ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Terungkap! Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro Siap Bawa 3 Kamera Utama + Baterai 4200 mAh

 

Huawei Porsche Design Mate RS Header

Setelah meluncurkan smartphone flagship P20 Pro di Indonesia, kini Huawei sedang bersiap dalam mengembangkan smartphone kelas atas yang ditujukan untuk performa, yakni Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro.

Baru-baru ini bocoran mengenai Mate 20 dan Mate 20 Pro sendiri telah hadir pada situs forum XDA Developers. Dikabarkan kedua smartphoen ini akan menggunakan chipset tersebaru buatan Huawei yang bernama Kirin 980 dengan GPU Mali yang lebih bagus dibandingkan generasi sebelumnya.

Berdasarkan laporan yang beredar mengatakan bahwa Huawei Mate 20 memiliki codenam Hima dengan varian nomor model yang terdiri dari HMA-AL00 dan HMA-TL00. Sementara Mate 20 Pro mempunyai codename Laya.

Menurut rumor yang beredar mengatakan bahwa Mate 20 dan Mate 20 Pro akan memiliki sistem 3 kamera belakang mirip dengan Huawei P20 Pro. Nantinya Mate 20 akan dilengkapi dengan 3 kamera belakang yang mempunyai kombinasi 12 MP + 20 MP + 8 MP.

Sementara Mate 20 Pro akan memiliki 3 kamera belakangnya yang lebih canggih karena hadir dengan konfigurasi 40 MP + 20 MP + 8 MP. Hampir sama sebelumnya, kamera kedua smartphone ini akan tetap dikembangkan oleh Huawei bersama Leica.

Menariknya, sensor kamera yang akan digunakan oleh Mate 20 dan Mate 20 Pro ini akan terdiri dari Sony IMX300 dan IMX600. Sensor kamera ketiga dari Mate 20 akan menggunakan lensa telephoto CMOS terbaru.

Diperkirakan harga modul 3 kamera akan turun dari US$60 atau sekitar Rp 869 ribu menjadi US$40 atau sekitar Rp 579 ribu. Bisa dibilang ini menjadi solusi yang menarik bagi penggunaan 3 kamera belakang, namun tidak meningkatkan harga Mate 20.

Beralih ke dapur pacu, Kirin 980 yang akan hadir pada kedua smartphone ini akan memiliki konfigurasi Octa-core berkecepatan 2,8 GHz dengan teknologi proses 7nm yang akan memiliki performa yang bertenaga.

Sementara GPU Mali G72MP24 yang akan mendampingi chipset Kirin 980. Sebagai salah satu inovator dalam pengisian daya baterai super cepat, Huawei akan menyematkan fitur 40W fast charging pada Mate 20 dan Mate 20 Pro.

Masih menggunakan poni atau notch pada bagian atasnya, kedua smartphone ini akan menggunakan modul 3D structured light sehingga pemindaian wajah menjadi sangat akurat. Bahkan Mate 20 Pro akan dibekali dengan sensor fingerprint berteknologi ultrasonik di bawah layar AMOLED.

Berdasarkan laporan dari XDA Developer, Huawei Mate 20 akan memiliki layar 6,3 inci berteknologi AMOLED. Sedangkan Mate 20 Pro akan mempunyai layar 6,9 inci dengan teknologi yang sama. Keduanya akan menggunakan baterai berkapasitas jumbo 4200 mAh dan EMUI 9.0 berbasiskan Android 9.0 P. Sayangnya belum muncul bocoran mengenai harga maupun waktu peluncuran dari smartphone ini.

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar