ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Smartphone

Lebih Murah! Huawei Mate 20 dengan Baterai 4000 mAh dan RAM 6GB Resmi Hadir di Indonesia

Selain meluncurkan Mate 20 Pro, Huawei juga ikut menghadirkan Mate 20 di Indonesia. Bisa dibilang harga smartphone yang satu ini lebih ekonomis dibandingkan dengan Mate 20 Pro karena terdapat beberapa perbedaan.

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ (2244 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dlindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass, dan beraspek rasio 18,7 : 9 yang memenuhi bagian depannya lengkap dengan poni atau notch berbentuk waterdrop mirip Vivo V11 Pro maupun OPPO F9.

Huawei Mate 20 sendiri sudah menggunakan chipset Kirin 980 Octa-core yang bertenaga dengan teknologi proses 7nm. Bahkan dalam chipset tersebut telah disematkan dual NPU (Neural network Processing Unit) yang dapat mengendalikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) lebih bagus dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Huawei Mate 20 Header

RAM 6 GB dan storage internal 128 GB pun hadir pada smartphone ini untuk mengimbangi kemampuan dari chipset Kirin 980 buatan Huawei. Hampir mirip dengan Mate 20 Pro, smartphone ini pun memiliki slot untuk penyimpanan tambanan Nano Memory.

Bisa dibilang Nano Memory ini merupakan salah satu media penyimpanan terbaru yang hadir di dunia dengan bentuk menyerupai Nano SIM. Dengan kata lain, Mate 20 ini memiliki slot berjenis Hybrid yang memberikan pilihan kepada penggunanya untuk menggunakan dua kartu SIM tanpa Nano Memory atau satu kartu SIM dan Satu kartu Nano Memory sekaligus.

Sayangnya Nano Memory sendiri masih jarang ditemukan di dunia sehingga kemungkinan besar Huawei akan menjualnya terlebih dahulu di pasaran atau mengajak vendor-vendor rekanannya untuk menciptakan media penyimpanan berjenis ini.

Meskipun konfigurasi 3 kamera belakang dari Mate 20 ini di bawah Mate 20 Pro, namun berkat kerja sama antara Huawei dan Leica membuat kualitas foto yang dihasilkan dengan menggunakan 3 kamera belakang Mate 20 ini tetap bagus.

Untuk 3 kamera belakang yang hadir pada smartphone ini memiliki kombinasi 12 MP bersensor wide-angle apertur f/1.8 + 16 MP bersensor ultra-wide apertur f/2.2 + 8 MP bersensor telephoto apertur f/2.4, dan LED Flash sehingga mampu menghasilkan foto dengan menarik.

Kamera 16 MP bersensor ultra-wide yang hadir pada Mate 20 ini mampu menghasilkan foto dengan area yang sangat luas. Bahkan kamera ini pun mampu digunakan untuk fitur Super Macro dengan jarak foto antara smartphone dan obyek hanya 2,5 cm saja.

Selanjutnya, kamera belakang yang hadir pada smartphone ini pun mampu mengambil foto bokeh (background blur) berkat fitur Wide-Aperture yang mengizinkan penggunanya dalam mengatur tingkat blur setelah maupun sebelum mengambil foto.

Tak hanya itu, bahkan kamera belakangnya pun memiliki fitur menangkap obyek jarak jauh berkat fitur 3x Optical Zoom dan 5x Hybrid Zoom sehingga hasilnya masih tetap jelas dan tajam, meskipun obyek berada dalam posisi yang jauh.

Selanjutnya, kamera depan dari Mate 20 Pro ini mempunyai resolusi yang mencapai 24 MP sehingga dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus. Sertifikat IP53 pun telah hadir pada smartphone ini yang membuktikan bahwa telah terhadap cipratan air dan debu.

Berbeda dengan Mate 20 Pro, pada smartphone yang satu ini hanya dibekali dengan sensor fingerprint pada bagian belakangnya. Namun apabila penggunanya bosan menggunakan sensor fingerprint maka dapat mencoba menggunakan Face Unlock untuk membuka kunci.

Baterai yang disematkan pada smartphone ini mencapai 4000 mAh yang diklaim oleh pihak Huawei mampu bertahan 1 hari dalam pemakaian normal. Bahkan fitur SuperCharge yang hadir pada Mate 20 mampu mengisi daya baterai dari 0 hingga 58% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, NFC, VoLTE, dan EMUI 9.0 berbasiskan Android 9.0 Pie telah hadir dalam smartphone ini. Huawei Mate 20 ini dibanderol di Indonesia dengan harga resmi yang mencapai Rp 8.999.000.

Huawei sendiri memberikan penawaran spesial dengan nilai maksimal Rp 4.200.000 selama pre-order pada tanggal 19 hingga 28 Desember 2018 di Erafone serta Lazada.

Pembelinya akan mendapatkan 3 bonus menarik selama periode tersebut berlangsung, mulai dari Huawei Band 3 Pro, powerbank Huawei, dan flip cover Mate 20.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar