ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC Tekno

Samsung Galaxy Book Diperkenalkan, Akankah Saingi Microsoft Surface?

Samsung Galaxy Book 10 12 inci HeaderSumber Gambar: PhoneArena

GADGETREN – Laptop 2-in-1 semakin banyak bermunculan belakangan ini dengan berbagai vendor meluncurkan produk mereka. Begitu juga dengan Samsung yang resmi menghadirkan Galaxy Book yang dapat dilepas.

Tren laptop 2-in-1 hingga saat terus meningkat bahkan bisa dikatakan menggantikan segmen perangkat tablet yang terus ditinggalkan. Cukup wajar sebenarnya jika melihat perangkat 2-in-1 yang lebih fleksibel dan punya fungsi yang dapat disesuaikan dengan kondisi kebutuhan baik itu sedang ingin menggunakan tablet atau laptop.

Samsung Galaxy Book merupakan produk terbaru dari perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan untuk pasar perangkat 2-in-1. Sesuai namanya, laptop satu ini termasuk ke dalam keluarga Galaxy sehingga pasti akan mengambil acuan dari perangkat flagship mereka seperti seri S yang terkenal akan kualitasnya.

Samsung Galaxy Book 10 12 inci Tablet ModeSumber Gambar: PhoneArena

Samsung Galaxy Book ini akan terbagi menjadi dua varian yang dapat dipilih. Yang pertama punya bentang layar 10,6 inci beresolusi FullHD 1920 x 1080 piksel dengan prosesor Intel Core m3 dan RAM 4GB. Penyimpanannya terdapat SSD 128GB dan mendukung microSD hingga 256GB.

Yang satunya lagi mempunyai spesifikasi lebih keren dengan layar 12 inci beresolusi QHD 2560 x 1440 piksel yang dikombinasikan dengan prosesor Intel Core i5 U-Series dan RAM 8GB. Berbeda dengan adiknya, varian satu ini mendukung teknologi HDR layaknya produk TV Samsung.

Keduanya dipastikan sudah memiliki fitur fastcharging untuk mengisi daya baterai yang diperkirakan mampu bertahan sekitar 10-12 jam. Selain itu juga terdapat dukungan 4G LTE agar dapat selalu terhubung di mana saja tanpa harus mengandalkan jaringan WiFi.

Samsung Galaxy Book SPen 10 12 inci Sumber Gambar: PhoneArena

Pastinya kedua varian Samsung Galaxy Book tersebut akan menjalankan sistem operasi Windows 10 dan dilengkapi oleh Samsung S Pen seperti yang ada pada seri Note yang telah ditingkatkan. S Pen ini dapat mendeteksi hingga 4.096 tingkat tekana dengan ujung pena hanya 0,7mm saja dan juga beberapa pengendalian kuas eksklusif untuk digunakan pada Adobe Photoshop.

Yang paling menarik dari Samsung Galaxy Book ini merupakan fitur bernama Flow yang memungkinkan smartphone Samsung kamu tersinkronasi. Setelahnya kamu dapat menerima notifikasi dari smartphone ke Galaxy Book, membalas pesan, dan juga berbagi data secara langsung.

Tertarik dengan laptop canggih satu ini? Sayangnya untuk saat ini harga Samsung Galaxy Book maupun kapan tanggal rilisnya belum diketahui. Mudah-mudahan laptop 2-in-1 ini juga resmi masuk ke Indonesia sebagai pilihan alternatif pada segmen tersebut.

Harga Samsung Galaxy Book & Spesifikasi Lengkap

Sistem OperasiMicrosoft Windows 10
LayarSuper AMOLED 12 inci QHD 1440p, HDR / TFT 10,6 inci FHD 1080p
ProsesorIntel Core i5 / m3
RAM8GB / 4GB
PenyimpananSSD 256GB / 128GB
microSDhingga 256GB
I/O2x USB 3.1 Type C
Optik Drive
KameraDepan: 5MP
Belakang: 13MP (khusus 12inci)
KeyboardBacklit chiclet keyboard
Dimensi291,3 x 199.8 x 7,4 mm
Bobot754 g
Bateraihingga 10-12 jam, fast charging
SensorAccelerometer, Hall, Light sensor
LainnyaDukungan 4G LTE Cat-6
Harga

[Sumber : PhoneArena, Engadget]

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar