Gadget Smartphone

Realme U1 VS Realme 2 Pro. MediaTek Helio P70 Pertama Sih, Tapi Apa Layak Jadi Penerus?

Realme U1 VS Realme 2 Pro Header

Gadgetren – Setelah berhasil mengobrak-abrik pasar ponsel di beberapa negara dengan Realme 2 Pro, kini Realme pun meluncurkan kembali ponsel terbarunya yang mengusung nama Realme U1 ke pasaran.

Menariknya, perangkat baru buatan Realme ini menjadi ponsel pertama yang ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P70 yang baru dikenalkan beberapa waktu lalu. Tentu saja, chipset ini lebih unggul jika dibandingkan dengan pendahulunya, Helio P60.

Namun meskipun demikian, apakah perangkat ini layak dibeli seperti Realme 2 Pro? Untuk menyimpulkan jawabannya, berikut ulasan mengenai perbandingan Realme U1 VS Realme 2 Pro berdasarkan beberapa aspek yang dimilikinya.

Layar

Realme U1 VS Realme 2 Pro Layar

Kedua perangkat buatan Realme ini memiliki desain yang cukup mirip, di mana keduanya dilengkapi layar dengan notch yang diberi nama Dewdrop, yang memiliki bentuk seperti Waterdrop Display milik Vivo.

Selain itu, keduanya pun bahkan sama-sama dilengkapi dengan layar IPS berukuran 6,3 inci yang memiliki resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), lengkap dengan dukungan kaca pelindung Gorilla Glass 3.

Performa

Realme U1 VS Realme 2 Pro Performa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Realme U1 hadir dengan chipset MediaTek Helio P70, dan dilengkapi dengan pilihan RAM 3 GB untuk memori internal 32 GB atau 4 GB untuk memori internal 64 GB.

Sementara pendahulunya, Realme 2 Pro dilengkapi dengan chipset Snapdragon 660 AIE. Dan untuk varian RAM-nya, Realme 2 Pro memiliki varian RAM 4 GB atau 6 GB untuk memori internal 64 GB, dan RAM 8GB untuk internal 128GB.

Di dalam klaimnya, MediaTek Helio P70 memiliki kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan dengan MediaTek Helio P60. Sementara itu, MediaTek Helio P60 diklaim memiliki kinerja yang setara dengan Snapdragon 660.

Kamera

Realme U1 VS Realme 2 Pro - kamera

Di sektor fotografi, Realme U1 unggul di kamera depannya yang telah dilengkapi dengan sensor Sony IMX576 beresolusi 25 MP, di mana pendahulunya hanya dilengkapi dengan kamera beresolusi 16 MP.

Namun, di kamera utama, Realme 2 Pro lebih unggul karena memiliki lensa ganda beresolusi 16 MP + 2 MP, sementara Realme U1 hanya dilengkapi lensa ganda 13 MP + 2 MP.

Baterai

Sedangkan di dukungan baterainya, kedua perangkat ini cukup setara. Baik Realme U1 dan Realme 2 Pro sama-sama dilengkapi dengan baterai yang secara tipikal berkapasitas 3.500 mAh.

Fitur

Kedua perangkat ini pun dilengkapi dengan fitur yang serupa, dari mulai port MicroUSB, dukungan sensor fingerprint, hingga sistem ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo yang digunakannya.

Harga

Realme 2 Pro dijual dengan banderol harga Rp 2.899.000 untuk varian RAM 4 GB, Rp 3.299.000 untuk varian RAM 6 GB, dan Rp 3.699.000 untuk varian RAM 8 GB di pasar Indonesia.

Sementara Realme U1 belum dijual secara resmi di Indonesia, namun jika dilihat harganya di pasar India, harganya akan sekitar Rp 2,5 jutaan untuk RAM 3 GB dan Rp 3 Jutaan untuk varian RAM 4 GB.

Kesimpulan

Bagi kamu yang tidak begitu gemar selfie dan tidak merasa Snapdragon 660 masih kurang dalam memenuhi kebutuhanmu, kamu bisa memilih Realme 2 Pro karena di varian yang setara memiliki harga yang lebih murah.

Akan tetapi sebaliknya, jika kamu butuh kamera selfie yang lebih baik dan dukungan chipset yang lebih mumpuni, kamu bisa memilih Realme U1. Bahkan Realme menyediakan varian 3 GB yang bisa dibeli lebih murah dibandingkan varian terendah Realme 2 Pro.

Tinggalkan Komentar