Berita

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 855 dengan Teknologi 7nm dan Dukungan 5G

Qualcomm Snapdragon 855 Header

Hari ini Qualcomm secara resmi mengadakan acara Snapdragon Tech Summit 2018 di Hawaii.
Ternyata dalam kesempata tersebut, Qualcomm meluncurkan chipset penerus dari Snapdragon 845 yang bernama Snapdragon 855.

Sebagai chipset flagship terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 855 ini memiliki beragam fitur terbaru, performa yang lebih bertenaga, dan dukungan konektivitas jaringan 5G yang bisa dibilang super cepat.

Menariknya chipset Snapdragon 855 ini diproduksi oleh TSMC dengan menggunakan teknologi proses 7nm sehingga memiliki performa dan kemampuan yang bersaing dengan Apple A12 Bionic maupun HiSilicon Kirin 980 buatan Huawei.

Apabila Kirin 980 memiliki NPU (Neural network Processing Unit), berbeda dengan Snapdragon 855 yang memiliki multi-core AI Engine yang mampu mengendalikan kecerdasan buatan atau Articial Intelligence (AI) yang 3 kali lipat lebih pintar dibandingkan Snapdragon 845.

Chipset kelas atas terbaru Qualcomm ini mempunyai konfigurasi Octa-core dengan kombinasi 4-core berkecepatan 1,78 GHz untuk efisiensi energi, 3-core berkecepatan 2,42 GHz untuk performa, dan 1-core spesial yang berfungsi untuk performa tinggi dengan kecepatan 2,84 GHz.

Dengan kombinasi ini membuat Qualcomm Snapdrgon 855 sangat bertenaga. Bahkan GPU Adreno 640 yang hadir di dalamnya pun mengalami peningkatan performa dibandingkan generasi sebelumnya.

Menariknya chipset ini pun memiliki modem Snapdragon X50 5G yang mendukung teknologi jaringan 5G super cepat. Bisa dibilang berbagai negara sudah berlomba-lomba untuk menuju era 5G yang mengacu pada Internet of Things (IoT) sehingga kecepatan internetnya pun sudah luar biasa cepat.

Sementara itu, modem 5G ini juga terintegrasi dengan modul antena QTM052 mmWave, RF trans-receiver, antena RF front-end, dan antena elemen. Hal ini membuat kemampuan Snapdragon 855 menjadi sangat luar biasa.

Bahkan Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 855 merupakan chipset pertama di dunia dengan dukungan Computer Vision Image Signal Processor (CV-ISP) untuk kemampuan mengambil foto dan merekam video dengan beragam fitur yang canggi.

Pada sisi game, Qualcomm pun memperkenalkan Snapdragon Elite Gaming pada chipset ini yang memberikan pengalaman bermain game menjadi luar biasa pada pengguna smartphone dibandingkan generasi sebelumnya.

Qualcomm juga menghadirkan 3D Sonic Sensor pada Snadpragon 855 yang memungkinkan smartphone dapat disematkan dengan sensor fingerprint di bawah layar yang menggunakan gelombang ultrasonik.

Berbeda dengan sensor fingerprint di bawah layar yang menggunakan optik sehingga membutuhkan cahaya. Sensor fingerprint yang didukung 3D Sonic Sensor ini menggunakan gelombang ultrasonik sehingga lebih aman, akurat, dan cepat.

Beberapa perusahaan smartphone akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855 untuk smartphone flagship buatannya terdiri dari Samsung, Xiaomi, LG, HTC, Motorola, Google, Sony, OPPO, Vivo, dan OnePlus. Bagaimana menurut Gadgeter? Apakah chipset ini luar biasa?

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan Komentar