Gadget Smartphone

5 Kelebihan dan Kekurangan OPPO K1 – Yakin Mau Beli?

Kelebihan dan Kekurangan OPPO K1 Header

Gadgetren – Oppo baru saja meluncurkan OPPO K1 di pasar Tiongkok. Perangkat ini memiliki spesifikasi dan fitur yang tidak bisa dipandang sebelah mata meskipun dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Saat diluncurkan pertama kali, perangkat yang ditujukan untuk kelas menengah ini dibanderol dengan harga USD 231 atau sekitar Rp 3,5 Jutaan untuk varian terendahnya, yakni perangkat dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Dengan harga yang cukup bersaing dengan perangkat di kasta tersebut, tentunya kamu perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini sebelum memilihnya ketimbang perangkat lainnya.

Kelebihan OPPO K1

Chipset Snapdragon 660

Oppo K1 Chipset Snapdragon

Seperti kebanyakan perangkat menengah lain, OPPO K1 sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 660, yang sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan daily driver, dari mulai berkomunikasi hingga bermain game.

Jika dibandingkan dengan beberapa chipset di kelasnya, chipset andalan Qualcomm ini menawarkan kemampuan yang lebih baik, termasuk saat dibandingkan dengan pendahulu-pendahulunya atau chipset dari kubu sebelah.

Secara lebih rinci, chipset Snapdragon 660 telah memuat delapan buah inti Kryo 260 yang bisa dipacu dari 1,95 GHz sampai 2,2 GHz dan GPU Adreno 512 yang menawarkan kemampuan gaming yang bisa dibilang cukup mumpuni.

OLED Plus Gorilla Glass 5

Oppo K1 Corning Gorilla Glass

Terlepas dari desainnya yang itu-itu aja, bahkan cenderung mirip dengan perangkat di segmen bawahnya, OPPO telah menggunakan layar yang cukup bagus jika ditinjau dari beberapa sisi, termasuk resolusi, jenis, dan perlindungannya.

Perangkat dengan layar berukuran 6,4 inci Full HD+ (2340 x 1080 piksel) ini telah dibekali dengan jenis layar OLED,  yang notabene menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik jika dibandingkan dengan IPS.

Selain itu, perangkat satu ini juga telah dilengkapi dengan proteksi layar dari Corning, yaitu Gorilla Glass 5, yang mampu memberikan perlindungan lebih bagi layar perangkat OPPO K1, terutama saat perangkat ini tidak sengaja terjatuh.

Bluetooth 5

Untuk konektivitasnya, OPPO K1 juga telah dilengkapi dengan Bluetooth 5. Bluetooth versi terbaru ini bisa bekerja lebih cepat dari versi sebelumnya, Bluetooth 4.2. Dalam catatannya, Bluetooth 5 bahkan bisa bekerja hingga dua kali lebih cepat.

Fingerprint in Display

OPPO K1 In Display Fingerprint

Salah satu nilai jual yang ditawarkan oleh OPPO pada perangkat OPPO K1 ini terletak pada sensor pemindai sidik jarinya. Perangkat terbaru OPPO ini sudah menggunakan teknologi sensor sidik jari berbasis optik yang ditanam di dalam layarnya.

Kekurangan OPPO K1

Micro-USB

Jika beberapa perangkat di kelas tersebut telah dibubuhi oleh USB Type-C, seperti Redmi Note 7 yang dijual dengan harga yang lebih murah, OPPO K1 masih mempertahankan soket yang lebih lawas, Micro-USB.

Tentu saja, soket USB tersebut memiliki beberapa kekurangan dari pada USB Type-C, dari mulai kecepatan transfer datanya hingga kemampuannya dalam menghantarkan listrik.

Tinggalkan Komentar