Gadget Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Realme U1: Pesaing Berat ASUS Zenfone Max Pro M2, Tapi Apa Lebih Unggul?

Kelebihan dan Kekurangan Realme U1 Indonesia

Gadgetren – Seolah tak mau kehilangan momentum kesuksesan Realme 2 Pro, perusahaan pengembangnya, Realme, membawa kembali sebuah ponsel baru ke pasar Indonesia dengan mengusung nama Realme U1.

Perangkat baru ini telah diluncurkan sejak tanggal 10 Desember 2018 lalu, namun baru tersedia pada tanggal 20 Desember 2018 ini dengan harga Rp 2.699.000 untuk varian RAM 3 GB dan Rp Rp 2.999.000 untuk varian  RAM 4 GB.

Sebagaimana perangkat lain yang masuk ke pasar Indonesia, perangkat terbaru dari Realme ini tentu saja membawa beberapa kelebihan di samping kelemahan-kelemahannya. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

Kelebihan

Performa Bertenaga Berkat MediaTek Helio P70

Kelebihan dan Kekurangan Realme U1 - Chipset

Realme U1 merupakan perangkat pertama yang menggunakan chipset terbaru buatan MediaTek, yakni Helio P70. Yang cukup menarik, chipset ini membawa peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan chipset pendahulunya.

Dalam uji laboratorium, chipset terbaru MediaTek ini mampu mengungguli chipset MediaTek Helio P60 dengan 30% kinerja AI yang lebih cepat dan 13% kinerja grafis yang lebih mumpuni.

Dan berdasarkan uji benchmark, dengan menggunakan chipset MediaTek Helio P70 ini, perangkat Realme U1 mampu mencapai angka yang fantastis, di mana mampu mencapai angka lebih dari 145.000.

Sebagai tambahan informasi, biasanya perangkat dengan chipset Snapdragon 660 memiliki benchmark di rentang 130 ribu hingga 138 ribu dan perangkat dengan Kirin 710 hanya di rentang 139 ribu – 143 ribu.

Layar Luas Didukung Corning Gorilla Glass

Kelebihan dan Kekurangan Realme U1 Desain

Seperti pendahulunya, Realme 2 Pro, smartphone ini juga mengusung layar Dewdrop, yakni layar yang menggunakan poni berukuran kecil, yang dapat memperluas ukuran layarnya.

Dalam catatannya, perangkat ini memiliki layar 6,3 inci yang mampu mencapai screen to body ratio hingga 90,8 persen. Untuk resolusinya sendiri telah menggunakan resolusi Full HD+  (2.340 x 1.080 piksel).

Dan biar lebih aman, Realme pun telah membekali perangkat ini dengan pelindung layar dari Corning, yakni Gorilla Glass 3. Meski bukan yang terbaru, Gorilla Glass 3 pun sudah cukup mumpuni untuk memberikan perlindungan terhadap layar.

Kamera Depan Juara

Meskipun tidak mengusung kamera ganda di kamera depannya, bukan berarti Realme U1 bisa dipandang sebelah mata. Hal ini dikarenakan, selain telah menggunakan resolusi 25MP, Realme telah menggunakan sensor kamera Sony IMX576.

Berkat kombinasi tersebut, perangkat Realme U1 mampu memberikan hasil foto selfie terbaik di berbagai macam kondisi, baik dalam kondisi cahaya berlimpah maupun dalam kondisi cahaya minimal.

Kekurangan

Masih MicroUSB Seperti Kebanyakan Ponsel Menengah

Seperti kebanyakan perangkat menengah lainnya, Realme masih mengandalkan port MicroUSB yang bisa dibilang cukup kalah jika dibandingkan dengan USB Type-C. Padahal, USB Type-C tentu saja menawarkan kualitas pengisian daya, transfer data, hingga kompatibilitas yang lebih baik daripada tipe MicroUSB.

Tinggalkan Komentar