Tips dan Trik

Cara Mudah Screenshot HP Samsung Galaxy A7 (2018)

Cara Screenshot HP Samsung A7 2018 Header

Gadgetren – Pada bulan Oktober 2018 lalu, Samsung secara resmi memboyong smartphone dengan kamera utama berjumlah tiga (triple camera) pertamanya, yakni Samsung Galaxy A7 (2018), ke Indonesia.

Dengan kamera utama berjumlah tiga buah lensa tersebut, Samsung Galaxy A7 bisa menjadi pilihan bagi mereka penyuka fotografi, karena perangkat ini bisa digunakan untuk mengambil foto dengan baik.

Secara lebih rinci, perangkat pertama Samsung dengan tiga kamera utama ini memiliki kombinasi lensa utama beresolusi 24 MP dengan bukaan rana f/1.7 digabungkan dengan lensa ultra wide angle 8 MP dengan bukaan rana f/2.4 dan lensa depth beresolusi 5 MP dengan bukaan rana f/2.2.

Namun ternyata, selain kemampuan menangkap foto, perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur screenshot seperti kebanyakan perangkat yang diluncurkan akhir-akhir ini, yang berguna untuk menangkap gambar layar.

Tapi sepertinya banyak orang yang cukup kebingungan dalam hal ini. Seperti yang kita tahu, perangkat ini juga telah menggunakan desain full display, yang notabene menghilangkan tombol home fisik dan menggunakan navigasi berbentuk virtual.

Padahal, pada kebanyakan perangkat Samsung yang dirilis sebelumnya, screenshot bisa dilakukan dengan menekan tombol home fisik bersamaan dengan tombol power. Lalu, bagaimana di Samsung Galaxy A7 ini?

Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A7 (2018) dengan Mudah

  1. Buka halaman web, game atau aplikasi yang akan diabadikan
  2. Dari halaman tersebut, kemudian tekan tombol volume down beberapa saat bersamaan dengan tombol power
  3. Lepaskan jika layar sudah berkedip atau terdengar suara khas Shutter
  4. Edit gambar atau buat Scroll Capture (Screenshot panjang) menggunakan menu yang ditampilkan jika dibutuhkan

Selain menggunakan kombinasi tombol fisik, kita juga bisa menggunakan fitur palm swipe untuk mengambil screenshot di HP Samsung Galaxy A7 (2018). Sebagaimana perangkat Samsung lainnya, fitur ini bisa digunakan dengan mengusap layar dengan bagian samping telapak tangan.

Namun sebelum bisa menggunakannya, kita perlu memastikannya terlebih dahulu apakah fitur ini telah diaktifkan apa belum. Caranya, buka Settings, masuk ke menu Motion, dan lihat bagian Hand Motions, apakah Palm Swipe to capture sudah diaktifkan.

Sementara untuk melihat hasilnya, kita bisa membuka aplikasi galeri, kemudian masuk ke dalam album Screenshot. Atau, kita juga bisa mengaksesnya dengan aplikasi foto lain, seperti Google Foto, atau aplikasi file manager.

Tinggalkan Komentar