Berita Laptop

Samsung Galaxy Book2 – Laptop Hibrida dengan Snapdragon 850

Samsung Galaxy Book2 Header

Gadgetren – Samsung telah memperkenalkan penerus perangkat hibrida mereka bernama Galaxy Book2 yang mendapatkan berbagai perubahan. 

Mirip pendahulunya, perangkat ini mengedepankan fitur yang dapat selalu terhubung ke internet dan menyala dalam waktu lama. Hanya saja kali ini Samsung lebih memilih chipset Snapdragon buatan Qualcomm yang digadang mampu bersain dengan perangkat hibrida lain di kelasnya. 

Seperti yang diketahui, perangkat dengan chipset Snapdragon digadang mampu bertahan hingga 20 hari  menggunakan baterai. Angka tersebut tentunya sangat jauh melewati kebanyakan laptop yang belum tentu bisa melewati 8 jam dalam modus baterai. 

Performanya pun terbilang cukup bertenaga dengan menggunakan Snapdragon 850 yang memiliki empat inti Kryo 385 berkecepatan 2,96 GHz dan empat inti lain berkecepatan 1,7 GHz. Di samping itu ada RAM 4GB dan penyimpanan NAND Flash berkapasitas 128 GB untuk memenuhi kebutuhan aplikasi masa kini.  

Layarnya menawarkan resolusi 2160 x 1440 piksel dalam panel sAMOLED berukuran 12 inci dengan rasio 3:2. Apa yang ditawarkan oleh Samsung ini dirasa sangat pas sekali karena pastinya perangkat ini akan lebih fokus digunakan untuk menikmati konten multimedia serta aktivitas kerja ringan. 

Apalagi dengan adanya chipset Snapdragon, Galaxy Book2 langsung tersedia berbagai jenis konektivitas mulai dari 802.11ac Wi-Fi hingga Snapdragon X20 LTE modem yang termasuk ke dalam Cat 18 dengan kecepatan unduh mencapai 1,2 Gbps dan unggah 150 Mbps. 

Selain itu juga ada dua buat port USB Type-C, port microSD, dan port 3.5mm audio jack. Tidak terlalu banyak pilihan memang, tapi masih tergolong bisa dimaklumi karena untuk perangkat seperti ini biasanya tidak menawarkan konektivitas yang banyak. 

Tentunya sebagai perangkat yang bisa digunakan sebagai tablet, Galaxy Book2 memiliki sensor yang cukup lengkap baik itu acceleromater, gyro, hingga geomagnetic sensor. Perangkat ini juga menghadirkan sensor pindai jari sebagai salah satu solusi keamanan.  

Dengan segala spesifikasi tersebut, Samsung Galaxy Book2 terbilang sangat ramping dengan ketebalan hanya 7.62 mm serta bobot sekitar 840 gram saja. Hal ini membuat Galaxy Book2 sangat cocok buat pengguna yang menginginkan perangkat dengan portabilitas tinggi. 

Tertarik? Samsung Galaxy Book2 baru akan dijual pada tanggal 2 November 2018 seharga $1000 atau sekitar Rp15 juta. Harga tersebut sudah termasuk stylus dan keyboard sehingga tidak perlu dibeli secara terpisah. Belum ada kabar apakah perangkat ini akan dijual resmi di Indonesia atau tidak.

[Sumber: Anandtech]

Tinggalkan Komentar