Berita Smartphone

Monster! Xiaomi Rilis Mi 9 dengan RAM 12GB dan Kamera Utama 48MP

Xiaomi Mi 9 Header

Gadgetren – Hari ini Xiaomi secara resmi meluncurkan Mi 9 di Tiongkok. Bisa dibilang Mi 9 menjadi smartphone Xiaomi pertama dengan 3 kamera belakang sekaligus.

Bisa dibilang tren penggunaan 3 kamera belakang ini diawali oleh Huawei P30 Pro dan dilanjutkan oleh smartphone dari beragam vendor di dunia. Meskipun mengikuti tren, namun kualitas dari kamera belakang yang dimiliki oleh Mi 9 pun sangat bagus.

Tiga kamera belakang Xiaomi Mi 9 ini mempunyai kombinasi kamera primer 48 MP dengan sensor Sony IMX586 yang menggunakan teknologi Quad Bayer filter + kamera 16 MP berlensa ultra-wide + kamera 12 MP berlensa telephoto dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus dalam berbagai kondisi.

Xiaomi Mi 9 Versi Transparan

Kamera belakangnya dari smartphone ini mampu menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan yang masih dapat diatur tingkat blurnya setelah foto diambil. Sementara kamera belakang 16 MP ultra-wide mampu menghasilkan foto dengan area yang luas hingga 117 derajat.

Sementara kamera belakang 12 MP dengan lensa telephoto mampu menghasilkan foto jarak jauh yang tidak pecah hingga 2x optical zoom. Bisa dibilang 3 kamera belakang ini menjadi fitur andalan dari Mi 9. Bahkan kaca safir melindungi lensa 3 kamera belakangnya agar tidak mudah tergores.

Untuk kamera depannya memiiki resolusi 20 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie menarik dengan wajah yang mulus. Sementara kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang hadir pada kamera depannya memungkinkan pengenalan wajah lebih akurat sehingga memungkinkan smartphone dapat mengenali wajah penggunanya agar dapat membuka kunci dengan fitur Face Unlock.

Mengikuti perkembangan zaman, Xiaomi pun menghadirkan sensor fingerprint di dalam layar yang cukup akurat dan terlihat futuristik. Dengan kombinasi fingerprint dan NFC, penggunanya pun dapat melakukan pembayaran digital menggunakan Google Pay.

Dari sisi desain, Mi 9 ini dibekali dengan layar 6,39 inci yang beresolusi Full HD, berteknologi Super AMOLED, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan. Poni berbentuk waterdrop pun telah hadir di bagian atas layarnya.

Menariknya lagi, kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3 pun telah melindungi layar dan bagian belakangnya. Apalagi kaca anti gores di bagian belakangnya semakin menambah kecantikan dari desain smartphone ini.

Xiaomi Mi 9 telah diotaki oleh Qualcomm Snapdragon 855 Octa-core yang memang menjadi chipset kelas andalan di tahun 2019. Lenovo Z5 Pro GT yang menggunakan chipset ini pun memiliki performa luar biasa dengan skor AnTuTu mencapai 370 ribuan poin.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Xiaomi Mi 9 telah dibekali dengan RAM yang mempunyai pilihan 6 GB atau 8 GB dan storage internal 64 GB atau 128 GB. Bahkan Xiaomi telah menyematkan fitur Game Turbo yang memungkinkan peningkatan CPU dan GPU untuk memberikan pengalaman bermain game yang lancar.

Baterainya sendiri memiliki kapasitas yang standar hanya mencapai 3300mAh saja. Namun fitur fast charging yang hadir pada smartphone ini menggunakan output 20W sehingga memungkinkan pengisian daya yang sangat cepat.

Tak ketinggalan, dukungan WiFi, jaringan 4G-LTE, dua kartu SIM, WiFi, Bluetooth, dan asisten Xiao AI telah hadir di dalamnya. Bahkan Mi 9 juga akan memiliki versi transparan yang menggunakan RAM 12 GB dan storge internal 256 GB.

Sementara pilihan warnanya terdiri dari Lavender Violet, Ocean Blue, atau Piano Black. Untuk harganya sendiri mencapai 2999 Yuan atau sekitar Rp 6,2 juta untuk varian RAM 6 GB + ROM 128 GB, 3299 Yuan atau sekitar Rp 6,8 juta untuk varian RAM 8 GB + ROM 128 GB, dan 3999 Yuan atau sekitar Rp 8,3 juta untuk versi transparan dengan RAM 12 GB + ROM 256 GB.

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar