ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Vivo Y91 vs Vivo Y81. Mana HP yang Lebih Baik?

Vivo Y91 vs Vivo Y81 Header

Gadgetren – Kini nama Vivo Y91 semakin tenar di Indonesia karena harganya yang terjangkau, namun dengan spesifikasi hardware yang bisa dibilang menarik. Bahkan smartphone besutan Vivo ini mengusung layar penuh.

Selain itu, chipset terbaru pun telah ditanamkan di dalamnya sehingga performa yang ditawarkan cukup menarik. Hal ini membuat sebagian orang bertanya-tanya apakah smartphone ini mampu disandingkan dengan Vivo Y81.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Vivo Y91 dan Vivo Y81 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Vivo Y91 vs Vivo Y81

Layar

Sebagai smartphone masa kini, Vivo telah menyematkan layar penuh 6,22 inci berponi waterdrop dengan resolusi HD+ dan beraspek rasio 19:9. Sementara Vivo Y81 mempunyai layar enuh 6,22 inci berponi mirip iPhone X dengan resolusi HD+ dan beraspek rasio 19:9. Terlihat layar dari Vivo Y91 lebih futuristik dengan poni yang lebih kecil.

Spesifikasi hardware

Apabila Vivo Y91 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 439 Octa-core 1,95 GHz, berbeda dengan Vivo Y81 yang mempunyai chipset MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz. Dengan teknologi proses 12nm, kedua chipset ini sama-sama bersaing dalam hal performa dan konsumsi daya baterai.

Sementara itu, Vivo Y91 telah dilengkapi dengan RAM 2 GB dan storage internal 16 GB. Sedangkan Vivo Y81 telah dibekali dengan RAM 3 GB dn storage internal 32 GB. Keduanya sama-sama dapat ditambahkan microSD.

Kamera

Kamera merupakan salah satu faktor yang penting untuk menentukan seseorang dalam memiliki sebuah smartphone. Vivo Y91 memiliki kamera yang lebih bagus dibandingkan dengan Vivo Y81.

Hal ini terlihat dari penggunaan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP dan kamera depan 8 MP yang lebih baik dibandingkan dengan milik Vivo Y81 yang hanya mempunyai kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP.

Baterai

Soal urusan kapasitas baterai pun, Vivo Y91 dilengkapi dengan baterai 4030 mAh yang jauh lebih banyak kapasitasnya dibandingkan dengan Vivo Y81 yang hanya menggunakan kapasitas 3260 mAh. Sudah jelas terlihat bahwa daya tahan baterai Vivo Y91 lebih unggul.

Fitur Lainnya

Kedua perangkat ini sama-sama telah dibekali dengan port microUSB, Bluetooth, WiFi, port jack audio 3,5mm, dan sensor fingerprint. Bahkan Vivo Y91 dan Vivo Y81 pun telah dilengkapi dengan sistem operasi Android Oreo.

Harga

Soal urusan harga, Vivo Y91 hanya dibanderol mencapai Rp 1.999.000 di Indonesia. Sedangkan Vivo Y81 dijual dengan harga yang mencapai Rp 2.250.000. Bisa dibilang harga Vivo Y91 lebih murah dibandingkan dengan Y81.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari desain, layar, kamera, daya tahan baterai, dan harga maka Vivo Y91 unggulannya. Namun jika dilihat dari performa dan spesifikasi hardware maka Vivo Y81 ini bisa menjadi pilihan yang cukup menarik.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar