Gadget Smartphone

Realme 3 vs Realme U1 – Tak Selamanya Saudara Itu Sama

Realme 3 Vs Realme U1 Header

Gadgetren – Beberapa waktu belakangan ini, banyak perusahaan yang banting stir menggunakan chipset MediaTek ke dalam smartphone buatannya. Realme menjadi salah satu yang ikut ke dalam tren tersebut.

Tidak bisa dipungkiri, dengan menggunakan chipset MediaTek, perusahaan-perusahaan tersebut bisa memangkas biaya produksi, yang secara tidak langsung juga akan membuat harga smartphone menjadi lebih murah, tanpa perlu mengurangi kinerja smartphone buatannya.

Realme sendiri, saat ini telah memiliki beberapa smartphone MediaTek yang bisa dipilih oleh para pengguna yang punya dana terbatas. Dua di antaranya adalah Realme 3 dan Realme U1.

Dua smartphone buatan Realme ini menawarkan kinerja yang cukup mumpuni namun dijual dengan harga yang relatif murah. Hanya saja, terdapat beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan sebelum menentukan smartphone mana yang akan dibeli.

Layar

Realme 3 dan Realme U1 sebenarnya memiliki desain layar yang tidak jauh berbeda, keduanya sama-sama menawarkan layar penuh dengan poni kecil yang disebut dewdrop di bagian atasnya.

Selain itu pun, keduanya juga telah dilengkapi dengan pelindung layar yang cukup mumpuni dari Corning, yakni Gorilla Glass 3. Dalam sebuah catatan, pelindung layar ini diklaim lebih tahan gores dibandingkan dengan versi teranyarnya.

Realme 3 Vs Realme U1 Layar

Hanya saja, layar dari keduanya memiliki ukuran dan resolusi yang cukup berbeda. Realme 3 hanya dilengkapi layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1.520 x 720 piksel) sedangkan Realme U1 sudah menggunakan layar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Secara sederhana, layar Realme U1 tentunya bakal menampilkan gambar yang lebih baik, lebih jelas, dan lebih detail, jika dibandingkan generasi penerus dari Realme 2 tersebut.

Chipset

Realme 3 hadir dengan chipset MediaTek Helio P60, sementara Realme U1 dengan MediaTek Helio P70. Tentu saja, dengan perbedaan ini, Realme U1 menawarkan kinerja yang lebih mumpuni.

Dalam klaimnya, chipset MediaTek Helio P70 menawarkan 13 persen kinerja yang lebih baik dan 30 persen kemampuan kecerdasan buatan yang lebih bertenaga, jika dibandingkan MediaTek Helio P60 yang dirilis sebelumnya.

Kamera Utama

Dalam halaman spesifikasi yang ditampilkan Realme, Realme 3 dan Realme U1 dibekali dengan resolusi kamera yang setara, yakni sama-sama dilengkapi dengan kamera beresolusi 13 MP yang dipadukan dengan lensa depth 2 MP.

Yang membedakan, kamera Realme 3 memiliki aperture yang lebih besar dibandingkan Realme U1. Realme 3 memiliki aperture f/1.8 sedangkan Realme U1 memiliki aperture f/2.2.

Realme 3 Vs Realme U1 Kamera

Dalam fotografi, semakin besar besar aperture maka kamera dapat menangkap cahaya lebih banyak. Artinya, kamera akan lebih mumpuni ketika digunakan pada kondisi kurang cahaya, atau bisa juga digunakan untuk mengambil potret blur yang lebih baik.

Bahkan untuk melengkapi kemampuan dari kameranya tersebut, Realme 3 memuat beberapa mode, seperti Nightscape yang akan membantu pengambilan gambar di kondisi redup dan Chroma Boost yang akan mengolah gambar agar lebih vivid.

Kamera Depan

Realme 3 Vs Realme U1 Kamera Depan

Di kamera depan, Realme 3 kalah telak dengan generasi sebelumnya. Realme 3 hanya dilengkapi dengan kamera 13 MP, sementara Realme U1 sudah dilengkapi dengan kamera 25 MP, itupun sudah menggunakan sensor Sony IMX 576.

Perbedaan yang cukup mencolok dari kamera depan ini akan memberikan hasil foto yang cukup berbeda. Bukan masalah bagus atau tidaknya, tetapi masalah detailnya. Hasil kamera Realme U1 tentunya akan memberikan detail yang lebih bagus dibanding Realme 3.

Baterai

Ada yang menarik dari sektor baterai yang diusung Realme 3. Selain memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar dari Realme U1, baterai 4.230 mAh miliknya diklaim lebih dapat bertahan lama.

Realme 3 Vs Realme U1 Baterai

Dalam uji teknisnya sendiri, Realme menemukan bahwa perangkatnya bisa bertahan hingga 12,4 jam untuk bermain PUBG Mobile, 14,4 jam untuk memutar YouTube, dan 18,9 jam jika hanya sekedar browsing.

Tinggalkan Komentar