Gadget Smartphone

Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M20: Si Kembar yang Beda Kasta

Samsung Galaxy M10 vs Samsung Galaxy M20 Header

Gadgetren – Tidak ingin pasar menengah ke bawahnya dikuasai Xiaomi, Samsung Electronics beberapa hari lalu meluncurkan dua perangkat smartphone baru bernama Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M20.

Kedua perangkat ini benar-benar membawa tampilan yang cukup segar dibandingkan dengan smartphone Samsung yang diluncurkan sebelum-sebelumnya. Untuk pertama kalinya, Samsung menggunakan desain layar Infinity V, yang juga baru diumumkan beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan desain yang sebelumnya memperluas layar dengan memperkecil bezel atau membuat layarnya melengkung, Infinity V ini mirip seperti desain Waterdrop Display atau Dew Drop Display. Yang mana dalam hal ini, Samsung memangkas bezels bagian atas dan menyisakan sedikit untuk kamera yang dibalut seperti huruf V.

Meskipun sama-sama menyasar kelas menengah dan memiliki desain yang sangat baru ini, kakak beradik ini dikembangkan dengan spesifikasi, fitur dan dukungan yang cukup berbeda satu dengan yang lainnya.

Desain Mirip, Beda Ukuran

Samsung M10 VS M20 Display

Meskipun membawa desain yang cukup mirip, ponsel kembar ini memiliki ukuran yang sedikit berbeda. Samsung Galaxy M10 memiliki ukuran layar 6,22 inci sementara Samsung Galaxy M20 memiliki ukuran layar 6,3 inci.

Tidak hanya itu, Samsung Galaxy M20 sebagai ponsel dengan seri yang lebih tinggi juga dilengkapi dengan resolusi FHD+ (2340 x 1080 piksel) sedangkan Samsung Galaxy M10 hanya dilengkapi resolusi HD+ (1520 x 720 piksel)

Dan terlepas dari ukuran dan resolusinya, si kembar ini menawarkan jenis layar yang cukup berbeda dengan smartphone Samsung biasanya, di mana si kembar ini hanya dilengkapi layar IPS bukannya layar Super AMOLED.

Sama-sama Exynos Tapi Beda Seri

Samsung M10 VS M20 Performa

Samsung Galaxy M20 mempercayakan kemampuannya pada chipset Exynos 7904 dan Samsung Galaxy M10 mempercayakannya pada chipset Exynos 7870. Kedua chipset ini sama-sama buatan Samsung, tetapi memiliki spesifikasi yang hampir sedikit berbeda.

Chipset Exynos 7904 menawarkan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan dengan chipset Exynos 7870. Chipset baru Samsung ini bisa dipacu hingga 1,8 GHz saat chipset Exynos 7870 hanya bisa dipacu hingga 1,6 GHz.

Hal ini dikarenakan, Exynos 7904 dilengkapi dengan kombinasi dua inti ARM Cortex-A73 (1,8 GHz) untuk pemrosesan tinggi dan enam ARM Cortex-A53 (1,6 GHz) untuk pemrosesan biasa, sementara Exynos 7870 hanya dilengkapi dengan delapan inti ARM Cortex-A53 saja.

Dengan hal ini, Exynos 7904 diklaim bisa bekerja secara lebih maksimal, bahkan inti tunggalnya bisa bekerja hingga 80 persen lebih baik dari para pendahulunya, sehingga bisa membuat aktivitas gaming lebih cepat dan multitasking lebih ringan.

Sang Kakak Lebih Banyak Bisanya

Samsung M10 VS M20 Feature

Selain memiliki ukuran layar yang lebih besar, Samsung Galaxy M20 ternyata juga dilengkapi dengan fitur dan dukungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan adiknya, Samsung Galaxy M10. Sang kakak dilengkapi dengan kamera depan yang lebih tajam, baterai yang lebih besar, dan dukungan sensor fingerprint.

Dalam spesifikasi teknisnya, Samsung Galaxy M20 memiliki kamera utama yang sama dengan saudaranya. Hanya saja untuk kamera depannya, perangkat ini menawarkan resolusi yang lebih tinggi. Samsung Galaxy M20 memiliki kamera depan 8 MP sementara adiknya hanya 5 MP.

Samsung Galaxy M20 juga menawarkan kapasitas baterai yang sangat mumpuni. Jika Samsung Galaxy M10 hanya dilengkapi dengan baterai 3.430 mAh, perangkat dengan seri yang lebih tinggi ini memiliki baterai sebesar 5.000 mAh.

Dan selain itu, perangkat Samsung Galaxy M20 telah dilengkapi dengan dukungan sensor fingerprint, sementara Samsung Galaxy M10 tidak. Namun sebagai gantinya, keduanya sama-sama dilengkapi dengan fitur face unlock.

Tinggalkan Komentar