ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Xiaomi Mi MIX 3 vs Mi Max 3. Mana HP Jumbo Terbaik?

Xiaomi Mi MIX 3 vs Mi Max 3 Header

Gadgetren – Xiaomi baru saja meluncurkan Mi MIX 3 dengan spesifikasi hardware yang tinggi, bahkan memiliki RAM 10 GB. Hal ini memungkinkan Mi MIX 3 memiliki performa yang bertenaga untuk melahap game atau aplikasi berat sekalipun.

Desain layar dari Mi MIX 3 pun semakin menarik dengan lebar 6,39 inci beresolusi Full HD+ dan beraspek rasio 19.5:9 yang memenuhi bagian depan tanpa hadirnya poni atau notch. Berkat sistem slider membuat kamera depannya tersembunyi dan membuat Mi MIX 3 dipenuhi oleh layar.

Dengan layar yang besar ini membuat sebagian Gadgeter bertanya-tanya mengenai perbandingannya dengan Mi Max 3. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Mi MIX 3 dan Mi Max 3 maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Mi MIX 3 vs Mi Max 3

Layar

Xiaomi Mi MIX 3 mempunyai layar 6,39 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), berteknologi Super AMOLED, dan beraspek rasio 19.5:9 yang memenuhi bagian depannya.

Sementara Mi Max 3 memiliki layar 6,9 inci dengan resolusi Full HD+ (2160x 1080 piksel), berteknologi IPS LCD, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depan. Terlihat Mi MIX 3 memiliki desain layar dan teknologi Super AMOLED yang lebih bagus dari Mi Max 3.

Spesifikasi Hardware

Mi MIX 3 diotaki oleh Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core lengkap dengan RAM yang mempunyai pilihan 6 GB, 8 GB, atau 10 GB, dan storage internal dengan pilihan 128 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Sementara Mi Max 3 ditenaga oleh Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core lengkap dengan RAM yang mempunyai pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB. Terlihat bahwa MIX 3 memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan Mi Max 3.

Baterai

Mi MIX 3 hanya mempunyai baterai dengan kapasitas 3200 mAh yang lebih kecil dibandingkan Mi Max 3 dengan kapasitas mencapai 5500 mAh. Tentu saja Mi Max 3 lebih hemat baterai karena Snapdragon 636 efisien dalam mengonsumsi daya baterai.

Kamera

Mi MIX 3 dibekali dengan 4 kamera sekaligus yang terdiri dari dua kamera belakang 12 MP + 12 MP dan dua kamera depan slider 24 MP + 2 MP yang dapat menghasilkan foto dengan hasil yang bagus.

Sementara Mi Max 3 dilengkapi dengan dua kamera belakang 12 MP + 5MP dan kamera depan 8 MP yang dapat membuat foto menarik. Dengan nilai DxOMark 103, Mi MIX 3 memiliki kemampuan kamera yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan Mi Max 3.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone Xiaomi ini sama-sama dibekali dengan port USB Type-C, WIFi, Bluetooth, sensor fingerprint pada bagian belakang, Face Unlock, dan GPS. Mi MIX 3 telah dilengkapi dengan NFC dan MIUI 10 berbasiskan Android 9.0 Pie. Sementara Mi Max 3 dibekali dengan sensor Inframerah dan MIUI 9.5 berbasiskan Androi 8.1 Oreo.

Harga

Mi MIX 3 sendiri memiliki harga yang dimulai dari Rp 7,2 juta untuk varian paling bawah. Sementara Xiaomi Mi Max 3 mempunyai harga yang dimulai dari Rp 3,6 juta untuk varian paling rendahnya. Terlihat Mi Max 3 jauh lebih murah dibandingkan dengan Mi MIX 3.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari performa, kamera, fitur, spesifikasi hardware, layar, dan desain maka Mi MIX 3 menjadi juaranya. Namun jika Gadgeter memiliki budget terbatas dan menginginkan smartphone hemat baterai maka dapat memilih Mi Max 3.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar