Berita

Tantang Xiaomi! Lenovo K5X akan Bawa Snapdragon 636 dan RAM 6 GB

Lenovo K5X Leak Header

Meskipun Lenovo Mobile Business Group secara resmi telah mengundurkan diri dari Indonesia, namun perusahaan asal Tiongkok masih mengembangkan smartphone kelas menengah baru yang bernama K5X.

Apabila dilihat dari spesifikasi hardware yang dibawanya, Lenovo berusaha untuk menantang Xiaomi Redmi Note 5. Sekilas, Lenovo K5X ini akan dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core berkecepatan 1,8 GHz lengkap dengan GPU Adreno 509.

Kita ketahui bersama bahwa chipset ini menjadi favorit beberapa smartphone kelas menengah di tahun 2018, seperti Xiaomi Redmi Note 5, Redmi Note 6 Pro, ASUS Zenfone Max Pro M1, dan Nokia 6.1 Plus karena performa yang bertenaga dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai berkat teknologi proses 14nm yang efisien.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, pihak Lenovo akan menyematkan RAM 6 GB dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB. Namun belum diketahui apakah smartphone ini bisa ditambahkan microSD atau tidak.

Sementara layarnya akan memilik lebar 6,18 inci dengan resolusi Full HD+ (2160 x 1080 piksel) yang mengikuti tren kekinian. Selanjutnya, sensor fingerprint akan berada di bagian belakang smartphone ini yang memudahkan penggunanya untuk membuka kunci smartphone hanya menggunakan sidik jari saja.

Baterai berkapasitas 4000 mAh akan dipercayakan menjadi sumber energi dari smartphone ini. Kemungkinan besar daya tahan baterainya akan mencapai sehari penuh dalam pemakaian normal karena dikombinasi dengan Snapdragon 636 yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai.

Dari sektor kamera, Lenovo K5X ini akan mempunyai dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera primer 16 MP + kamera sekunder 5 MP dan LED Flash yang dapat menghasillkan foto bokeh (background blur) dengan instan.

Sementara kamera depannya akan memiliki resolusi 8 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie maupun video call. Nantinya sistem operasi Android 8.1 Oreo pun akan hadir langsung di dalam smartphone ini.

Namun seharusnya Lenovo harus bersiap update cepat Android 9.0 terhadap K5X mengingat sebentar lagi sudah mau tahun 2018. Selain itu, kemungkinan besarnya justru K5X ini akan langsung menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Setelah mengundurkan diri dari Indonesia, justru smartphone buatan Lenovo semakin bagus dan mampu bersaing dengan vendor lainnya. Nah, apakah smartphone ini akan dibawa ke Indonesia melalui distributor lain? Mari kita tunggu saja jawabannya setelah acara peluncuran resminya diselenggarakan.

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan Komentar