Gadget Smartphone

Realme 2 vs Realme 3 – Apakah Pengguna Realme 2 Harus Upgrade?

Realme 2 VS Realme 3 Header

Gadgetren – Selepas berpisah dari OPPO, Realme langsung mengobrak-abrik pasar dengan meluncurkan andalannya, Realme 2. Perangkat ini memang cukup menarik, jika dilihat dari harga dan spesifikasinya.

Namun belum genap satu tahun, Realme sudah menyegarkan lini tersebut dengan meluncurkan Realme 3. Di Indonesia, perangkat ini sudah diluncurkan beberapa hari lalu, mengusung beberapa peningkatan di dalamnya.

Hal ini pun bisa cukup membuat galau bagi para pengguna perangkat Realme 2. Apakah mereka perlu upgrade juga ke perangkat baru tersebut atau harus tetap bertahan dengan perangkatnya?

Tabel Perbandingan Realme 2 vs Realme 3

AspekRealme 2Realme 3
Layar6,2 inci6,2 inci
Resolusi LayarHD+ (1.520 x 720 piksel)HD+ (1.520 x 720 piksel)
Pelindung LayarGorilla Glass 3Gorilla Glass 3
ChipsetSnapdragon 450MediaTek Helio P60
GPUAdreno 506Mali G72
RAM3 GB/4 GB3 GB/4 GB
Internal32 GB/64 GB32 GB/64 GB
OSColorOS 5.1 (Android Oreo)ColorOS 6 (Android Pie)
Kamera Utama13 MP (f/2.2) + 2 MP13 MP (f/1.8) + 2 MP
Kamera Depan8 MP13 MP
SensorE-Compass, Sensor Cahaya, Sensor Proximity, Sensor Gravitasi, Sensor Accelerometer, Sensor Sidik jariE-Compass, Sensor Cahaya, Sensor Proximity, Sensor Gravitasi, Sensor Accelerometer, Sensor Sidik jari
Konektivitasdual nano-SIM, Micro USB, Wi-Fi 802.11b/g/n, Bluetooth 4.2dual nano-SIM, Micro USB, Wi-Fi 802.11b/g/n, Bluetooth 4.2
Baterai4.230 mAh4.230 mAh

Perbedaan Realme 2 vs Realme 3

Performa

Realme 2 VS Realme 3 Layar

Selain desain layarnya yang berubah, yang semula menggunakan poni besar ala iPhone X berubah menjadi poni kecil ala Waterdrop Display-nya OPPO, perbedaan paling mencolok antara keduanya adalah di segi performa.

Dalam uji coba tim Gadgetren menggunakan Aplikasi ATunTu, Realme 3 bisa menembus skor hingga 133.557, sementara Realme 2 terpaut sangat jauh di bawahnya yang hanya berhasil memperoleh skor sebesar 76.897.

Secara teknis, perbedaan ini dipengaruhi oleh chipset yang digunakan. Yang jika dijelaskan secara sederhana, chipset Realme 3 lebih mampu menangani tugas-tugas berat seperti bermain game dibandingkan chipset yang digunakan Realme 2.

Kamera Utama

Realme 2 VS Realme 3 Belakang

Jika ditinjau secara sekilas, Realme 3 seolah tidak mendapatkan upgrade di sisi kamera utamanya. Hal ini karena Realme 3 masih menggunakan kombinasi kamera dengan resolusi yang sama dengan Realme 2, yakni 13 MP + 2 MP.

Hanya saja, jika dilihat lebih seksama, kamera Realme 3 menawarkan aperture yang lebih kecil dibandingkan kamera Realme 2. Meskipun bisa menghasilkan foto dengan detail yang sama, kamera dengan aperture kecil menawarkan pengambilan gambar yang lebih baik.

Dalam fotografi, aperture kecil biasanya lebih mumpuni digunakan untuk mengambil gambar di kondisi lebih redup atau kurang cahaya, serta biasanya  bisa digunakan untuk mengambil foto dengan background blur.

Sementara itu, Realme 3 juga dilengkapi dengan fitur kamera yang lebih baik. Realme 3 telah dilengkapi fitur seperti Nightscape untuk mengambil gambar di kondisi gelap dan Chroma Boost untuk membuat gambar lebih vivid.

Kamera Depan

Realme 2 VS Realme 3 Kamera Depan

Selain kamera utama yang sedikit mendapatkan upgrade, Realme 3 juga mendapatkan dukungan kamera depan yang lebih baik. Perangkat ini diberi kamera yang lebih tinggi dibandingkan Realme 2.

Dan tentu saja, dengan peningkatan resolusi ini, hasil kamera depan Realme 3 bisa lebih jelas (detail) dari pada hasil kamera Realme 2 meskipun saat gambar tersebut diperbesar.

Tinggalkan Komentar