Tips dan Trik

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Agar Penyimpanan Lebih Lega

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Gadgetren – Jika kamu sering mengeluh memori Xiaomi sesak akibat besarnya kategori file lainnya, maka kamu tidak sendirian karena banyak pengguna yang mengeluhkan serupa, terutama yang memiliki keterbatasan memori internal.

Kamu pun pasti punya pertanyaan, mengapa file lainnya begitu besar dan memakan tempat penyimpanan padahal kamu merasa tidak install banyak aplikasi. Nah di seluruh handphone dipastikan punya berbagai file serupa, hanya saja pada handphone Xiaomi dilabeli sebagai file lainnya.

Agar kamu bisa memahami dengan seksama tentang file lainnya dan bagaimana cara menghapusnya, berikut ini informasinya.

Penjelasan Tentang File Lainnya

File lainnya di Xiaomi adalah sebuah berkas yang tidak termasuk ke dalam kategori umum (Video, Gambar, Dokumen, dan lainnya) yang digunakan oleh Xiaomi dikarenakan memiliki format yang tidak biasa.

File lainnya pun memiliki jenis berkas yang bermacam-macam mulai dari OBB untuk game, file sampah, hingga file unduhan yang belum dipindahkan atau dihapus. Oleh karena itu, file lainnya bisa berisi data penting maupun tidak digunakan.

File aplikasi dalam bentuk OBB termasuk file yang penting, namun masuk ke dalam kategori file lainnya karena bukan berupa file yang bisa dibuka oleh penggunanya begitu saja seperti dokumen atau video. Jadi berbeda dengan file sampah yang biasanya muncul ketika aplikasi kerap digunakan.

Oleh karena itu bagi kamu yang memang ingin menghapus data tersebut untuk melegakan kembali ruang penyimpanan, maka ada baiknya kamu melihat satu per satu apa saja yang ada di dalamnya ketimbang langsung menghapus secara keseluruhan.

Hal ini untuk menghindari data aplikasi terhapus yang akhirnya mengakibatkan kamu harus mengunduh lagi sebelum bisa digunakan, misalnya saja pada aplikasi game. Nah untuk itu ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan, sesuai dengan jenis file disarankan untuk dihapus.

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Menggunakan Deep Clean dari MIUI Security

  1. Jalankan aplikasi MIUI Security yang sudah terpasang secara bawaan
  2. Tekan Deep Clean dari jajaran menu yang ada
  3. Tunggu hingga proses pencarian selesai
  4. Kamu akan diperlihatkan kumpulan file yang memakan banyak penyimpanan
  5. Tekan Clean Now
  6. Pilih file mana saja yang ingin dihapus
  7. Tekan Delete selected file untuk memulai proses

MIUI Security Deep Clean[sumber: mi.com]

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, file yang ditampilkan akan bermacam-macam baik itu yang penting maupun tidak. Maka dari itu, pastikan file yang kamu hapus tidak dibutuhkan oleh aplikasi yang sering digunakan dengan cara melihat nama file tersebut maupun lokasi penyimpanannya.

Pastinya bagi kamu yang sudah install banyak game, maka file unduhan dari game tersebut juga akan muncul di halaman tersebut. Sama halnya juga dengan file yang telah kamu unduh dari internet yang masuk ke dalam folder Download. Maka dari itu selalu pastikan file yang dihapus tidak bersifat penting dan sudah kamu cadangkan.

Hapus Berkas File Ganda

  1. Download aplikasi FX File Explorer dari Google Play Store
  2. Jalankan aplikasi setelah terpasang
  3. Masuk ke menu Cleaning Tools
  4. Pilih menu Remove Duplicates
  5. Tekan file untuk melihat informasi lanjut
  6. Pilih file mana saja yang ingin dihapus
  7. Tekan ikon berwarna tong sampah
  8. File ganda akan langsung dihapus secara otomatis

FX Files Remove Duplicate

Sebelum menghapus seluruh file, kamu juga bisa melihat file mana yang memiliki duplikat secara langsung di halaman tersebut untuk memastikannya jika merasa ragu. Metode ini cocok sekali digunakan jika kamu sering melakukan kegiatan pemindahan data karena bisa saja ada yang lupa terhapus atau lainnya.

Copot Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika kamu memang menemukan aplikasi yang jarang atau bahkan tidak dipakai sama sekali, maka ada baiknya untuk menghapus aplikasi tersebut. Selain dapat menghemat ruang penyimpanan, kamu juga bisa mengirit kuota data karena tidak perlu update secara berkala.

Cara paling mudah untuk mengetahui aplikasi yang tidak digunakan mana saja yang menghabiskan penyimpanan internal paling besar, maka kamu bisa mengunjungi menu Settings >  Storage > Apps & app data. Nantinya kamu dapat melihat rincian besaran penyimpanan dari setiap aplikasi.

Tentunya tidak semua aplikasi, khususnya aplikasi sistem, bisa dihapus begitu saja. Untuk itu kamu membutuhkan metode yang lebih rumit lagi dan cukup tidak disarankan untuk pengguna awam karena bisa memunculkan berbagai kendala.

Tinggalkan Komentar