Berita

OPPO F9 Vs OPPO F9 Pro. Mana HP RAM 6 GB Terbaik?

OPPO F9 Header

Gadgetren – Baru-baru ini OPPO secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama F9 di berbagai negara. Apabila F9 diluncurkan di Indonesia, maka F9 Pro yang dirilis secara resmi di India.

Tentu saja banyak orang yang bertanya-tanya mengenai perbedaan antara OPPO F9 dan F9 Pro karena seperti yang memiliki label Pro lebih menjanjikan. Sekilas, F9 sendiri membawa beberapa fitur baru yang tidak ada di generasi sebelumnya.

Selain itu, desainnya sedikit berbeda dibandingkan dengan OPPO F7. Bahkan teknologi pengisian daya cepat VOOC Flash Charge pun telah hadir pada smartphone terbaru ini. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbedaan antara F9 dan F9 Pro maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

OPPO F9 Vs OPPO F9 Pro

Layar

Kedua smartphone ini sama-sama dilengkapi dengan layar LTPS IPS LCD penuh yang mempunyai lebar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel) dan beraspek rasio 19,5:9. Bahkan poni atau notch kecil berjuluk waterdrop display pun telah hadir pada keduanya.

Spesifikasi hardware

Kedua smartphone besutan OPPO ini dibekali dengan chipset andalan yang sama, yakni MediaTek Helio P60. Meskipun begitu, chipset yang satu ini pernah digunakan oleh F7 karena performanya yang kencang. Apabila F9 memiliki RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB maka F9 Pro hanya memiliki RAM 6 GB. Storage internal yang dimiliki keduanya pun sama mencapai 64 GB.

Kamera

Kamera depan 25 MP dengan AI Beauty Recognition menjadi fitur utama dari kedua smartphone ini karena mampu menghasilkan foto selfie atau wefie dengan bagus. Sementara dua kamera belakangnya sama-sama memiliki konfigurasi 16 MP + 2 MP sehingga dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan bagus.

Baterai

Bahkan kapasitas baterai yang disematkan pada OPPO F9 dan F9 Pro pun memiliki kapasitas 3500 mAh yang diklaim dapat bertahan lama dalam pemakaian normal. Fitur VOOC Flash Charge yang hadir di dalam kedua smartphone ini pun mampu melakukan pengisian daya baterai 5 menit yang dapat digunakan untuk telepon dua jam.

Fitur Lainnya

Kedua produk ini sama-sama telah dibekali dengan sensor fingerprint pada bagian belakang, dukungan jaringan 4G-LTE, dua kartu SIM, port microUSB 2.0, port jack audio 3,5mm, GPS, Bluetooth, dan ColorOS 5.2 berbasiskan Android 8.1 Oreo.

Harga

OPPO F9 yang baru disebutkan harganya hanya varian RAM 4 GB yang mencapai Rp 4,3 juta. Sementara harga varian RAM 6 GB belum diungkapkan oleh pihak OPPO Indonesia. Sementara OPPO F9 Pro dengan RAM 6 GB harganya mencapai Rp 5 juta.

Kesimpulan

Sebenarnya OPPO F9 dan F9 Pro ini memiliki spesifikasi hardware yang hampir sama. Namun OPPO F9 hanya memiliki varian RAM 6 GB saja. Namun berkat F9 yang memiliki varian RAM 4 GB sehingga harganya lebih murah dan dapat menjadi pilihan apabila Gadgeter memiliki budget yang lebih terbatas.

Tinggalkan Komentar