ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi

Kwikku – Jejaring Sosial Asal Indonesia Untuk Anak Muda

Kwikku Header Fix

Kwikku merupakan salah satu jejaring sosial asal Indonesia yang dikembangkan oleh 11 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Kwikku sendiiri hadir karena ingin menandingi jejaring sosial asing yang sudah banyak hadir di Indonesia.

Sekilas, Kwikku ini didesain oleh pengembangnya sebagai jejaring sosial untuk anak muda Indonesia dalam bersilaturahmi dan mencurahkan isi kepalanya. Selain berbentuk website, Kwikku juga telah hadir dalam bentuk aplikasi untuk smartphone Android yang dapat diunduh langsung dari Google Play Store.

Apabila Gadgeter telah menginstal aplikasi ini maka diwajibkan untuk memasukkan usernma dan password untuk login. Namun jika belum memilikinya maka dapat langsung mendaftarkan diri pada menu Daftar dengan memasukkan biodata beserta email aktif yang dimiliki.

Kwikku 1

Selanjutnya, pada saat Gadgeter berhasil login pada aplikasi Kwikku maka akan dihadapatkan pada tampilan antarmuka tampilan antarmuka yang hampir mirip dengan Instagram yang digabungkan dengan Facebook pada kolom statusnya.

Terdapat 5 menu utama di bagian bawah aplikasi yang terdiri dari Beranda, Cari, Notif, Pesan, dan Lainnya. Menur Beranda ini merupakan halaman utama dari aplikasi Kwikku yang memungkinkan penggunanya dapat mengunggah status, foto, maupun video dan juga dapat melihat status pengguna lainya maupun berita yang beredar.

Masih di halaman Beranda, terdapat foto-foto profil pengguna lain yang populer di bagian atas aplikasi yang terlihat seperti Instagram Story. Namun apabila dipilih maka akan dilemparkan ke halaman profil dari pengguna lain tersebut.

Untuk bisa membuat status, pengguna aplikasi ini dapat menekan tombol berlambang + di dalam lingkaran biru. Selanjutnya, pengguna Kwikku dapat langsung menuliskan status ditambah dengan tautan artikel emoticon, foto, maupun video.

Selanjutnya, status tersebut dapat dinaikkan ke posisi teratas timeline apabila banyak pengguna yang melakukan vote dengan tanda panah ke atas. Sementara vote dengan tanda panah ke bawah akan menurunkan posisi status di timeline.

Selain itu, status ini dapat dikomentari oleh pengguna lainnya dan dibagikan ke jejaring sosial lainnya. Bahkan layaknya sebuah Re-tweet, dalam jejaring sosial ini pun terdapat fitur Re-Kwik yang dapat dipilih pengguna lain apabila ingin menggunakan status dari kita.

Kwikku 3

Beralih ke menu Cari, penggunanya bisa menemukan pengguna populer lainnya dan berita yang sedang masuk headline dari Kwikku. Sementara menu Notif, berisikan notifikasi terbaru, terlama, dari pengikut, maupun pengguna lain yang melihat.

Sementara menu Pesan, memungkinkan penggunanya dapat menulis pesan DM (Direct Message) kepada pengguna lainnya layaknya Instagram maupun Twitter. Untuk menuliskan maka penggunanya cukup menuliskan nama akun pengguna lain lengkap dengan isi pesan pada menu Pesan.

Masih dalam halaman menu Pesan, terdapat tab Percakapan yang berisikan percakapan dengan pengguna lainnya dan Online yang menampilkan pengguna lainnya yang sedang aktif di jejaring sosial Kwikku.

Terakhir, pada menu Lainnya terdapat sub-menu menarik yang terdiri dari Popularitas, Discover, Market, Komunitas, Jomblo, Dompet, Token, dan QR Code Scanner. Discover sendiri berisikan berita dan meme terbaru yang disajikan untuk penggunanya.

Kwikku 4

Selanjutnya, sub-menu Jomblo memungkinkan penggunanya dapat berkenalan dengan pengguna lain yang sedang jomblo dan mengaktifkan fitur ini. Selain itu, bisa juga menanyakan pada pakar mengenai agar tidak jomblo lagi.

Sementara, Token merupakan sistem mata uang yang diberlakukan di Kwikku. Pengguna dapat menggunakan Token untuk membeli apapun yang terdapat di Kwikku, mulai dari melihat semua profil pengguna lain, yang mengunjungi pengguna, Boost Akun!, melihat semua profil yang mengunjungi profil si pengguna, membeli emoticon, dan masih banyak lagi. Nantinya pengguna Kwikku dapat melihat jumlah Token yang dimiliki pada sub-menu Dompet.

Meskipun aplikasi Kwikku ini sudah memiliki banyak fitur, namun interaksi antar penggunanya masih kurang. Selain itu, pengembangnya perlu menambahkan fitur lain yang lebih menarik agar aplikasi Kwikku tidak terasa kaku ketika oleh digunakan pengguna lainnya.

Menurut saya, interaksi antara pengguna baru dengan pengguna lain dan pengguna yang telah populer masih dirasa agak sulit dan mengalami kesenjangan sehingga tidak bisa berkomunikasi lancar seperti menggunakan Twitter, Instagram, maupun Facebook. Untuk itu, semoga pengembangnya melakukan inovasi yang lebih menarik pada aplikasi Kwikku ini agar bisa memikat pengguna baru lainnya.

Namun Kwikku sendiri telah mendapatkan penghargaan sebagai Best of The Best Android Application di ajang Cakrawala Awards yang diadakan oleh (JITC) Jatim IT Creative dan Disperindag Jatim. Bagi Gadgeter yang penasaran ingin mencoba aplikasi jejaring sosial ini maka dapat langsung mengunduhnya di Google Play Store.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar