Gadget Smartphone

Realme 3 vs Vivo Y91 – Mana Smartphone Terbaik di Bawah Rp 2 Juta?

Realme 3 vs Vivo Y91 Header

Gadgetren – Realme 3 tampaknya akan menjadi smartphone baru yang mengobrak-abrik pasar menengah ke bawah. Selain karena harganya murah, perangkat ini menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Realme 3 secara resmi telah masuk pasar Indonesia dengan bandrol harga Rp 1.999.000 untuk varian terendahnya, atau Rp 1.799.000 untuk harga flash sale-nya. Dengan harga ini, Realme 3 harus berhadapan dengan beberapa ponsel, termasuk Vivo Y91 yang cukup mendominasi.

Dari beberapa segi, ponsel Vivo Y91 memang menawarkan beberapa hal yang cukup menarik. Oleh karena itu, apakah Realme 3 masih bisa dipertimbangkan saat harus dibandingkan dengan Vivo Y91?

MediaTek vs Snapdragon

Mediatek vs Snapdragon

Menantang Vivo Y91 yang dilengkapi dengan chipset Snapdragon 439, Realme 3 dilengkapi dengan chipset buatan MediaTek, yakni Helio P60. Secara sekilas, chipset menengah MediaTek ini menawarkan kemampuan yang lebih baik.

Dalam hasil AnTuTu yang diungkapkan Realme, perangkat baru yang menggunakan chipset MediaTek Helio P60 tersebut mampu menembus skor 133.066. Sementara Vivo Y91, dalam uji yang dilakukan JagatReview, hanya mampu berkisar di angka 79.774.

Dengan skor yang terpaut sangat tinggi ini, Realme 3 di atas kertas seharusnya menawarkan kemampuan yang lebih baik, seperti saat digunakan bermain game atau menjalankan aplikasi yang berat.

Realme 3 Punya RAM dan Memori Internal Lebih Besar

Selain didukung chipset yang lebih bertenaga, Realme 3 juga didukung oleh RAM dan memori internal yang lebih besar. Varian terendah Realme 3 sudah didukung RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, sedang Vivo Y91 masih didukung RAM 2 GB dan memori internal 16 GB.

Dengan dukungan RAM dan memori internal yang lebih besar, Realme 3 menawarkan kemampuan multi tasking yang lebih baik serta dukungan untuk menyimpan aplikasi atau file dengan lebih leluasa.

Resolusi Kamera Utama Sama, Tapi Lebih Baik?

Kamera Realme 3 vs Vivo Y91

Di sisi kamera Realme 3 memiliki resolusi sama dengan Vivo Y91. Kedua perangkat tersebut sama-sama dilengkapi dengan kamera ganda beresolusi 13 MP + 2 MP. Namun meskipun demikian, Realme 3 menawarkan kamera yang sedikit lebih baik.

Kamera Realme 3 memiliki aperture yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera Vivo Y91. Realme 3 memiliki aperture f/1.8 sedangkan Vivo Y91 memiliki f/2.2.

Dengan aperture yang lebih kecil ini, bukaan diafragma kamera akan lebih besar. Yang artinya, kamera dapat menangkap lebih banyak cahaya dan dapat menciptakan foto blur dengan lebih baik.

Selain itu, Realme 3 juga dilengkapi dengan fitur kamera yang cukup berguna, seperti fitur Nightscape yang bisa meningkatkan hasil foto di kondisi kurang cahaya dan Chroma Boost yang bisa meningkatkan warna dari hasil foto.

Kamera Depan Lebih Tajam

Kamera Depan Realme 3 vs Vivo Y91

Kamera depan Realme 3 juga memiliki resolusi yang lebih besar dibandingkan Vivo Y91. Realme 3 sudah memiliki kamera 13 MP, sedangkan Vivo Y91 masih memiliki kamera 8 MP.

Atau secara sederhana dapat digarisbawahi, bahwa kamera depan Realme 3 dapat menghasilkan foto yang lebih tajam, dengan gambar yang lebih detail, jika dibandingkan hasil foto dari Vivo Y91.

Baterai Lebih Besar

Realme 3 juga membawa dukungan baterai yang sedikit lebih besar dibandingkan Vivo Y91. Jika Vivo Y91 hanya dilengkapi dengan dukungan baterai berkapasitas 4.030 mAh, Realme 3 sudah membawa baterai 4.230 mAh.

Dengan kapasitas baterai yang lebih besar ini, Realme 3 bisa digunakan lebih lama, hingga 12,4 jam untuk bermain PUBG Mobile, 14,4 jam untuk memutar YouTube, dan 18,9 jam untuk sekedar browsing.

Layar Realme 3 Didukung Gorilla Glass

Jika Vivo Y91 belum dilengkapi dengan proteksi layar buatan Corning, layar Realme 3 sudah. Perangkat terbaru Realme ini sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 3, yang dalam beberapa hal lebih baik dibandingkan versi terbarunya.

Tinggalkan Komentar