ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menutup Akun Facebook di Laptop dan Handphone dengan Mudah

Cara Menutup Akun Facebook Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Kini Facebook masih menjadi salah satu media sosial populer di dunia dengan jumlah pengguna aktif hari lebih dari 1,85 miliar orang.

Banyaknya jumlah pengguna ini berkat fitur-fitur Facebook yang bisa dibilang lengkap mulai dari update status, chatting, video call, telepon, mention, dan masih banyak lagi.

Sebagai jejaring sosial besar di dunia, Facebook sudah menghadirkan beragam fitur menarik yang membuatnya diminati oleh banyak orang di dunia. Tampilan antarmuka yang dihadirkan oleh Facebook pun terasa sederhana sehingga mudah digunakan oleh pengguna baru sekalipun.

Selain memungkinkan penggunanya membagikan momen berharga di lini masa, Facebook juga mampu membuat orang berkomunikasi jarak jauh dengan mudah melalui fitur Chatting, Video Call, maupun Call yang telah dihadirkan di dalamnya.

Sebagai salah satu metode pencegahan dari tindakan kejahatan, Facebook juga menyediakan fitur penghapusan akun yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Kamu pun bisa langsung menghapus Facebook melalui PC, laptop, handphone, maupun perangkat mobile dengan cara yang mudah.

Cara Menutup Akun Facebook Kamu

Melalui laptop

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Opera, dan lainnya) dan menuju situs Facebook
  2. Login akun Facebook
  3. Setelah berhasil masuk, maka pilih menu Account yang berlambang tanda panah ke bawah pada bagian kanan atas halaman utama Facebook
  4. Kemudian, tekan tombol Settings & Privacy dan pilih menu Settings
    Facebook Delete Account Website 2
  5. Pilih menu Your Facebook Information dan tekan tombol View pada menu Deactivation and Deletion
    Facebook Delete Account Website 3
  6. Pilih Delete Account (This is Permanent) dan tekan tombol Continue to Account Deletion
  7. Tekan tombol Delete Account dan masukkan password
    Facebook Delete Account Website 4
  8. Terakhir, tekan tombol Continue dan secara otomatis akun akan dihapus oleh Facebook

Bisa dibilang cara untuk menghapus akun di Facebook lewat halaman web sangat mudah untuk dilakukan oleh pengguna baru sekalipun. Namun apabila kamu mengakses Facebook melalui aplikasi mobile, maka dapat melihat langkah-langkahnya sebagai berikut ini.

Melalui Aplikasi

  1. Buka aplikasi Facebook di handphone
  2. Login ke akun Facebook
  3. Pada halaman utama, pilih tombol Account yang berlambang tiga garis di bagian kanan atas
  4. Selanjutnya, pilih menu Settings & Privacy
  5. Masuk ke menu Settings
  6. Pilih menu Account Ownership and Control
    Facebook Delete Account Smartphone 1
  7. Pilih menu Deactivation and Deletion
  8. Pilih Delete Account dan tekan tombol Continue to Account Deletion
  9. Selanjutnya, masukkan password dan tekan tombol Continue
    Facebook Delete Account Smartphone 2
  10. Kemudian, akun secara otomatis akan dihapus Facebook

Sebagai catatan, sebenarnya akun kamu akan ditangguhkan selama 30 hari setelah penghapusan untuk memberikan kesempatan apabila kamu berubah pikiran dan ingin mengembalikan akun tersebut. Namun akun kamu tidak dapat dicari di timeline Facebook apabila sudah menekan perintah hapus akun.

Setelah perintah penghapusan akun aktif, maka kamu masih dapat berkesempatan untuk membatalkannya dengan cara login kembali ke Facebook dengan menggunakan akun dan password yang sama.

Setelah berhasil masuk ke Facebook, maka kamu cukup menekan tombol Cancel Deletion apabila ingin mengembalikan akun. Namun apabila tidak, maka akun secara resmi akan terhapus selamanya setelah melewati 30 hari dari sejak perintah penghapusan diaktifkan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar