Gadget Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M2 vs Max Pro M1: Bener-Bener Pro yang Sesungguhnya?

ASUS Zenfone Max Pro M2 vs Max Pro M1 Header

Gadgetren – Semakin banyak ponsel bertenaga yang hadir di pasar kelas menengah. Meramaikan hal ini, ASUS Zenfone Max Pro M2 pun meluncur menggantikan ponsel pendahulunya ASUS Zenfone Max Pro M1.

Diluncurkannya ponsel ini tentunya tidak terlepas dari kesuksesan ASUS Zenfone Max Pro M1, yang mampu memenuhi ekspektasi para pengguna dengan performa tinggi namun dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Dan tentu saja, guna memenuhi harapan lebih dari penggunanya, terdapat beberapa peningkatan dan perubahan pada ASUS Zenfone Max Pro M2 jika dibandingkan dengan pendahulunya tersebut. Apa saja itu?

Layar Lebih Lebar dan Lebih Kuat

ASUS Zenfone Max Pro M2 VS M1 - Desain

Secara kasat mata, yang dirombak oleh ASUS dalam seri terbaru ASUS Zenfone Max Pro ini adalah di segi desain dan layar. Jika pada seri pertama ASUS belum menggunakan layar poni, di seri kedua ini ASUS telah menggunakan desain layar tersebut.

Selain itu, untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih baik, ASUS juga meningkatkan ukuran layarnya dari yang semula 5,99 inci di ASUS Zenfone Max Pro M1 menjadi 6,3 inci di generasi keduanya. Peningkatan ini juga diikuti dengan pertambahan resolusi dari Full HD (2.160 x 1.080 piksel) menjadi FHD+ (2280 x 1080 piksel).

Yang cukup menyita perhatian, jika ASUS Zenfone Max Pro M1 belum dilengkapi dengan pelindung layar apapun, ASUS Zenfone Max Pro M2 secara mengejutkan telah dilengkapi dengan dukungan Corning Gorilla Glass 6, yang dalam klaimnya bisa tahan benturan berkali-kali.

Performa Lebih Bertenaga

Keunggulan dari ASUS Zenfone Max Pro M2 terhadap seri sebelumnya juga bisa dilihat dari sektor jeroannya. Berbeda dengan ASUS Zenfone Max Pro M1 yang menggunakan chipset Snapdragon 636, ASUS Zenfone Max Pro M2 telah dilengkapi chipset Snapdragon 660 yang sedang naik daun itu.

Bagi yang belum tahu, chipset Snapdragon 660 memiliki performa dan kemampuan grafis yang lebih unggul jika dibandingkan Snapdragon 636. Dalam catatannya, Snapdragon 660 mampu berjalan 11% lebih berkinerja dan 33% lebih baik dalam mengolah gambar.

Hal ini tentu saja berkat beberapa perbedaan seperti kecepatan kinerja lapisan cluster Kryo 260 G (2.2GHz vs 1.8GHz), GPU yang digunakan (Adreno 512 vs Adreno 509), dukungan video output (QHD vs FHD+), dukungan pengambilan video (4K vs 1080p), dan lain sebagainya.

Dalam pengujian AnTuTu pun nilai perbedaannya pun terlihat cukup terlihat signifikan, di mana ASUS Zenfone Max Pro M2 bisa menyentuh angka lebih dari 120 ribu, sementara ASUS Zenfone Max Pro M1 hanya di kisaran 110 ribu.

Kamera Utama Beresolusi Lebih Rendah Tapi Lebih Oke

Asus Zenfone Max Pro M2 vs M1 - Kamera

Kamera ASUS Zenfone Max Pro M2 mengalami penurunan resolusi jika dibandingkan sebelumnya. ASUS Zenfone Max Pro M2 kini hanya dilengkapi dengan kamera utama ganda 12 MP + 5MP jika seri sebelumnya telah mengusung 16 MP + 5 MP (varian RAM 6 GB) atau 13 MP + 5 MP (varian RAM 3 GB dan 4 GB).

Namun meskipun demikian, kini ASUS memberikan suatu peningkatan dengan menggunakan sensor kamera Sony IMX486. Dengan sensor ini, kamu bisa mengambil foto dengan lebih baik menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M2.

Kesimpulan

Tak hanya dibandingkan dengan ponsel pendahulunya, ASUS Zenfone Max Pro M2 memang menjadi ponsel yang cukup layak dipertimbangkan di kelas tersebut.

Selain karena chipsetnya yang bertenaga, beberapa dukungan lain seperti layar dengan Corning Gorilla Glass 6 dan kamera yang lebih baik juga bisa menjadi nilai tambah.

Tinggalkan Komentar