Smartphone

Realme U1 VS Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Perang Bintang Smartphone Selfie Kelas Menengah yang Sesungguhnya

Realme U1 Header Indonesia

Seminggu yang lalu, Realme baru saja mengumumkan lini smartphone terbarunya yang ditujukan untuk anak muda yang suka berfoto selfie, yaitu Realme U1. Realme U1 adalah smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio P70 dan kamera selfie dengan resolusi hingga 25 MP SelfiePro yang akan memenuhi permintaan keinginan anak muda untuk mengambil foto selfie terbaik.

Bulan lalu tepatnya tanggal 6 November 2018, Xiaomi sudah merilis satu lagi ponsel terbarunya. Ponsel ini merupakan generasi penerus dari Xiaomi Redmi Note 5 yang sudah lebih dulu hadir di pasar ponsel Indonesia. Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini bisa dibilang memiliki beberapa perubahan kalau dibandingkan dengan pendahulunya.

Dilihat dari spesifikasinya, Realme U1 juga membawa semua yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 6 Pro, dan kedua smartphone ini memiliki fitur yang lebih dan kurang identik. Dengan sekumpulan informasi yang tersedia, mari kita lakukan uji perbandingan singkat antara Realme U1 dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Display

Desain smartphone kekinian yang menjadi tren saat ini adalah ponsel dengan layar penuh dan sudah dilengkapi dengan notch. Baik Realme U1 dan Xiaomi Redmi 6 Note Pro tampaknya juga mengikuti tren ini namun terdapat sedikit perbedaan dari segi ukuran notch. Realme U1 sendiri memakai notch dengan desain dewdrop yang lebih kecil daripada desain notch Redmi Note 6 Pro yang masih berukuran lebar. Dengan dewdrop notch, pengguna Realme U1 akan dapat melihat konten visual yang lebih luas dan mendalam saat menjelajahi gambar dan menonton video.

Beralih ke spesifikasi layar, Realme U1 menghadirkan layar beukuran 6.3 inci – lebih besar sedikit daripada Redmi Note 6 Pro yang berukuran 6.26 inci. Resolusi layar Realme U1 yang beresolusi 1080 x 2340 pixel dengan kepadatan piksel 409 ppi dan rasio 19.5:9 juga lebih unggul sedikit dari resolusi layar Redmi Note 6 Pro yang beresolusi 1080 x 2280 pixel dengan kepadatan piksel layar 403 ppi dan rasio 19:9.

Prosesor & Storage

Realme U1 merupakan smartphone pertama di dunia yang ditenagai oleh MediaTek Helio P70 octa-core 2.1GHz. Dengan AI Engine yang disempurnakan dan berjalan di CPU dan GPU, Helio P70 memberikan kinerja yang jauh lebih cepat untuk aplikasi AI dan efisiensi daya yang tinggi, tidak hanya untuk gaming, namun juga untuk pemrosesan gambar. Untuk kapasitas penyimpanan, Realme U1 hadir dengan pilihan RAM 3GB+32GB ROM dan RAM 4GB+64GB ROM, mendukung tambahan microSD hingga 256GB. Xiaomi Redmi Note 6 Pro juga memiliki pilihan kapasitas yang sama dengan Realme U1, namun untuk urusan prosesor Xiaomi Redmi Note 6 Pro memakai Snapdragon 636 Octa Core dengan kecepatan 1.8GHz.

Kami mengetahui bahwa Realme U1 memakai Helio P70, chipset 12nm baru yang diklaim lebih kuat dan performa yang dioptimalkan daripada Helio P60. Helio P70 mampu menghasilkan kecepatan sebesar 13%, meningkatkan kinerja grafis dan meningkatkan kemampuan AI sebesar 30%. Saat di benchmark dengan menggunakan AnTuTu, Realme U1 mampu memberikan skor 145021 dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro hanya mampu meraih skor 115611. Dengan begitu, performa Realme U1 menjadi lebih baik dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Realme U1 vs Redmi Note 6 Pro[foto oleh Smartprix]

Kamera

Baik Realme maupun Xiaomi, kedua smartphone ini sama-sama menjual kemampuan kameranya. Untuk kamera depan, Redmi Note 6 Pro hadir dengan pengaturan kamera ganda yang memiliki sensor kamera utama 20MP dengan aperture f/2.0 dan kamera kedua menggunakan sensor 2MP dengan aperture f/2.2. Sebagai perbandingan, Realme U1 hadir dengan kamera depan lensa tunggal beresolusi 25MP SelfiePro yang menggunakan sensor flagship Sony IMX576.

Di bagian belakang, kedua smartphone ini memiliki konfigurasi dual-camera dimana Redmi Note 6 Pro memiliki sensor kamera utama 12MP dengan aperture f/1.9 dan kamera sekunder yang memiliki sensor 5MP dengan lensa F2.2. Sedangkan Realme U1 dilengkapi dengan sensor kamera utama 13MP dengan aperture f/2.2 dan kamera kedua memiliki sensor 2MP dengan aperture f/2.4.

Desain & Build Quality

Berbicara mengenai desain, Realme U1 mengadopsi gaya desain yang lebih modis dan berani, menggantikan desain polos yang solid dengan efek light pillar yang unik. Dalam pencahayaan yang berbeda, smartphone Realme U1 menampilkan bagian belakangnya yang memiliki tampilan bertekstur unik dari berbagai sudut.

Beralih ke Redmi Note 6 Pro, Xiaomi tampaknya setia mengusung desain konsep round curved pada smartphone-smartphone mereka, termasuk Redmi Note 6 Pro. Yang berbeda dari desain Redmi Note 6 Pro dan Redmi Note 5 Pro adalah garis yang menutupi antena atas di bagian bodi belakang. Garis ini sekarang menyatu dengan bodi logam.

Berbicara build quality, kedua smartphone ini bisa dibilang menawarkan kualitas bodi yang sama kokohnya. Namun untuk urusan estetika, Realme U1 memberikan sentuhan kilauan warna yang terasa lebih elegan bila dibandingkan dengan Redmi Note 6 Pro.

Harga

Menjadi smartphone pertama di dunia yang memakai prosesor MediaTek Helio P70, desain light pillar yang lebih elegan, layar FullScreen yang dilengkapi dengan dewdrop notch serta kamera SelfiePro 25MP bersensor flagship Sony IMX576, Realme U1 bisa didapatkan dengan harga:

  • Rp 2.499.000 untuk konfigurasi memori 3GB+32GB
  • Rp 2.899.000 untuk konfigurasi memori 4GB+64GB

Sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro dibanderol dengah harga yang sedikit lebih mahal:

  • Rp 2.899.000 untuk konfigurasi memori 3GB+32GB
  • Rp 3.299.000 untuk konfigurasi memori 4GB+64GB

* artikel ini adalah hasil kerja sama dengan Realme

Tinggalkan Komentar