ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

OPPO A7 vs OPPO F9. Mana HP RAM 4GB Terbaik?

OPPO A7 vs OPPO F9 Header

Gadgetren – Kemarin OPPO secara resmi telah meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya yang bernama A7 di Indonesia. Selain desainnya yang sudah kekinian, perangkat yang saut ini pun menggunakan chipset Snapdragon buatan Qulcomm.

OPPO A7 sendiri memiliki harga Rp 3 jutaan sehingga membuat banyak orang yang bertanya apakah smartphone ini akan memiliki performa dan fitur yang lebih menarik dengan fitur OPPO F9 yang hanya terpaut Rp 600 ribu saja.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara OPPO A7 dan OPPO F9 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

OPPO A7 vs OPPO F9

Layar

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki layar penuh berteknologi IPS dan poni atau notch berbentuk waterdrop. Namun OPPO A7 dilengkapi dengan layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Sementara OPPO F9 dibekali dengan layar 6,3 inci beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 6.

Performa

OPPO A7 dibekali dengan chipset besutan Qualcomm yang bernama Snapdragon 450 Octa-core. Sementara OPPO F9 dilengkpi dengan chipset buatan MediaTek yang bernama Helio P60 Octa-core. Terlihat performa OPPO F9 dua kali lebih cepat dibandingkan dengan OPPO A7.

Apabila OPPO A7 hanya mempunyai varian RAM 4 GB + storage internal 64 GB, berbeda dengan OPPO F9 yang memiliki dua varian yang terdiri dari RAM 4 GB + storage internal 64 GB dan RAM 6 GB + storage internal 64 GB.

Kamera

Apabila OPPO A7 memiliki kamera depan 16 MP dan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP, berbeda dengan OPPO F9 mempunyai kamera 25 MP dan dua kamera belakang 16 MP + 2 MP. Terlihat bahwa F9 lebih unggul dalam hal kamera depan dan belakang dibandingkan dengan A7.

Baterai

Dari sektor baterai, OPPO A7 ini memiliki kapasitas yang mencapai 4230 mAh dan OPPO F9 mempunyai kapasitas hingga 3500 mAh. Hal ini membuat OPPO A7 mempunyai daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan OPPO F9.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki sensor fingerprint di bagian belakang, Face Unlock, port microUSB 2.0, FM Radio, Bluetooth 4.2, WiFi, dan ColorOS 5.2 berbasiskan Android 8.1 Oreo.

Harga

OPPO A7 ini dibanderol di Indonesia dengan harga resmi yang mencapai Rp 3.699.000. Sementara OPPO F9 dijual dengan harga yang mencapai Rp 4,2 juta untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB dan Rp 5 juta untuk varian RAM 6 GB + ROM 64 GB.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari spesifikasi hardware, performa, kamera, dan desain maka OPPO F9 bisa menjadi juaranya. Namun apabila dilihat daya tahan baterai maka OPPO A7 yang bisa menjadi pilihan. Namun dengan harga yang terpaut sedikit membuat OPPO F9 lebih unggul menjadi pilihan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar