Berita

Qualcomm Rilis Snapdragon 855 Plus, Chipset Super Cepat Untuk Smartphone Gaming

Snapdragon 855 Plus

Gadgetren – Pada tahun 2019, Qualcomm Snapdrgon 855 menjadi chipset smartphone tercepat di dunia berkat teknologi proses 7nm.

Hal ini terlihat dari skor performa AnTuTu yang dimiliki oleh smartphone dengan chipset ini berada di atas 350 ribu poin. Menariknya, baru-baru ini Qualcomm meluncurkan chipset kelas atas terbarunya yang bernama Snapdragon 855 Plus.

Sekilas, chipset yang satu ini memiliki peningkatan kecepatan CPU dan GPU dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 855. Bisa dibilang Snapdragon 855 Plus ini memiliki kecepatan 2,96 GHz yang mengalami peningkatan dibandingkan dengan Snapdragon 855 berkecepatan 2,84 GHz.

Sementara GPU Adreno 640 yang dimiliki chipset terbaru ini mempunyai kecepatan 672 MHz yang mengalami peningkatan dibandingkan milik Snapdragon 855 dengan kecepatan 585 MHz. Pihak Qualcomm mengklaim bahwa performa GPU ini mengalami peningkatan 15% dibandingkan sebelumnya.

Chipset Snapdragon 855 Plus ini masih menggunakan modem X24 LTE yang memiliki kecepatan download 2 Gbps dan upload 316 Mbps. Namun memiliki opsi untuk terhubung dengan jaringan 5G apabila menggunakan modem X50 eksternal yang tersedia secara terpisah.

Soal urusan fotografi, Snapdragon 855 Plus telah dilengkapi dengan ISP Dual 14-bit Spectra 380 yang dapat mendukung smartphone dengan satu kamera beresolusi 48 MP atau dua kamera beresolusi 22 MP.

Qualcomm menciptakan Snapdragon 855 Plus untuk smartphone gaming yang membutuhkan performa tinggi dengan dukungan yang lengkap. Qualcomm juga telah mengoptimalkan chipset ini untuk aplikasi dengan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality).

ASUS dikabarkan telah bekerja sama dengan Qualcomm untuk menyematkan chipset Snapdragon 855 Plus pada ROG Phone 2 agar mampu menjalankan aktivitas gaming dengan lancar dan mulus tanpa hambatan.

Sementara itu, pihak Redmi dan realme pun memberikan bocoran bahwa keduanya akan meluncurkan smartphone dengan menggunakan chipset terbaru ini. Kita ketahui bersama bahwa Redmi K20 Pro sudah menggunakan Snapdragon 855 sehingga besar kemungkinan Redmi akan varian lebih tingginya atau smartphone gaming dengan menggunakan Snapdragon 855 Plus.

Sementara realme hingga saat baru meluncurkan smartphone kelas menengah tertingginya realme x dengan chipset Snapdragon 710 Octa-Core. Tentu saja, apabila realme meluncurkan smartphone dengan Snapdragon 855 Plus maka akan menjadi kejutan tambahan di tahun ini.

Dengan diluncurkannya Qualcomm Snapdragon 855 Plus ini, kemungkinan besar akan ada smartphone di tahun 2019 yang dirilis menggunakan chipset tersebut. Untuk itu, mari kita tunggu bocoran informasi selanjutnya yang biasanya bergulir dalam beberapa hari ke depan.

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar