Gadget Smartphone

Realme 3 vs Redmi Note 7 – Siapa yang Bakal Mengobrak-abrik Pasar?

perbandingan ealme 3 vs Redmi Note 7  Header

Gadgetren – Persaingan di industri smartphone kini semakin menegangkan. Banyak perusahaan smartphone yang meluncurkan smartphone murah tetapi memiliki spesifikasi yang tidak murahan.

Realme dan Xiaomi merupakan dua nama yang cukup populer dalam urusan tersebut. Dua perusahaan asal Tiongkok tersebut selalu mengobrak-abrik pasar dengan smartphone murah yang memiliki spesifikasi di atas rata-rata.

Mengawali tahun 2019 ini saja, dua perusahaan smartphone tersebut meluncurkan smartphone andalannya. Realme meluncurkan Realme 3 sementara Xiaomi meluncurkan Redmi Note 7 melalui sub brand terbarunya, Redmi.

Dua smartphone ini tentu saja sama-sama bisa menjadi pilihan. Keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Spesifikasi Realme 3 vs Redmi Note 7

AspekRealme 3Redmi Note 7
Layar6,2 inci6,3 inci
Resolusi LayarHD+ (1.520 x 720 piksel)Full HD+ (2340 x 1080 piksel)
Pelindung LayarGorilla Glass 3Gorilla Glass 5
ChipsetMediaTek Helio P60Snapdragon 660
GPUMali G72Adreno 512
RAM3 GB/4 GB3 GB/4 GB
Internal32 GB/64 GB32 GB/64 GB/128 GB
OSColorOS 6 (Android Pie)MIUI 10 (Android Pie)
Kamera Utama13 MP (f/1.8) + 2 MP48 MP (f/1.8) + 5 MP
Kamera Depan13 MP13 MP
SensorE-Compass, Sensor Cahaya, Sensor Proximity, Sensor Gravitasi, Sensor Accelerometer, Sensor Sidik jariE-Compass, Sensor Cahaya, Sensor Proximity, Sensor Accelerometer, Gyroscope, Sensor Sidik jari
Konektivitasdual nano-SIM, Micro USB, Wi-Fi 802.11b/g/n, Bluetooth 4.2dual nano-SIM, USB Type-C, Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac,Bluetooth 5.0
Baterai4.230 mAh4.000 mAh

Perbedaan Realme 3 vs Redmi Note 7

Layar

Realme 3 VS Redmi Note 7 Layar

Realme 3 secara teknis merupakan perangkat yang disasarkan untuk kelas di bawah Redmi Note 7. Untuk itu, dalam beberapa hal membawa aspek yang lebih rendah, seperti di segi layar yang digunakan.

Selain memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil, Realme 3 juga memiliki resolusi yang lebih rendah. Artinya, perangkat ini akan menampilkan gambar yang kurang begitu detail (jelas) dibandingkan Redmi Note 7.

Selain itu, Realme 3 menawarkan perlindungan Gorilla Glass yang lebih lawas. Meskipun demikian, beberapa tes ternyata mengungkapkan bahwa versi Gorilla Glass yang digunakan Realme 3 lebih tahan gores dibanding Gorilla Glass yang disematkan pada Redmi Note 7.

Performa

Realme 3 VS Redmi Note 7 - Performa

Menggunakan Chipset yang berbeda, Realme 3 dan Redmi Note 7 tentu menawarkan kinerja yang cukup berbeda. Dalam hasil benchmark AnTuTu, Realme 3 memiliki skor yang lebih rendah dibandingkan Redmi Note 7.

Dalam uji AnTuTu yang pernah dilakukan oleh tim Gadgetren, Realme 3 hanya mampu menembus skor 133.557. Sementara itu, hasil uji yang dilakukan Fonearena mengungkapkan bahwa Redmi Note 7 bisa mendapatkan skor hingga 135.068.

Selain itu, chipset Snapdragon 660 menawarkan beberapa hal yang lebih baik dibandingkan MediaTek Helio P60. Beberapa diantaranya adalah GPU yang lebih bertenaga dan dukungan modem yang lebih tinggi.

Namun di sisi lain, dalam hal manufaktur yang digunakan, MediaTek Helio P60 menawarkan pabrikasi yang lebih kecil dibandingkan Snapdragon 660. Atau singkatnya, MediaTek Helio P60 akan menawarkan efisiensi daya yang lebih baik.

Kamera

Realme 3 VS Redmi Note 7 Kamera

Jika di sisi kamera depan kedua perangkat ini menawarkan resolusi kamera yang sama, tetapi di kamera belakang, kedua perangkat ini dilengkapi kamera yang sangat berbeda.

Sama-sama dilengkapi dengan kamera utama ganda dengan aperture f/1.8, Redmi Note 7 menawarkan kamera berteknologi pixel binning dengan resolusi 48 MP + 5 MP sementara Realme 3 hanya memiliki resolusi 13 MP + 2 MP.

Dengan resolusi yang lebih besar ini, Redmi Note 7 secara teknis akan mampu memberikan hasil gambar yang lebih detail meskipun saat diperbesar, jika dibandingkan hasil kamera Realme 3.

Namun ini bukan berarti kamera Realme 3 sangat buruk. Hal ini karena perangkat yang dikembangkan di bawah naungan BBK Electronics ini juga menawarkan fitur yang cukup menggoda, seperti Chroma Boost dan Nightscape.

Bluetooth

Seperti yang ditampilkan dalam tabel perbandingan, Realme 3 mengusung teknologi Bluetooth yang lebih lawas dibandingkan Redmi Note 7. Hal ini akan berpengaruh pada kecepatan dan keamanan saat digunakan melakukan transfer data.

Dalam catatan AndroidAuthority, bahkan kecepatan bluetooth yang digunakan pada Redmi Note 7 bisa dua kali lebih cepat jika dibandingkan bluetooth pada Realme 3.

Tinggalkan Komentar