ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Redmi Note 7 Pro vs Samsung Galaxy M30 – Mana HP RAM 6GB Terbaik?

Redmi Note 7 Pro vs Samsung Galaxy M30 Header

Gadgetren – Beberapa hari lalu, Redmi Note 7 Pro baru saja diluncurkan di India. Perangkat yang satu ini memiliki spesifikasi hardware yang tinggi dengan harga terjangkau.

Menariknya, kamera belakang dari Redmi Note 7 Pro ini memiliki resolusi yang besar dengan sensor Sony yang mampu menghasilkan foto dengan menarik. Namun ternyata sebagian orang merasa penasaran mengenai perbandingannya dengan Galaxy M30 karena berada di kisaran harga yang mirip.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Redmi Note 7 Pro vs Samsung Galaxy M30

Layar

Redmi Note 7 Pro ini dilengkapi dengan layar 6,3 inci berteknologi IPS LCD dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan Samsung Galaxy M30 dibekali dengan layar 6,4 inci berteknologi Super AMOLED.

Keduanya sama-sama mempunyai desain layar penuh dengan poni waterdrop beraspek rasio 19,5:9 dan beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Namun teknologi layar Galaxy M30 lebih terang dan jernih dibandingkan dengan Redmi Note 7 Pro.

Performa

Redmi Note 7 Pro diotaki chipset Snapdragon 675 Octa-core yang lebih cepat dan bertenaga dibandingkan dengan chipset Exynos 7904 Octa-core yang ada di dalam Samsung Galaxy M30. Kedua smartphone ini sama-sama memiliki varian yang terdiri dari RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Baterai

Samsung Galaxy M30 mempunyai baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang lebih besar dibandingkan dengan Redmi Note 7 Pro yang mencapai 4000 mAh. Dengan kata lain, smartphone buatan Samsung ini memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Kamera

Redmi Note 7 Pro mempunyai 2 kamera belakang 48 MP + 5 MP yang lebih menarik dibandingkan dengan Galaxy M30 yang mempunyai 3 kamera dengan kombinasi 13 MP + 5 MP + 5 MP. Sementara kamera depan Galaxy M30 lebih bagus dibandingkan dengan Redmi Note 7 Pro.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan port USB Type-C, sensor fingerprint di bagian belakang, WiFi, Bluetooth, dan GPS. Apabila Redmi Note 7 Pro memiliki MIUI 10 berbasiskan Android 9.0 Pie, maka Galaxy M30 mempunyai sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan tampilan antarmuka Samsung Experience UI 9.5.

Harga

Redmi Note 7 Pro ini dijual dengan harga yang mencapai Rp 2,78 juta untuk RAM 4 GB + storage internal 64 GB dan Rp 3,38 juta untuk RAM 6 GB + storage internal 128 GB. Sementara Galaxy M30 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 3 juta untuk RAM 4 GB + storage internal 64 GB dan Rp 3,5 juta untuk RAM 6 GB + storage internal 128 GB.

Kesimpulan

Redmi Note 7 Pro memenangkan kompetisi ini apabila dilihat dari performa, kamera belakang, spesifikasi hardware, dan harga. Sementara Galaxy M30 bisa menjadi pilihan jika dilihat dari daya tahan baterai dan teknologi layarnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar