ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Vivo Y83 vs OPPO A83. Manakah HP RAM 4GB Terbaik?

OPPO A83 Header Selfie

Gadgetren – Pertarungan Vivo dan OPPO pun semakin memanas di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Pada kelas menengah, Vivo telah meluncurkan Y83 untuk mengalahkan OPPO A83 yang duluan beredar di Indonesia.

Vivo Y83 hadir dengan desain layar penuh yang kekinian memakai poni atau notch di bagian atasnya. Sementara OPPO A83 menggunakan layar penuh tanpa memiliki poni atau notch sama sekali.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Vivo Y83 vs OPPO A83 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Vivo Y83 vs OPPO A83

Layar

Vivo Y83 hadir dengan layar penuh 6,22 inci IPS beresolusi HD+, dan beraspek rasio 19:9 yang memiliki poni di bagian atasnya. Sementara OPPO A83 dibekali dengan layar 5,7 inci beresolusi HD+, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Spesifikasi Hardware

Vivo Y83 mempunyai chipset MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz yang lebih baru dibandingkan dengan OPPO A83 dengan Helio P23 Octa-core 2,5 GHz. Dengan kata lain performa dan efisiensi daya baterai dari Y83 lebih bagus. Keduanya sama-sama dibekali dengan RAM 4 GB, namun Vivo Y83 mempunyai storage internal 64 GB dan OPPO A83 memiliki storage internal 32 GB.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Dengan kata lain keduanya memiliki kemampuan kamera yang setara.

Baterai

Berbeda sedikit, Vivo Y83 mempunyai baterai dengan kapasitas 3260 mAh yang lebih tinggi dibandingkan dengan OPPO A83 dengan baterai yang memiliki kapasitas 3180 mAh saja. Dengan efisiensi baterai yang bagus, daya tahan baterai Vivo Y83 yang paling baik.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan FM Radio, Bluetooth, GPS, fitur USB On-The-Go, dan WiFi. Selain itu, Vivo Y83 ini dilengkapi dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dan sensor fingerprint. Sementara OPPO A83 masih menggunakan Android 7.1 Nougat.

Harga

Vivo Y83 ini dilengkapi dengan harga yang mencapai Rp 3,2 juta. Sementara OPPO A83 dibekali dengan harga yang mencapai Rp 3 juta. Bisa dibilang harga yang ditawarkan pada OPPO A83 sedikit lebih murah.

Kesimpulan

Apabila melihat dari spesifikasi hardware, desain, daya tahan baterai, dan fitur maka Vivo Y83 rajanya. Namun dengan harga yang terpaut sedikit, tentunya Vivo Y83 menjadi pilihan yang paling dinantikan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar