ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Smartphone

Monster! Huawei Mate 20 Pro dengan RAM 6 GB dan 3 Kamera Leica Resmi Hadir di Indonesia

Huawei Mate 20 Pro Header

Hari ini Huawei secara resmi meluncurkan Mate 20 Pro dan Mate 20 di Indonesia. Di antara keduanya, Mate 20 Pro merupakan smartphone yang paling menarik karena memiliki beragam fitur menarik diimbangi dengan spesifikasi hardware yang tinggi.

Dapur pacu smartphone ini dipercayakan ada Kirin 980 Octa-core yang bertenaga berkat teknologi proses 7nm. Chipset ini pun didampingi GPU Mali-G76 MP10 dan dual NPU (Neutral network Processing Unit).

Dengan hadirnya dual NPU ini memungkinkan Huawei Mate 20 Pro mampu mengendalikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dengan lebih bagus dibandingkan generasi sebelumnya.

Huawei Mate 20 Header fix

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Huawei juga telah menyematkan RAM 6 GB dan storage internal 128 GB. Dengan kombinasi hardware ini membuatnya mampu melahap game atau aplikasi berat sekalipun.

Berbeda dengan Huawei generasi sebelumnya, smartphone ini memiliki slot untuk menyematkan penyimpanan tambahan Nano Memory hingga kapasitas 256 GB. Bentuk dari Nano Memory sendiri mirip nano-SIM sehingga tempatnya berada di slot SIM 2.

Dengan kata lain, Huawei Mate 20 Pro memiliki slot Hybrid yang hanya mengizinkan kombinasi dua kartu SIM tanpa Nano Memory atau satu kartu SIM dan satu kartu Nanto Memory. Sayangnya jenis penyimpanan tambahan Nano Memory ini masih jarang di dunia.

Huawei Mate 20 Pro ini mempunyai layar 6,39 inci dengan resolusi Quad HD+ (3120 x 1440 piksel), dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass, berteknologi AMOLED, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni seperti iPhone X maupun Huawei P20 Pro.

Soal urusan fotografi, Huawei Mate 20 Pro hadir dengan 3 kamera belakang yang mempunyai kombinasi 40 MP bersensor wide-angle apertur f/1.8 + 20 MP bersensor ultra-wide apertur f/2.2 + 8 MP bersensor telephoto f/2.4, OIS (Optical Image Stabilization), HDR, dan LED Flash sehingga mampu menghasilkan foto dengan bagus.

Huawei pun masih bekerja sama dengan Leica untuk menghadirkan 3 kamera belakangnya. Selain mampu menghasilkan foto yang luas, kamera 20 MP bersensor ultra-wide ini memiliki kemampuan untuk mengabadikan obyek Super Macro dengan jarak super dekat 2,5 cm.

Dengan fitur Wide Aperture yang hadir pada smartphone ini memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan. Bahkan tingkat blur (apertur) bisa diatur sebelum maupun sesudah mengambil foto.

Menariknya kamera belakang dari Huawei Mate 20 Pro pun mampu menghasilkan foto jarak jauh dengan hasil yang tidak pecah hingga 3x Optical Zoom dan 5x Hybrid Zoom. Hal ini sangat berguna ketika penggunanya berada cukup jauh dengan obyek atau subyek yang akan dipotret.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 24 MP yang dapat menghasilkan foto selfie dengan baik. Bahkan terdapat mode Portrait untuk membuat tampilan background menjadi lebih menarik. Sertifikat IP68 pun telah hadir pada smartphone ini yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap air hingga kedalaman 2 meter dengan waktu maksimal yang mencapai 30 menit.

Baterai berkapasitas 4200 mAh yang hadir pada smartphone ini diklaim pihak Huawei mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal. Fitur 40W SuperCharge yang hadir pada smartphone ini memungkinkan daya baterai dapat terisi dari 0 ke 70% hanya dalam waktu 30 menit.

Huawei pun mencoba menghadirkan fitur Wireless Charging yang memungkinkan Mate 20 Pro mampu menjadi Powerbank wireless atau tanpa kabel hanya dengan menempelkan bagian belakangnya ke smartphone lain yang telah mendukung teknologi wireless charge, seperti Samsung Galaxy Note 9, iPhone XS, iPhone X, dan masih banyak lagi.

Sensor fingerprint dalam layar yang hadir pada Huawei Mate 20 Pro pun bisa dibilang responsif sehingga cepat dalam mendeteksi sidik jari. Bahkan fitur Face Unlock pada smartphone ini pun mampu mendeteksi wajah dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, VoLTE, WiFi, NFC, sensor Inframerah, Bluetooth, dan EMUI 9.0 berbasiskan Android 9.0 Pie. Untuk harga resminya di Indonesia mencapai Rp 11.999.000. Bahkan Huawei akan memberikan penawaran spesial dengan nilai maksimal Rp 4.200.00 selama periode pre-order dari tanggal 19 – 28 Desember 2018.

Pembeli Huawei Mate 20 Pro akan mendapatkan tiga bonus menarik, mulai dari Huawei Band 3 Pro, wireless charger, dan flip cover Mate 20 Pro. Menurut Gadgeter, apakah paket yang ditawarkan oleh Huawei ini menarik?

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar