-LTE, WIFi, dan Bluetooth telah hadir di dalamnya. Untuk harganya sendiri mencapai 189 Euro atau sekitar Rp 3,05 juta untuk varian RAM 2 GB + ROM 16 GB dan 219 Euro atau sekitar Rp 3,5 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB.

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar