Smartphone

Perbedaan Vivo V15 Pro vs OPPO F11 Pro – Duel Ponsel Dengan Kamera Beresolusi Tinggi

Vivo V15 Pro Vs OPPO F11 Pro - Header

Gadgetren – Setelah cukup lama hilang, tren ponsel dengan kamera beresolusi tinggi tampaknya akan hadir kembali. Beberapa perusahaan bahkan sudah berusaha meluncurkan ponsel yang bakal menjadi andalan.

Dalam hal ini, OPPO dan Vivo termasuk di antaranya. Kedua perusahaan yang beroperasi di bawah naungan BBK Electronics ini sudah mengembangkan ponsel dengan kamera beresolusi tinggi.

Vivo bahkan sudah meluncurkan beberapa waktu lalu, dengan nama Vivo V15 Pro, sementara OPPO baru akan meluncurkannya beberapa waktu mendatang dengan nama OPPO F11 Pro.

Yang cukup menarik, selain resolusi kamera tinggi, kedua perangkat tersebut juga mengusung kamera pop-up, yakni kamera yang bisa disembunyikan, untuk kamera depannya.

Oleh karena itu, tentu saja tidak afdol rasanya jika tidak membandingkan dua perangkat baru dari perusahaan yang bersaudara tersebut.

Layar

Vivo V15 Pro yang hadir lebih dulu juga membawa spesifikasi layar yang lebih menarik ketimbang OPPO F11 Pro. Meskipun sebenarnya OPPO F11 Pro memiliki ukuran yang lebih besar, tetapi teknologi yang digunakan Vivo V15 Pro bisa dibilang lebih unggul.

Vivo V15 Pro hadir dengan teknologi layar Super AMOLED, sementara OPPO F11 Pro masih menggunakan teknologi IPS. Secara teknis, layar Super AMOLED dapat menampilkan warna gelap lebih baik jika dibandingkan dengan layar dengan tipe IPS.

Selain itu, karena saat menghadirkan warna hitam panel layarnya benar-benar mati, layar Super AMOLED lebih hemat daya jika dibandingkan dengan layar bertipe IPS.

Untuk menambah bahan pembanding, Vivo V15 Pro hadir dengan layar berukuran 6,39 inci, sementara OPPO F11 hadir dengan ukuran 6,5 inci. Namun, keduanya sama-sama telah mendukung resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Chipset

Sebenarnya belum ada informasi resmi mengenai chipset apa yang digunakan oleh OPPO dalam perangkat terbarunya. Namun berdasarkan keterangan Gizmochina, perangkat OPPO F11 Pro bakal membawa chipset MediaTek Helio P70.

Vivo V15 Pro Vs OPPO F11 Pro - Performa

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 675 yang diusung oleh Vivo V15 Pro, di atas kertas, chipset MediaTek tersebut mampu memberikan dukungan AI yang lebih canggih, dukungan game yang lebih baik, dan spesifikasi kamera yang lebih menarik.

Namun di sisi lain, Snapdragon 675 menawarkan efisiensi daya yang lebih baik, karena chipset Qualcomm tersebut dibangun dengan pabrikasi 11 nm sementara MediaTek Helio P70 masih menggunakan pabrikasi 12 nm.

Kamera

Vivo V15 Pro dan OPPO F11 Pro sama-sama meningkatkan resolusi kameranya dengan menggunakan teknologi pixel binning, yang menggabungkan beberapa piksel kameranya sehingga dapat menghasilkan resolusi 48 MP.

Dengan teknologi ini, selain dapat menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih besar di kondisi terang, sensor kameranya pun dapat memiliki sensitivitas yang lebih baik di kondisi gelap.

Vivo V15 Pro Vs OPPO F11 Pro - Kamera

Yang menjadi pembedanya, Vivo V15 Pro telah menawarkan kamera dengan tiga lensa utama, 48 MP lensa utama + 8 MP lensa wide + 5 MP lensa kedalaman, sementara OPPO F11 Pro masih menggunakan teknologi kamera ganda, 48 MP + 5 MP lensa kedalaman.

Di sisi kamera depan, meski sama-sama mengusung kamera pop-up, Vivo V15 Pro juga menawarkan kamera dengan resolusi yang lebih besar, 32 MP, sementara OPPO hanya membawa kamera 16 MP.

Fingerprint

Vivo V15 Pro sudah membawa sensor fingerprint optik tertanam di layar. Sementara itu, OPPO F11 Pro masih menggunakan sensor kapasitif yang tertanam di casing belakang perangkatnya.

Vivo V15 Pro Vs OPPO F11 Pro - Fingerprint

Pada beberapa kasus, sensor fingerprint kapasitif lebih unggul, karena dapat membaca pola sidik jari pada kondisi ekstrim yang bisa mengubah bentuknya, seperti saat dingin.

Teknologi Pengisian

Vivo V15 Pro dilengkapi dengan teknologi pengisian daya Dual-Engine Fast Charging, yang bisa mengisi daya 25 persen dalam 15 menit. Namun teknologi ini kalah telak dengan VOOC Flash Charge 3.0 yang dimiliki OPPO F11 Pro.

Berdasarkan klaim dari pihak OPPO, VOOC Flash Charge 3.0 dapat mengisi daya hingga baterai penuh dua puluh menit lebih cepat jika dibandingkan VOOC Flash Charge generasi pertama.

 

Tinggalkan Komentar