Review Smartphone Sponsored Content

Review Realme 3 – Smartphone Android Tangguh di Kisaran Harga 2 Juta Rupiah

Realme 3 Feature

Belum lama rasanya Realme merilis smartphone Realme 2 di Indonesia pada akhir tahun lalu. Kini, mereka kembali menggebrak pasar smartphone Indonesia dengan smartphone terbarunya yaitu Realme 3.

Sebagai pemain baru di pasar smartphone di Indonesia, Realme terbilang gesit dalam merilis smartphone. Kali ini Realme 3 yang mereka bawa ke Indonesia memiliki harga di bawah 2 juta rupiah untuk varian termurah namun menghadirkan baterai berkapasitas besar dan performa yang bertenaga.

Realme 3 juga mengalami peningkatan pada kameranya yang menghadirkan kemampuan lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kameranya pun dilengkapi dengan fitur menarik seperti Chrome Boost dan Nightscape yang dapat membuat hasil foto menjadi lebih bagus.

Saya berkesempatan untuk menguji coba Realme 3 dengan varian RAM 4 GB, penyimpanan internal 64 GB, dan warna Radiant Blue yang harganya resminya Rp2.399.0000 untuk ulasan ini.

Desain dan Layar

Realme 3 Back All

Realme 3 tampil menarik dengan desain unibodi dan warna gradasi yang memadukan antara warna biru dan hijau. Bodi belakangnya juga memiliki efek cermin yang membuat warna gradasinya terlihat seperti berubah-ubah tergantung cahaya.

Desain unibodinya membuatnya Realme 3 terlihat ramping karena hanya memiliki satu lapisan antara layar dan badan. Dikombinasikan dengan lengkungan di kedua sisi smartphone, Realme 3 terasa nyaman ketika digenggam dengan satu tangan.

Sayangnya noda sidik jari mudah menempel pada bagian belakang Realme 3 sehingga sebaiknya digunakan clear case tambahan yang sudah disediakan dalam paket penjualan Realme 3.

Untuk bagian depannya, Realme 3 mengusung tampilan layar penuh dengan poni berbentuk dewdrop atau seperti tetesan air embun. Untuk ukuran layarnya cukup luas yaitu 6,22 inci dengan screen-to-body ratio 88,3%. Namun, resolusi layar yang didukung hanya HD+ atau 1520×720 piksel.

Realme3 FullDisplay

Poni model dewdrop di Realme 3 ini terlihat lebih nyaman dibandingkan model poni standar. Area poni tersebut digunakan untuk menyematkan komponen kamera depan, sensor cahaya, dan sensor jarak. Poni ini juga membuat bezel pada bagian atas smartphone dapat menjadi lebih tipis dibandingkan dengan bezel di bagian bawahnya.

Di bagian belakang Realme 3 terdapat dua kamera belakang, lampu flash, sensor pemindai sidik jari, dan logo Realme yang disematkan secara vertikal. Di bagian kanan terdapat tombol Power sedangkan bagian di bagian kirinya terdapat slot 2 kartu SIM dan 1 kartu microSD sekaligus juga tombol volume.

Pada bagian bawah smartphone terdapat lubang speaker, port microUSB 2.0, dan port jack audio 3,5mm. Tidak tersedia tombol navigasi fisik sama sekali di Realme 3 karena tombol navigasinya sudah berbentuk virtual agar ukuran bezel dapat menjadi tipis.

Performa

Realme 3 AnTuTu Geekbench

Di sektor hardware, Realme mempercayakannya pada chipset MediaTek Helio P60 Octa-core 2 GHz berteknologi proses 12nm untuk dapur pacu Realme 3. Chipset ini diklaim Realme lebih hemat daya sebesar 15% dibandingkan dengan chipset berteknologi proses 14nm generasi sebelumnya.

Dikombinasikan dengan RAM 4 GB, Realme 3 mampu menjalankan berbagai macam aplikasi dengan lancar meskipun dijalankan secara multitasking. Proses transisi aplikasinya pun terlihat halus ketika multitasking.

Realme 3 juga dapat memainkan game populer seperti Arena of Valor, Mobile Legends, Garena Free Fire, dan PUBG Mobile dengan lancar. Game Arena of Valor, Mobile Legends, dan Garena Free Fire dapat dimainkan dengan halus di setelan grafis tertinggi.

Untuk game PUBG Mobile dapat dapat dimainkan dengan setelan grafis HD dan performanya pun lancar. Semua game populer ini dapat dimainkan dengan setelan High Frame Rate untuk memperhalus animasi dalam game.

Agar performa Realme 3 semakin tangguh ketika bermain game, Realme menyediakan fitur Realme Game Space yang dapat meningkatkan performa game dan juga berfungsi untuk mengumpulkan game-game yang telah dipasang dalam smartphone.

Pada pengujian AnTuTu, Realme 3 berhasil mendapatkan skor tinggi yang mencapai 133.557 poin. Skor ini bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone lain yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core. Untuk skor Geekbench, Realme meraih skor 1.423 untuk Single-core dan 5.092 untuk Multi-core.

Baterai

Realme 3 Port

Realme 3 dibekali dengan baterai berkapasitas besar yang mencapai 4.230 mAh. Besarnya kapasitas baterai ini dikombinasikan dengan sistem CorePilot 4.0 pada chipset MediaTek Helio P60 untuk mendorong efisiensi penggunaan daya baterai secara pintar.

Untuk aktivitas sehari-hari yang menggunakan beragam aplikasi yang seperti chatting, berjejaring sosial, berselancar web hingga sesekali bermain game, Realme 3 mampu bertahan selama 21 jam 20 menit dari kondisi 100% hingga titik kritis 15%. Ketika diuji menggunakan aplikasi pengujian baterai PCMark, Realme mendapatkan skor ketahanan 11 jam 4 menit.

Dengan percobaan ini membuktikan bahwa Realme 3 memiliki daya tahan baterai yang lama dan dapat melewati aktivitas sehari-hari tanpa perlu diisi ulang baterainya seharian. Namun begitu, waktu pengisian daya baterai dari smartphone ini cukup lama yaitu memakan waktu 2 jam 40 menit dari baterai 0% hingga 100%.

Kamera

Realme 3 Dual Cam

Smartphone yang satu ini dibekali dengan dua kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera primer 13MP (apertur f/1.8) dan kamera sekunder 2MP serta lampu Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik.

Sementara itu, terdapat fitur AI Scene Recognition yang memungkinkan aplikasi kamera bawaannya dapat mengenali 16 scene atau pemandangan dan 100 kombinasi scene supaya foto yang dihasilkan memiliki komposisi yang bagus.

Menariknya lagi, aplikasi kamera bawaan dari Realme 3 ini menghadirkan dua fitur bernama Chroma Boost dan Nightscape. Chroma Boost sendiri merupakan fitur yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mengoptimalkan warna-warna tertentu pada foto sehingga terlihat lebih cerah dan menarik.

Sementara Nightscape merupakan fitur dengan bantuan AI yang dapat membuat foto di kondisi minim cahaya atau malam hari menjadi lebih terang dan tajam. Bahkan terdapat peningkatan kualitas gambar dalam cahaya redup dibandingkan hasil foto dengan menggunakan mode Auto.

Pada saat saya menggunakan mode Nightscape, cahaya lampu pun dapat diisolasi dengan baik sehingga pendarannya tidak berlebihan. Berbeda dengan menggunakan mode Auto yang memperlihatkan pendaran cahaya cukup berlebihan.

Fitur Chroma Boost dan Nightscape ini mampu membuat pengguna Realme 3 dapat menghasilkan foto yang memuaskan, baik dalam kondisi siang hari maupun malam hari.

Beralih ke bagian depannya, Realme 3 dilengkapi dengan kamera selfie 13MP (apertur f/2.0) yang mampu menghasilkan foto selfie atau wefie dengan wajah yang mulus serta cerah berkat algoritma SelfiePro yang hadir pada aplikasi kamera bawaannya mampu mengenali 296 titik wajah.

Selanjutnya, aplikasi kamera bawaan Realme 3 memiliki juga fitur Portrait yang memungkinkan kamera depan maupun kamera belakang mampu menghasilkan foto bokeh (background blur) secara rapi dan instan.

Kamera Belakang (Siang Hari)

GWW2-NormalNormal

GWW2-ChromaBoostChroma Boost

FEMA-NormalNormal

FEMA-ChromaBoostChroma Boost

Faperta-NormalNormal

Faperta-ChromaBoostChroma Boost

Batu-NormalNormal

Batu-ChromaBoostChroma Boost

Kamera Belakang (Malam Hari)

LampuTm-NormalNormal

LampuTm-NightScapeNightscape

SB-NormalNormal

SB-NightScapeNightscape

Tm-NormalNormal

Tm-NightscapeNightscape

Lift-NormalNormal

Lift-NightscapeNightscape

Kamera Belakang (Bokeh)

Bokeh1-Normal

Bokeh2-Normal

Bokeh4-Normal

Kamera Depan

SelfieNormalSGNormal

SelfieBokehSGBeauty + Bokeh

SelfieNormalMLNormal

SelfieBeauty-BokehMLBeauty + Bokeh

Fingerprint dan Face Unlock

Realme 3 Fingerprint

Realme 3 sudah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari yang berada di bagian belakangnya. Posisi pemindainya mudah dijangkau oleh sidik jari. Pemindainya mampu mendeteksi sidik jari saya dengan cepat untuk membuka kunci smartphone.

Seperti rata-rata smartphone Android lainnya, Realme 3 hanya mengizinkan maksimal 5 sidik jari berbeda untuk didaftarkan di dalamnya. Selain untuk membuka kunci smartphone, sensor ini pun dapat digunakan juga untuk membuka aplikasi yang mendukung pemindai sidik jari.

Apabila jari sedang kotor maka dapat menggunakan alternatif pembukaan kunci dengan fitur Face Unlock. Fitur yang satu ini mampu mengenali wajah dengan cepat bahkan pada saat kondisi minim cahaya sekalipun. Realme 3 hanya mengizinkan satu wajah saja untuk didaftarkan pada fitur yang satu ini.

Color OS 6.0

Realme3-ColorOS

Dibandingkan sistem operasi generasi sebelumnya, Color OS 6.0 yang berbasiskan Android 9 Pie ini memiliki tampilan antarmuka yang lebih berwarna dan desain ikon yang menarik.

Secara bawaan, Colos OS 6.0 pada Realme 3 ini akan menawarkan tampilan homescreen dengan Drawer Mode yang akan menyimpan aplikasi terinstal di dalam Drawer. Namun bagi yang terbiasa tanpa Drawer atau aplikasi terinstal langsung di homescreen, dapat mengaktifkan fitur Standard Mode yang tersedia di Realme 3.

Tombol navigasi virtual Realme 3 secara bawaan terdiri dari Back dan Home saja. Untuk membuka tampilan aplikasi yang baru digunakan, diperlukan cara yang agak unik yaitu melakukan gerakan gesture gerakan ke atas dari bagian bawah layar. Tombol navigasi ini bisa diubah posisinya dan bahkan bisa ditampilkan tombol Recent App.

Color OS 6.0 juga menghadirkan beragam fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengakses fungsi maupun aplikasi di Realme 3 hanya dengan gesture gerakan jari di layar. Salah satu contohnya adalah menyapu layar dari bagian atas ke bawah dengan 3 jari rapat dapat mengaktifkan fungsi screenshot.

Jika memiliki akun media sosial lebih dari satu, terdapat fitur Clone App yang memungkinkan untuk menggandakan sebuah aplikasi sehingga akan terdapat dua aplikasi atau game dalam satu smartphone Realme 3 namun dengan akun yang berbeda.

Kesimpulan

Realme 3 Logo

Realme 3 memiliki keunggulan pada daya tahan baterai yang lama dan dikombinasikan dengan performa yang bertenaga. Kemampuan kamera depan dan belakangnya pun bagus baik pada kondisi cukup cahaya maupun minim cahaya.

Sementara desain unibodi yang ditampilkan pada smartphone ini membuatnya terasa ramping ketika digenggam dan warna gradasi Radiant Blue membuat Realme 3 terlihat menawan.

Namun, sidik jari mudah membekas di bagian bodi belakangnya dan juga waktu pengisian daya baterai dari Realme 3 cukup lama.

Melihat performa, daya tahan baterai, dan kemampuan kamera yang ditawarkan, Realme 3 adalah smartphone pilihan yang tepat untuk smartphone di kisaran harga 2 juta rupiah.

* Artikel ini adalah hasil kerja sama dengan Realme

Tinggalkan Komentar