Smartphone

Optimalkan Foto Minim Cahaya atau Malam Hari di Huawei Nova 3i dengan Super Night Mode

Huawei Nova 3i Header

Baru-baru ini Huawei mengajak media Jabodetabek untuk mengikuti acara Monthly Media Meet Up dengan topik Super Night Mode Huawei Nova 3i di Hause Rooftop, MD Tower 2, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Huawei berkesempatan untuk mengupas mengenai kemampuan dari fitur Super Night Mode atau Handheld Night Mode yang baru saja muncul di Nova 3i pada update terbaru.

Advent Jose selaku Product Marketing Manager Huawei Device Indonesia pun menjelaskan bahwa fitur Super Night Mode ini telah hadir pada update versi EMUI 8.2.0 dengan firmware version INE-LX20 8.2.0.131 di Nova 3i.

Menurutnya, fitur Super Night Mode atau Handheld Night Mode ini akan memperkuat kemampuan fotografi dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) milik Nova 3i dalam kondisi minim cahaya maupun malam hari.

Sekilas, fitur Super Night Mode ini dapat membantu dalam pendeteksian AI, mulai dari genggaman, pencahayaan, pemrosesan anti guncangan, dan lainnya sehingga pada saat pengguna Nova 3i memfoto dalam kondisi minim cahaya maupun malam hari maka hasilnya akan lebih terang dan tajam dibandingkan dengan mode foto Auto.

Dalam kesempatan tersebut, saya dan media lainnya pun berkesempatan untuk mencoba unit Nova 3i yang telah dibawa oleh Huawei. Bisa dibilang kondisi minim cahaya maupun malam hari di Hause Rooftop sangat mendukung untuk menggunakan fitu Super Night Mode.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan langkah-langkah dari penggunaan Super Night Mode ini maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini :

  1. Pertama, saya membuka aplikasi kamera bawaan dari Huawei Nova 3i
  2. Selanjutnya, saya menggeser ke kiri pada aplikasi kamera bawaan agar memunculkan banyak mode fotografi
  3. Kemudian, saya langsung memilih Night Mode
  4. Nantinya akan muncul tulisan Night di aplikasi kamera bawaan yang menandakan bahwa Night Mode telah aktif
  5. Selanjutnya, saya pun langsung membidik obyek dan lingkungan sekitar
  6. Setelah dirasa pas maka saya pun langsung menekan tombol Shutter
  7. Kemudian, aplikasi kamera bawaan akan memperlihatkan beberapa detik waktu yang dibutuhkan untuk pengambilan foto dengan Night Mode
  8. Saya pun menunggu hingga waktu pengambilan foto berhenti dan hasilnya dapat langsung dilihat di menu Gallery

Sebagai catatan, saya sama sekali tidak menentukan ISO maupun Shutter Speed dari Night Mode ini karena AI akan menentukan beberapa detik yang dibutuhkan ketika Nova 3i mengambil foto minim cahaya maupun malam hari.

Bisa dibilang beberapa hasil foto yang diambil menggunakan fitur Super Night Mode ini cukup memuaskan. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kualitasnya maka dapat melihat hasil fotonya sebagai berikut ini :

Foto Sebelum dan Sesudah Super Night Mode (Klik gambar untuk Perbesar)

Lampu1

Lampu1 NightMode

Lampu2

Lampu2 NightMode

Model

Model NightMode

plant1

plant1 NightMode

plant2

plant2 Night Mode

Nah, menarik bukan hasil fotonya? Menurut Gadgeter, apakah kualitas foto yang dihasilkan menggunakan Super Night Mode ini sudah bagus atau apakah Huawei perlu meningkatkan kemampuannya lagi? Bagi Gadgeter yang ingin berkomentar, dapat langsung mengisi kolom di bawah ini.

Tinggalkan Komentar