Tips dan Trik

Cara Mengatasi Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan MIUI di HP Xiaomi

tidak dapat verifikasi pembaruan MIUI Header

Gadgetren – Banyak pengguna perangkat Xiaomi mendapatkan keterangan “tidak dapat verifikasi pembaruan MIUI” saat ingin melakukan update. 

MIUI merupakan sistem operasi berbasis Android yang selalu mengirimkan update secara berkala untuk memberikan perbaikan, penambahan fitur, maupun menambal celah keamanan. Tidak hanya smartphone baru rilis saja, update MIUI tetap bisa dinikmati pengguna HP Xiaomi lawas. 

Oleh karena itu apa yang dilakukan oleh Xiaomi perlu diacungi jempol karena tidak banyak vendor yang memberikan layanan serupa. Sayangnya update tersebut sering terkena kendala dan salah satunya error tidak dapat verifikasi pembaruan MIUI saat proses instalasi. 

Masalah ini memang terbilang sering muncul dan semua pengguna punya kemungkinan mendapatkan notifikasi yang sama. Sebagian pengguna melaporkan error ini terjadi saat ingin melakukan update secara OTA (Over-the-Air) tetapi bisa saja akan muncul juga jika melalui metode download ROM. 

Apa penyebabnya? Error tersebut muncul biasanya dikarenakan paket data yang terunduh memiliki bagian yang rusak atau corrupt sehingga tidak lolos tahap verifikasi sebelum melanjutkannya ke tahap instalasi. Verifikasi tersebut dilakukan agar sistem operasi tetap terjaga karena akan  malah membuat masalah lebih besar lagi jika file sistem yang rusak. 

Jadi pastikan kamu punya jaringan internet yang baik, stabil, dan cepat untuk meminimalisir kendala ini. Selain itu juga sediakan ruang penyimpananW yang cukup 

Untuk memperbaiki masalah tersebut, kamu bisa mencoba metode-metode berikut ini yang diberikan oleh tim MIUI. 

Menggunakan VPN

  1. Aktifkan VPN yang bisa diakses melalui Pengaturan > VPN
  2. Jika tidak ada pilihan tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi VPN pihak ketiga di Play Store seperti BetternetMIUI VPN
  3. Jalankan update melalui Pengaturan > Tentang Ponsel > Sistem Pembaruan > Unduh Update
  4. Reboot smartphone untuk menyelesaikan proses.

Menggunakan Jaringan Lain

Dikarenakan masalah tidak dapat verfikasi pembaruan MIUI sering kali disebabkan oleh error saat download, maka kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan jaringan lainnya karena bisa saja operator melakukan suatu hal seperti menginjeksi jaringan sehingga membuat masalah ini muncul. 

MIUI Download Update

Selanjutnya kamu tinggal melakukan update melalui Settings > About Phone > System Updates lalu kemudian pilih Download Update dengan cara menekan simbol titik tiga di pojok kanan atas. Tunggu hingga proses selesai dan tekan Reboot untuk menyelesaikan proses pembaruan sistem operasi. 

Tinggalkan Komentar